4 Cara Menanam Bawang Merah Di Rumah!

4 Cara Menanam Bawang Merah Di Rumah!

Pada masa pandemi berlangsung, sebagian besar banyak orang akan menghabiskan waktu nya untuk berkebun di rumah bukan begitu? Khusus nya untuk kaum hawa bukan begitu? Dan tentunya untuk cara menanam bawang merah ini akan ada banyak cara nya, mulai dari menanam bawang merah di pot, di botol aqua, di polybag, maupun juga degan hidroponik.

Dan bagi anda yang suka berkebun menanam merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan bukan? Apalagi yang cepat tumbuh seperti jenis sayuran bawang merah ini, yang tentunya akan menjadi kegiatan rumahan yang dapat mengusir kebosanan selama masa pandemi ini kan.

Dan juga selain itu, cara menanam bawang merah sendiri tentu juga akan membuat anda lebih hemat. Tapi, apakah anda juga pernah mencoba cara menanam bawang merah, tapi sering gagal panen? Nah, mungkin cara menanam bawang merah yang akan kami tim koinx.id berikan ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk anda. Berikut cara menanam bawang merah agar cepat tumbuh yang wajib anda lakukan. Tentunya tidak hanya itu, dari satu bawang merah ini akan dapat tumbuh menjadi banyak lho tanpa basa basi lagi simak berikut caranya:

Eits, baca juga: Cara Budidaya porang Agar Cepat Panen

Cara Menanam Bawang Merah Di Rumah Yang Mudah

Menyiapkan Bahan Dan Peralatan Yang Diperlukan

Langkah pertama dalam cara menanam bawang merah atau budidaya bawang agar cepat tumbuh yaitu dengan menyiapkan beberapa bahan dan peralatan yang diperlukan seperti berikut:

  • Pot
  • Tanah subur (tanah gambut kalau bisa)
  • Media tanam
  • Bibit bawang merah

Nah, untuk bibit bawang merah ini tidak perlu anda sulit – sulit untuk mencari bibit bawang merah ini. Dikarenakan anda hanya cukup mencari bawang merah dari dapur anda dan tentunya yang bentuknya paling bagus dan segar.

Cara Menanam Bawang Merah Di Pot Polybag, maupun Gelas

Nah, setelah anda menyiapkan beberapa bahan dan peralatan diatas maka selanjut nya yaitu, bagaimana anda cara menanam bawang merah di media tanam diatas sehingga dapat mendapatkan hasil yang maksimal, nah ini dia langkah langkah nya dalam menanam bawang merah ini:

  1. Pertama, campurkan tanah subur yang sudah anda siapkan dengan media tanam yang anda siapkan juga dan kemudian masukkan ke dalam pot. Dan tentunya penuhi campuran tanah tersebut ke dalam pot sampai 3/4 isi.
  2. Selanjut nya, anda dapat mengambil beberapa bawang merah yang paling bagus, dan juga hindari dalam hal memilih bawang yang sudah ada bercak hitam karena itu dapat menyebabkan pohon nya nanti akan terkena penyakit.
  3. Setelah itu, potong sedikit bagian ujung bawang merah sampai terlihat daging bawangnya. Dan jika bawangnya sudah ada tunas, tidak perlu dipotong lagi.
  4. Kemudian, taruh bawang-bawang tersebut di tanah dengan kedalaman 5 cm dan timbun dengan tanah subur tadi. Dan anda tidak perlu menekan tanah timbunannya. Biarkan saja ada rongga-rongga di tanah tersebut.
  5. Dan yang terakhir anda dapat menyiram secara rutin pada pagi dan sore hari. Dan juga gunakan semprotan tanaman agar tidak membuat bibit bawang merah anda rusak.

Cara Merawat Tanaman Bawang Merah

Dan seteleah anda mengikuti langkah langkah dalam hal cara menanam bawang merah diatas maka langkah selanjutnya yaitu anda dapat melakukan perawatan pada bibit tanaman bawang merah anda, dengan langkah langkah seperti biasa yaitu adan dapat menyiram bawang merah yang berada di pot sebanyak 2 kali sehari.

Dan juga yang perlu anda ketahui yaitu dengan menghindari menyiram dengan terlalu banyak air supaya tanaman bawang anda tidak busuk. Selanjut nya anda dapat tempatkan pot di area yang masih terkena sinar matahari agar pertumbuhannya maksimal. Dan juga anda perlu menghindari menaruh terlalu banyak bibit bawang merah di dalam pot di karenakan akan terlalu sempit yang nanti nya akan menghambat pertumbuhan bawang merah. Setidak nya anda memberi jeda agak jauh untuk perkembangan bawang di tanah lebih maksimal.

Eits, baca juga: 4 Cara Ternak Ikan Cupang Nemo Lengkap!

Cara Memanen Bawang Merah

Nah, jika anda sudah melakukan penanaman dan perawatan dari bawang merah ini, maka tahap selanjutnya yaitu bawang merah akan bisa dipanen setelah 60-90 hari penanaman. Dan jika anda ingin melihat bagaimana tanda bawang ini siap panen, yaitu anda dapat mencari daun yang sudah agak layu dan kering.

Selanjutnya, maka anda dapat juga melihat bagian tanah pot tersebut, biasanya akan ada yang sudah siap panen yang akan terlihat bawang merah nya yang menyembul ke atas. Dan setelah anda memanen, maka bawang ini sudah dapat langsung dikonsumsi untuk rasa yang segar. Dan untuk sisanya dapat anda dijemur selama 1 atau 2 minggu untuk mengurangi kandungan air nya. Dan tentunnya bawang yang sudah berkurang kandungan airnya maka dapat lebih awet disimpan dan tidak akan mudah busuk.

Nah, itulah tadi merupakan cara menanam bawang merah di rumah yang dapat anda lakukan dengan mudah dan bahan yang tidak banyak di rumah. Dan jika anda setelah memanen maka anda dapat mengulang menanam lagi dengan langkah langkah yang sama, dan tentunya jangan lupa mengganti tanah agar tidak jenuh. Tanah yang jenuh biasanya akan menolak tanaman dan terancam gagal panen. Dan semoga informasi cara menanam bawang merah ini dapat bermanfaat bagi anda, dan jangan lupa tekan tombol share dan komen nya!

Pupuk apa yang bagus untuk tanaman bawang merah?

Pupuk dasar yang di anjurkan untuk bawang merah off- season di lahan kering meliputi pupuk kandang atau kompos, dosis pupuk kandang sapi (10-15 t/ha) atau kotoran ayam (5-6 t/ha) atau kompos (2-3 t/ha) dan pemberian Kaptan/dolomite (1,5 ton/ha). Pupuk buatan TSP/SP-36 (150-200 kg/ha).

Berapa kali pemupukan bawang merah?

Dalam budi daya bawang merah, diperlukan pemupukan sebanyak tiga kali. Yaitu pada saat pengolahan lahan dan pemeliharaan tanaman.

Menggunakan Teknik Set

Cara menanam bawang merah dengan teknik set, ialah dengan menggunakan bawang merah berukuran kecil atau bawang merah yang sudah dipanen saat belum matang. Penggunaan teknik ini disebut lebih maksimal dalam menghasilkan bawang merah, terlebih apabila mendapatkan perawatan setiap hari.

Tapi perlu diingat juga bahwa metode ini sangat memperhatikan berbagai macam hal kecil seperti jarak tanam dan sebagainya. Setiap detail tersebutlah yang nantinya akan memberikan hasil yang terbaik dan memuaskan. Untuk mengetahui cara menanam bawang merah dengan teknik set lebih lengkapnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Pilih set bawang yang besar dan buang set kecil yang kecil. Hal ini karena set bawang merah yang lebih besar cenderung tumbuh lebih baik dibanding set bawang merah kecil.
  • Petakan garis lurus di tanah dengan tali dari satu ujung ke ujung lainnya. Beri jarak pada garis lurus ini sekitar 25 cm.
  • Ambil tanah dengan ujung sekop dan buat lubang sedalam 3 cm setiap 10 cm di sepanjang baris dari garis yang telah dibuat.
  • Tempatkan satu set bawang di setiap lubang, pastikan bawang merah mengarah ke atas dan pucuk hijau bawang beberapa cm di atas tanah.

Setiap langkah tersebut tidak boleh terlewat, bahkan kalau hanya satu langkah saja. Tapi ketika sudah menerapkan atau menggunakan langkah tersebut, Anda bisa membedakan dengan hasil yang hanya sekedar tanam saja.

Menggunakan Benih

Cara menanam bawang merah berikutnya adalah menggunakan benih bawang merah. Cara ini pada dasarnya hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya terdapat beberapa perbedaan saja. Cara ini juga akan menghasilkan panen yang sama dengan cara yang sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara menanam bawang dengan benih:

  • Taburkan benih bawang merah ke dalam pot atau wadah kecil yang sudah Anda isi dengan tanah dan kompos, dan siram dengan air.
  • Simpan pot benih di dalam ruangan selama 6-8 minggu.
  • Jangan lupa untuk menyirami dengan teratur. Anda bisa menyiramnya 1-3 kali seminggu.
  • Setelah bibit bawang merah sudah tumbuh dan bertunas sekitar 2,5 – 5 cm, Anda bisa memindahkannya ke luar ruangan.
  • Kemudian 1-3 hari kemudian, Anda bisa memindahkan bibit ke wadah yang lebih besar atau ke kebun yang ada di rumah Anda. Beri jarak antara satu bibit dengan bibit lainnya sepanjang 7,5 – 10 cm.
  • Taruh bibit di tempat yang teduh dan rawat sampai bawang merah bisa dipanen. Biasanya akan memakan waktu 3-4 bulan.

Perbedaan cara ini dengan cara yang sebelumnya adalah cara ini akan jauh lebih lama untuk masa panen karena menggunakan benih. Dan, masa panen juga tergantung dari kualitas benih yang dipilih. Semakin baik kualitas benih yang digunakan maka akan memberikan dampak yang baik pula.

Menggunakan Teknik Hidroponik

Cara menanam bawang merah berikutnya adalah dengan menggunakan teknik Hidroponik. Anda bisa menggunakan teknik wick untuk menanam dengan cara ini. Sebelum menanam Anda harus menyiapkan pot, tandon nutrisi, kain flanel, media tanam, bibit bawang merah, nutrisi hidroponik, PH meter, dan TDS meter.

Teknik ini memiliki banyak sekali kelebihan tapi juga cukup sulit karena menggunakan banyak alat dan bahan. Banyaknya cara untuk menanam tentu bisa menjadi pilihan dan tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan pada setiap orang. Jangan lupa juga untuk selalu rutin merawatnya.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *