Cara Budidaya Lobster Air Tawar, Dijamin Cepat Untung!

Cara Budidaya Lobster Air Tawar, Dijamin Cepat Untung!

Cara budidaya lobster air tawar boleh dibilang susah-susah gampang, tapi peluang bisnis yang satu ini juga tergolong cerah dan menguntungkan. Karena pasar lobster telah terwujud dengan harga dan permintaan yang stabil, namun jumlah pembudidayaan budidaya ini masih sedikit sekali dari pada udang, gurame, ataupun ikan lele.

Lobster air tawar mulai dikenal oleh masyarakat sejak 2000-an. Dengan tampilannya yang cantik, lobster mulanya banyak dijadikan hiasan di dalam aquarium. Tapi, rasa gurih dan manfaat yang tak jauh beda daripada lobster air laut, dan koleseterol lebih rendah, lobster air tawar perlahan mulai banyak dikonsumsi, bahkan peminatnya selalu bertambah.

Lobster air tawar adalah udang yang mirip dengan lobster air laut serta memiliki nilai yang lebih ekonomis dan cukup besar. Beberapa tahun ke belakang, peran dari lobster air tawar ini semakin tinggi, khususnya salah satu dari sumber devisa negara. Bahkan Indonesia juga sudah mengekspos lobster air tawar hingga ke Singapura, Malaysia, Australia, Jepang, bahkan Amerika Serikat.

Eits, baca juga: Panduan dan Cara Budidaya Ikan Koi untuk Pemula

Biasanya untuk seekor lobster air tawar dengan ukuran sedang dijual dengan harga berkisar Rp 25.000 hingga Rp 30.000, sekilonya bisa berisi 4 sampai 5 lobster. Tentunya kalian dapat berdiskusi untuk tawar menawar dengan si penjual sehingga akan memperoleh harga terbaik ataupun anda juga bisa membudidaya kan lobster dengan cara budidaya lobster air tawar dari koinx.id ini.

Cara Budidaya Lobster Air Tawar, Hingga Omset Menggiurkan

Budidaya lobster air tawar dapat dilakukan di depan rumah, jadi kalian tak perlu menyewa lahan.

Menyiapkan Media Untuk Budidaya / Ternak Lobster Air Tawar + Perawatan

Cara Budidaya Lobster air tawar atau ternak lobster air tawar umumnya membutuhkan kolam atau lahan yang lumayan lebar, selain itu juga dia toleran dengan kondisi oksigen rendah. Pedoman oksigen hewan ini berkisar 4 ppm, lobster ini juga cocok bertahan hidup dalam udara dengan suhu 25 hingga 29 derajat celcius.  Kemudian tingkat keasaman airnya, lobster ini cocok dengan air dengan tingkat keasaman 7 hingga 9 pH.

Lobster air tawar juga membutuhkan perairan yang mempunyai kandungan kapur tak terlalu banyak. Hal itu diperlukan lantaran demi menjaga kalsium untuk pembentukan cangkang lobster tersebut.

Disamping rasanya lezat, ternyata lobster air tawar juga mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Lobster air tawar mempunyai keunggulan daripada lobster air laut, yang dimana memiliki daging lunak, protein tinggi, dan nilai kolesterol, lemak, serta garam rendah daripada saudaranya yang hidup di laut.

Selain nilai gizi dan cara budidaya lobster air tawar diatas, lobster ini juga berisikan protein senilai 28 gram dan 129 kalori. Lobster juga menawarkan Vitamin A, Vitamin B, Vitamin E, dan C. Hewan yang satu ini juga mempunyai nutrisi mineral semisal seng, kalium, magnesium, dan fosfor.

Kemudian untuk permintaan di Indonesia sendiri banyak berasal dari Bali dan Jakarta. Biasanya pelaku pembenihan lobster air tawar langsung menjualnya kepada usaha pembesaran, namuan ada pula pengusaha kecil yang menjualnya kepada supplier.

Eits, baca juga : Cara Budidaya Dan Jual Ikan Cupang Blue Rim

Omset usaha pembenihan memang lebih tinggi daripada usaha pembesaran. Hal tersebut terlihat dari beberapa pelaku usaha pembenihan yang mendapatkan omset sebesar 30% serta pembenihan pelaku usaha yang mendapat keuntungan hingga 80%. Usaha pembenihan dilakukan dengan modal yang relatif lebih sedikit.

Memilih Benih / Bibit Unggul Lobster Air Tawar

Sebagai contohnya, untuk bisa menghasilkan benih lobster air tawar sebanyak 1.000 hingga 2.000 ekor dengan ukuran 2”, cukup memakai tempat yang memiliki luas 1x2m, serta akan memberikan keuntungan sebesar Rp 2,3 juta pasca proses pembenihan lobster ini selama enam bulan. Sementara itu upaya pembesaran dengan luas serta waktu panen dengan selisih satu bulan lebih awal, akan memproduksi lobster air tawar siap panen sebanyak 1 kilogram saja [berisi 10 sampai 15 ekor] dengan harga Rp 200.000 per kilogra ketika dipanen selama 5 bulan.

Demikian ulasan tentang harga, perawatan, manfaat, omset dan cara budidaya lobster air tawar yang harus kalian ketahui supaya bisa membudidayakannya dengan baik dan benar. Jangan ragu untuk memulai usaha, selama kalian rajin menjalankan riset pasar serta pembelajaran lainnya dari koinx.id.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *