9+ Cara Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Uninstall!

Cara Menonaktifkan WA Sementara

Cara menonaktifkan wa sementara akan sangat membantu Anda yang merasa terganggu dengan banyaknya notifikasi yang masuk. Tidak menonaktifkan selamanya atau uninstall, tapi ada beberapa cara untuk menonaktifkan aplikasi whatsapp sementara.

Hal ini tentu akan sangat membantu Anda yang membutuhkan ketenangan disaat tertentu saja. Bisa jadi saat sedang meeting, sedang belajar, atau hal penting lain yang tidak ingin adanya gangguan. Nah, karena tujuan yang cukup penting tersebut, ada beberapa cara menonaktifkan wa sementara yang bisa dilakukan.

Beberapa cara menonaktifkan wa sementara tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis ponsel yang digunakan. Selain itu, perlu diingat juga kalau setiap cara menonaktifkan wa sementara atau metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi seperti apa caranya? Berikut ini beberapa cara menonaktifkan wa sementara yang bisa Anda pilih dari koinx.id.

Cara Mematikan WA Sementara Tanpa Mematikan Data (Whatsapp)

Force Stop

Cara menonaktifkan wa sementara atau juga bisa jadi cara paling mudah untuk menonaktifkan aplikasi kirim pesan WhatsApp secara sementara adalah dengan melakukan force stop. Cara ini sangat mudah dan tidak akan memerlukan tambahan aplikasi lain yang semakin memberatkan kinerja dari ponsel milik Anda.

Tapi, perlu diingat juga saat Anda melakukan cara tersebut, chat yang masuk kepada Anda hanya akan centang satu atau dua dengan warna abu-abu. Hal tersebut artinya Anda akan dianggap tidak aktif atau tidak pesan WA tidak terkirim kepada Anda.

Lalu bagaimana cara melakukannya? berikut ini caranya:

  • Buka Settings pada smartphone Anda;
  • Masuklah ke App Management atau Application;
  • Klik pada aplikasi WhatsApp;
  • Kemudian klik Force Stop dan pilih OK.
  • Ketika Anda sudah melakukan langkah ini, jangan buka aplikasi WhatsApp lagi atau aplikasi tersebut akan kembali aktif.

Matikan atau blokir notifikasi

Cara menonaktifkan wa sementara berikutnya hanya akan mematikan notifikasi saja. Jadi, WA masih ada dan tidak perlu melakukan uninstall aplikasi yang akan menghilangkan seluruh chat, termasuk chat yang dianggap penting.

Langkah ini jauh lebih efisien ketika Anda tidak ingin merasa terganggu dengan banyaknya notifikasi dari aplikasi WA. Langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan mematikan atau bisa juga blokir notifikasi dari WhatsApp. Dengan melakuka hal tersebut, Anda tidak akan lagi terganggu atau tergoda untuk membuka aplikasi WA.

Sayangnya untuk melakukan hal tersebut bisa berbeda-beda tergantung dari setiap smartphone atau merk yang digunakan. Tapi secara umum, Anda harus masuk ke menu Settings > Notifications > WhatsApp. Yang terakhir hanya perlu matikan pilihan Show Notifications atau pilih Don’t Show Notications.

Jangan lewatkan informasi menarik Cara Menyadap WA Tanpa Brandcode 100% Berhasil!

Dengan melakukan hal tersebut, artinya notifikasi tidak akan muncul, ingat hal ini hanya berlaku pada notifikasi saja. Aplikasi masih akan berjalan dengan semestinya tanpa terganggu apa pun. Chat kepada Anda juga masih bisa masuk, hanya saja tidak akan muncul notifikasi yang dianggap menggangu tersebut.

fitur Do Not Disturb

Cara menonaktifkan wa sementara yang selanjutnya ini mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Pada umumnya, ponsel Android sekarang sudah dilengkapi dengan fitur Do Not Disturb. Fitur tersebut memiliki fungsi yang bertujuan untuk membuat pengguna jauh lebih fokus untuk mengerjakan hal lain selain smartphone. Nah, hal tersebut bisa Anda memanfaatkan ketika tidak ingin diganggu dengan notifikasi dari aplikasi WhatsApp.

Tapi, fitur Do Not Disturb satu ini memiliki nama, penyebutan sekaligus pengaturan yang berbeda untuk setiap merk smartphone. Jadi untuk mengaktifkan dan menggunakannya harus mengeceknya terlebih dahulu, ya.

Biasanya, fitur ini dapat diaktifkan melalui menu Settings. Anda bisa juga mengatur setting waktu, durasi, siapa yang bisa menghubungimu, sekaligus aplikasi mana saja yang ingin nonaktifkan. Untuk lebih jelasnya bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Online di WA Terbukti Berhasil!

  • Buka Pengaturan> Sound & Notification> Do Not Disturb dan ketuk Aturan otomatis.
  • Ketuk Add untuk membuat pengaturan baru, dan sesuaikan waktu tertentu untuk mengaktifkan fitur ini.
  • Setelah itu masukkan nama untuk pengaturan Anda dan tekan OK.
  • Untuk aturan berbasis waktu, Anda dapat memilih hari-hari tertentu dalam seminggu, dan menentukan waktu mulai dan berakhir.
  • Untuk aturan berbasis acara, Anda harus menentukan kalender untuk ditautkan dan kemudian Anda dapat mengaktifkan Do Not Disturb secara otomatis ketika Anda memiliki acara, seperti rapat.

Catatan: Mode Do Not Disturb hanya ada untuk perangkat Android dengan sistem operasi Android 6.0 atau sistem operasi yang lebih baru. 

Dengan mengaktifkan mode tersebut, Anda tidak hanya bisa menonaktifkan notifikasi dari aplikasi WA secara sementara saja, tapi juga bisa melakukan pengaturan lain seperti mulai otomatis, yang artinya aplikasi tertentu akan nonaktif selama periode yang tentukan. Dan Anda juga bisa memilah aplikasi mana saja yang masih bisa digunakan atau masih aktif.

Matikan mobile data untuk WhatsApp

Cara menonaktifkan wa sementara yang satu ini mungkin akan menjadi cara yang paling mudah untuk bisa digunakan. Kebanyakan saat ini smartphone memiliki fitur untuk memilih aplikasi tertentu yang tidak aktif saat menggunakan mode mobile data.

Dengan fitur tersebut, artinya aplikasi tidak akan bisa menggunkana paket internet atau mobile data. Dalam hal ini, Anda harus mematikan izin pemakaian mobile data untuk aplikasi WhatsApp.  untuk melakukannya, bisa dilakuakn melalui menu Setting – Apps dan selanjutnya cari aplikasi WhatssApp dan nonaktifkan izin untuk mengakses paket data.

Selanjutnya aplikasi tidak akan aktif selama ponsel menggunakan paket data. Tapi, hal tersebut tidak akan berlaku ketika terhubung dengan jaringan WiFi. Ketika menggunakan jaringan WiFi, artinya aplikasi bisa memiliki koneksi internet lagi.

Menggunakan Bantuan Aplikasi

Cara menonaktifkan wa sementara kali ini memerlukan bantuan dari aplikasi lain. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang menyediakan fitur serupa dengan Do Not Distrub, yang sudah dibahas sebelumnya. Kalau Anda termasuk orang yang tidak bisa menggunakan fitur Do Not Distrub, maka bisa menggunakan cara ini.

Karena menggunakan aplikasi lain, maka sudah pasti harus melakukan download dan instalasi terlebih dahulu. Setelah semua proses selesai, baru pengguna bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk menonaktifkan wa sementara.

Beberapa nama dari aplikasi tersebut Hibernator, Do Not Disturb – Call Blocker, Pause It, Nights Keeper, Game Mode, dan masih banyak lagi aplikasi lain yang menyediakan fitur serupa. Aplikasi tambahan tersebut tidak hanya tersedia untuk pengguna Android, tapi juga pengguna sistem operasi Apple atau iOS.

Pada dasarnya aplikasi tersebut memiliki fitur untuk membuat pengguna lebih fokus lagi dengan cara menghentikan aplikasi lain yang akan memberikan distraksi atau gangguan. Tapi perlu diingat juga untuk selalu berhati hati dalam penggunaan aplikasi yang tidak dikenal.

Aplikasi Greenify

Cara menonaktifkan wa sementara selanjutnya adalah menggunakan bantuan aplikasi, atau lebih tepatnya aplikasi Greenify. Anda bisa menghibernasi atau menonaktifkan sementara aplikasi Whatsapp mu dengan mendownload aplikasi Greenify ini melalui playstore pada HP android Anda.

Masuk saja ke playstore kemudian ketikan Greenify pada kolom pencarian. Nanti, aplikasi Greenify ini akan muncul (biasanya pada urutan pertama) dengan icon bergambar daun hijau. Jika Anda sudah download atau sudah menginstal aplikasi Greenify ini, maka buka aplikasinya kemudian tap my device is NOT rooted kemudian centang kolom pada tulisan yes, i use it daily.

Setelah itu scroll layar ke bawah dan tap tulisan Not Now (manual hibernation only), lalu tap ok, tap berikutnya, tap skip, tap ok, tap finish. Nanti Anda akan dibawa ke menu awal Greenify, lalu tap + .

Langkah selanjutnya hanya perlu memilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan sementara, pada kasus ini adalah aplikasi WA. Setelah semua langkah selesai maka notifikasi dari aplikasi WA tidak akan muncul lagi, tapi aplikasi tetap ada dan bisa digunakan lagi.

Namun perlu diperhatikan, agar aplikasi Greenify ini dapat bekerja secara baik pada HP android mu, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan aksesibilitas, serta akses data penggunaan aplikasi pada HP Anda. Caranya, pertama Anda masuk ke pengaturan pada HP mu, lalu cari dan tap aksesibilitas. Pada opsi layanan, pilih Greenify kemudian pilih hibernasi otomatis kemudian aktifkan tombolnya.

Setelah itu, masuk lagi ke pengaturan dan tap pengaman lalu cari dan tap akses data penggunaan aplikasi. Ceklis aplikasi Greenify. Setelah itu aplikasi Whatsapp mu akan hibernasi atau nonaktif untuk sementara sampai Anda membuka hibernasinya kembali. Silahkan praktekkan cara menonaktifkan wa sementara dengan aplikasi Greenify sekarang juga.

Pengguna iPhone

Cara menonaktifkan wa sementara selanjutnya adalah untuk pengguna ponsel iPhone atau iOS. Tidak hanya untuk pengguna di Android, saja tapi pengguna iPhone juga bisa menghentikan notifikasi yang mengganggu saat sedang melakukan aktivitas lainnya, khususnya dari aplikasi WA.

Chat dari WA memang bisa memberikan gangguna, terlebih jika terkait pekerjaan. Oleh sebab itu, Anda bisa menghentikannya secara sementara agar tidak mengganggu produktivitas. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Buka menu Settings di iPhone yang digunakan.
  • Scroll sampai bertemu opsi
  • Selanjutnya, cari dan pilih aplikasi Whatsapp yang ingin dinonaktifkan sementara.
  • Tap pada sidebar di Allow Notifications.

Melalui metode atau cara menonaktifkan wa sementara ini, Anda tidak akan terganggu lagi dengan notifikasi yang muncul dari aplikasi  WhatsApp. Metode yang digunakan juga hampir sama dengan metode untuk pengguna Android, hanya beda penamaan saja, sejauhya tidak ada bedanya.

Justru Apple juga menjadi sistem operasi untuk smartphone yang menyediakan fitur Do not Distrub, dan selanjutnya diikuti oleh beberapa sistem operasi lain. Penggunaan dari fitur yang mudah semakin membuat para pengguna lebih nyaman dalam penggunaan.

Jika ingin menggunakan WhatsApp secara normal lagi, tinggal nyalakan settingan Allow Notification. Setelah itu, pengguna akan mendapati notification atau pemberitahuan chat WhatsApp secara normal seperti biasanya.

Cara mengembalikan seperti semula atau notifikasi agar muncul juga cukup mudah, ulangi langkah yang serupa ketika ingin menghilangkan notifikasi dari aplikasi WA, dan selanjutnya notifikasi akan muncul lagi. Cara menonaktifkan wa sementara ini semakin mudah lagi karena tidak melibatkan aplikasi tambahan seperti beberapa cara serupa sebelum nya yang harus download lebih dulu.

Hibernated Apps

Cara menonaktifkan wa sementara yang selanjutnya adalah memanfaatkan bantuan dari aplikasi android dan cukup terkenal akan kemampuannya. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan para pengguna tidak akan mendapatkan gangguan berupa notifikasi dari aplikasi yang dipilih.

Tidak hanya akan menghentikan notifikasi, tapi dengan penggunaan aplikasi ini maka penggunaan dari baterai smartphone juga akan lebih awet dan tahan lama. Dengan alasan tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menggunakannya. Untuk langkah lebih jelas, bisa mengikuti tutorial cara menonaktifkan wa sementara berikut ini.

  • Yang pertama langsung saja buka aplikasi Hibernator
  • Selajutnya geser layar smartphone ke arah bawah sampai Anda menemukan kolom Launched App
  • Karena ini adalah tutorial untuk mematikan notifikasi dari wa, maka langkah berikutnya adalah memilih aplikasi Whatsapppada kolom dan geser ke bawah.
  • klik tanda ZZZ yang berada di sisi kanan WhatsApp. Tunggu sampai beberapa saat dan aplikasi akan otomatis menonaktifkan Whatsapp sementara.
  • Apabila ingin menggunakan aplikasi kembali, maka ulangi langkah di atas dengan beberapa ketentuan atau penyesuaian saja.

Dalam penggunaan aplikasi ini jangan lupa untuk memperhatikan Aksesibilitas Hibernator, yang sudah diaktifkan melalui setting. Apabila belum maka akan ada notifikasi saat menggunakan aplikasi ini.

Selain menghentikan notifikasi dan membuat bareai lebih awet, kelebihan dari aplikasi ini adalah menghemat dalam penggunaan RAM atau memori sementara. Jadi proses kerja dari smartphone akan jauh lebih cepat saat menggunakan aplikasi ini. Jangan lupa non aktifkan juga beberapa aplikasi berat dan menggangu lain.

AppBlock

Cara menonaktifkan wa sementara berikutnya juga masih menggunakan bantuan dari aplikasi, namun kali ini akan menggunakan aplikasi AppBlock. Aplikasi ini siap membantu siapa saja untuk lebih fokus dengan cara menghentikan sementara beberapa aplikasi yang memberikan gangguan.

Alasan lain kenapa harus menggunakan aplikasi ini adalah terdapat opsi atau fitur untuk menentukan waktu dan tanggal kapan aplikasi ini akan bekerja. Jadi, beberapa aplikasi yang memberikan gangguan bisa dinonaktifkan dalam waktu tertentu saja. Menariknya, anda sebagai pengguna tidak perlu berkali kali melakukan setting aplikasi alias satu kali saja.

Dan bagaimana cara menggunakan aplikasi ini untuk menonaktifkan wa sementara? Pada dasarnya penggunaan dari aplikasi ini masih sama dengan beberapa aplikasi sebelumnya. Tapi untuk lebih jelasnya bisa mengikuti langkah langkah berikut ini cara menonaktifkan wa sementara.

  • Sudah pasti pertama cari aplikasi AppBlock melalui google play store dan lakukan instalasi AppBlock.
  • Berikutnya buka aplikasi tersebut untuk menggunakannya.
  • Selanjunyta Sekarang tekan icon ‘+’ pada sisi bawah layar yang nantinya akan membuka jendela baru untuk membuat profil.
  • Ikuti dan isi setiap kolom yang diperlukan termasuk data diri.
  • Berikutnya pilih halaman ‘apa yang diblokir’ di sisi bawah halaman profil.
  • Berikutnya matikan tombol ‘peluncuran aplikasi’ dan juga menyalakan ‘pemberitahuan app’.
  • Berikutnya klik icon ‘Add’, pada sisi samping ‘Application’.
  • Dan terakhir pilih aplikasi yang ingin notifikasi untuk dihentikan pada langkah ini sudah pasti aplikasi WA dan klik ‘Ok’.

Setelah semua langkah tersebut selesai, maka notifikasi dari aplikasi wa tidak akan muncul lagi. Pada dasarnya penggunaan aplikasi tersebut cukup mudah, hanya saja pada appblock harus membuat profil terlebih dahulu dan hal tersebut tidak disukai oleh beberapa orang. Apabila memang tidak ingin membuat profil hanya untuk menghentikan aplikasi sementara maka bisa mengikut beberapa saran yang sudah di jelaskan sebelumnya di atas cara tersebut sama saja.

Nonaktifkan nada dering WhatsApp

cara menonaktifkan wa sementara yang paling mudah untuk dilakukan banyak orang adalah dengan nonaktifkan nada dering dari aplikasi WhatsApp. Dengan melakukan hal tersebut artinya anda tidak akan mendapat banyak gangguan atau mematikan secara sementara saja.

Untuk cara menonaktifkan nada dering pada aplikasi Whatsapp, Anda bisa melalui menu pengaturan di aplikasi. Anda harus membuka lebih dulu aplikasi Whatsapp lalu pilih titik tiga vertikal pada bagian kanan atas. Selanjutnya pilih opsi Notifikasi.

Setelah Anda akan melihat beberapa halaman baru untuk pengaturan yang berbeda. Untuk mengatur nada dering maka pilih nada dering. Anda bisa menggunakan nada notifikasi dengan pilihan hening atau silent pada ponsel Anda.

Dengan menggunakan hal tersebut, maka tidaka akan ada bunyi notifikasi dari aplikasi wa. Dan, karena menonaktifkan nada dering adalah sesuatu yang mudah, tentu akan banyak orang yang masih bisa melakukannya.

Matikan notifikasi pop-up

cara menonaktifkan wa sementara adalah dengan mematikan notifikasi pop up. Sadar atau tidak, notifikasi pop up akan memberikan gangguan yang cukup banyak, terlebih apabila anda sedang ingin fokus. Tenang, hal tersebut bisa anda matikan dengan cara yang mudah kok.

Untuk mengatasi hal tersebut, bisa anda lakukan melalui pengaturan yang ada pada smartphone. Cari daftar aplikasi, lalu pilih aplikasi WA dan hilangkan pilihan untuk terima atau ijinkan pop up. Dengan melakukan hal tersebut maka anda tidak akan lagi menerima notifikasi po up.

Cara ini bisa anda lakukan disegala merk smartphone, khususnya android. Walau beda merk, kurang lebih cara yang harus anda lakukan masih sama dan hasilnya juga akan sama pula. Pastikan anda memilih aplikasi yang tepat sebelum mulai langkah yang lain.

Matikan lampu Notifikasi

Tahukah anda kalau lampu notifikasi juga bisa anda matikan. Dengan melakukan hal tersebut artinya anda tidak akan mendapatkan gangguan dari aplikasi yang bersangkutan. Apabila memang ada ingin melihat pesan yang masuk, maka cukup buka aplikasi terkait dan buka pesan yang penting saja.

Dengan begitu gangguan bisa anda minimalisir dengan sangat maksimal tanpa ada gangguan lagi yang menggangu kesibukan anda.

Hal sederhana ini ternyata mampu memberikan dampak yang cukup besar, khusu nya mereka yang memang ingin mendapatkan ketenangan atau hidup dengan lebih fokus tanpa ada gangguan sedikitpun.

Cara yang dilakukan juga sangat mudah tanpa melibatkan aplikasi tambahan atau cara yang rumit. Dan cara ini juga bisa anda terapkan pada aplikasi lain yang mungkin memberikan anda gangguan yang serupa.

Ada banyak cara menonaktifkan wa sementara yang pastinya akan membantu anda untuk lebih fokus dan tenang. Untuk anda yang sering mendapatkan pesan spam, maka tidak perlu pikir panjang dan langsung blokir saja nomor yang bersangkutan.

Dengan melakukan cara menonaktifkan wa sementara dengan memblokir orang tertentu artinya orang tersebut tidak akan lagi bisa mengirimi anda pesan lagi, bahkan, orang tersebut juga tidak akan bisa sekedar melihat story wa yang sudah anda buat.

Banyaknya cara menonaktifkan wa sementara bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi. Apabila memang tidak begitu penting, maka anda bisa sekedar mematikan notifikasi saja tanpa harus melakukan banyak macam cara yang mungkin sedikit lebih ribet. Tapi kalau anda ingin lebih fokus maka gunakan cara lain yang lebih maksimal.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara menonaktifkan wa sementara dan ada banyak sekali untuk bisa melakukannya. Karena ada banyak merk ponsel yang beredar, beberapa langkah mungkin akan berbeda penyebutan atau namanya saja, selebihnya masih akan memiliki cara menonaktifkan wa sementara dan langkah yang sama pula untuk diikuti.

Video Langkah Langkah Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Terbaru 2021

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *