3 Cara Mengecek Kuota Telkomsel Terbaru!

3 Cara Mengecek Kuota Telkomsel Terbaru!

Cara mengecek kuota Telkomsel ini bisa tergolong mudah dilakukan jika anda mengetahui nya. Untuk cek kuota Telkomsel ini memiliki banyak cara yang dapat anda lakukan bagi para pengguna kartu paket internet Telkomsel untuk mengecek kuota internet anda agar terhindar dari kejadian tak terenakan yaitu mati di tengah kegiatan berselancar di internet. Internet sendiri sudah menjadi kebutuhan yang wajib dan tidak bisa lepas dari masyarakat khusus nya kaum milineal sekarang ini.

Dan hampir semua aktivitas kita pastinya akan membutuhkan internet dan ada baiknya juga untuk sering cek kuota internet secara berkala, sehingga terhindar dari kejadian kehabisan kuota disaat berinternet. Nah, Telkomsel sendiri telah menawarkan banyak cara mengecek kuota Telkomsel bagi para penggunanya. Dan, untuk anda yang baru saja menggunakan provider internet Telkomsel ini atau lupa untuk cara mengecek kuota internet Telkomsel nya, maka berikut koinx.id akan memberikan informasi cara mengecek kuota Telkomsel untuk anda, cekidot:

Cara Mengecek Kuota Telkomsel Gratis Terbaru 2021

Cara Mengecek Kuota Telkomsel Melalui SMS

Nah, cara cek kuota Telkomsel yang pertama yaitu dengan mengirimkan SMS permintaan cek kuota ke provider Telkomsel. Namun, jangan khawatir cara mengecek kuota Telkomsel melalui SMS ini tidak dipungut biaya sama sekali kok. Nah, caranya cukup anda ketikkan UL (spasi) INFO lalu kirimkan ke nomor 3636. Dan tunggu balasan dari provider internet Telkomsel ini.

Eits, baca juga: 3 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat

Tapi jika setelah anda sudah mengirim SMS nya namun anda belum mendapatkan balasan sisa kuota nya, maka cobalah untuk cara lainnya yaitu Ketik Flash (spasi) infov2 kirim ke nomor yang sama.

Cara Mengecek Kuota Telkomsel Melalui Kode Dial

Cara selanjut nya paling mudah untuk cek kuota internet Telkomsel yaitu dengan menggunakan kode dial. Nah, untuk cara nya anda cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Lakukan panggilan ke *888#;
  • Setelah keluar dialog box, ketik angka yang memiliki keterangan Cek Pulsa dan Kuota;
  • Masukkan lagi angka dengan keterangan Cek Kuota;
  • Kemudian setelah dialog box ketiga muncul, pilih Cek Kuota Internet;
  • Setelahnya kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa permintaan sedang diproses;
  • Tunggu beberapa saat, provider akan mengirim SMS dengan informasi sisa kuota internetmu.
  • Cara ini sering kali berubah karena Telkomsel selalu melakukan pembaruan. Maka dari itu, kamu cukup mengikuti instruksi yang tertera.

Cara Mengecek Kuota Telkomsel Melalui Aplikasi MyTelkomsel

Untuk cara yang terakhir bagi para pengguna kartu Telkomsel pasti sudah sangat familiar dengan aplikasi Telkomsel yang satu ini bukan? Aplikasi itu ialah MyTelkomsel, aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bermanfaat, dan salah satunya yaitu untuk cek kuota internet. Nah, berikut ini cara mengecek kuota Telkomsel melalui app my Telkomsel nya:

  • Pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi di handphone;
  • Buka MyTelkomsel, masukkan nomor handphone, klik Lanjut;
  • Verifikasi menggunakan kode yang dikirimkan via SMS;
  • Biasanya di menu utama, sisa dan penggunaan kuota telah tersedia;
  • Jika ingin melihat rinciannya, klik saja pada jumlah kuota;
  • Di sana tersedia pilihan kuota, mulai dari internet, VideoMax, 4G, dan lain-lain

Nah, itulah tadi merupakan 3 cara mengecek kuota Telkomsel nya yang dapat kami berikan, dan tidak lengkap jika kami juga tidak memberikan gimana cara aktivasi kuota internet ini, yang cocok untuk pengguna baru kartu provider internet Telkomsel ini, cekidot cara aktivasi kuota Telkomsel nya:

Cara Aktivasi Kuota Internet Telkomsel

Nah bagi anda yang sedang kehabisan kuota internet, maka anda dapat melakukan aktivasi paket data melalui kode dial. Cara nya dengan cukup menghubungi *363#. Dan kemudian anda akan mendapatkan dialog box yang berisi beberapa pilihan paket internet. Dan selanjut nya anda dapat memilih mana paket internet yang ingin anda beli, dan kemudian ikuti saja langkah langkah nya hingga muncul opsi Beli. Dan transaksi dinyatakan berhasil jika anda mendapatkan SMS dari provider.

Eits, baca juga: 3 Cara Mengetahui WA Disadap Dan Cara Atasinya!

Cara Registrasi Kartu Paket Internet Telkomsel

Bagi anda yang merupakan pengguna lama kartu Telkomsel, anda dapat melakukan regristasi ulang melaui layanan SMS dengan format sebagai berikut:

Ketik pesan: ULANG NIK#Nomor KK#. Dan kirim SMS ke nomor 4444

Dan bagi anda yang merupakan pengguna baru kartu Telkomsel, anda dapat melakukan regristasi ulang melaui layanan SMS dengan format sebagai berikut:

Ketik pesan: REGNIK#KK#. Dan kirim SMS ke nomor 4444

Website Telkomsel

Cara mengecek kuota Telkomsel selanjutnya adalah menggunakan website resmi miliki Telkomsel. Yup, website dari telkomsel memang memiliki beberapa fitur, termasuk salah satunya adalah mengecek kuota yang dimiliki oleh pelanggan.

Situs resmi milik Telkomsel tidak hanya digunakan untuk mengenalkan produk dan layanan. Anda  juga bisa memanfaatkannya untuk mengecek sisa dan status kuota internet yang dimiliki. Jarang sekali pengguna yang memanfaatkan cara ini. Padahal cara ini termasuk mudah tanpa harus menginstal berbagai aplikasi tambahan.

Untuk lebih jelasnya bisa ikuti caranya berikut ini:

  • Buka situs my.telkomsel.com
  • Masukkan nomor yang dimilik, lalu klik Kirim kode
  • Setelah mendapatkan kode verifikasi, masukkan empat angka kode tersebut ke kolom yang tersedia
  • Klik ikon telepon di menu utama
  • Di sana Anda bisa cek kuota internet 4G, VideoMax, kuota telepon, dan lain sebagainya.

Banyakanya aplikasi yang beredar membuat cara ini tidak banyak yang menggunakan. Memang dengan beberapa alasan cara ini kurang begitu efisien untuk kalangan tertentu.

Melalui Email

Cara mengecek kuota Telkomsel yang satu ini memang kurang praktis, tapi Anda bisa mencobanya jika beberapa langkah sebelumnya tidak berhasil atau mengalami kendala.  Saat ini semua orang yang menggunakan smartphone tentu memiliki yang namanya email, dengan alasan tersebut maka semua orang bisa melakukan cara yang satu ini.

Untuk bisa melakukannya, cukup kirimkan permintaan cek kuota menggunakan email ke cs@telkomsel.co.id. Body email bisa diisi dengan bebas asalkan inti pesan bisa tersampaikan. Walau kurang praktis, cara ini tentu lebih mudah untuk beberapa alasan.

Tapi, yang harus disayangkan adalah CS dari Telkomsel pastinya memerlukan waktu untuk bisa menjawab setiap email yang ada. Karena alasan tersebut maka bisa jadi Anda akan mendapatkan jawaban dengan rentan waktu yang cukup lama, bahkan bisa hitungan hari hanya untuk mengetahui jumlah kuota yang dimiliki.

Layanan Telephone

Cara mengecek kuota Telkomsel berikutnya hampir sama ketika menggunakan cara cek kuota melalui sms, hanya sekarang menggunakan telephone layanan dari Telkomsel. Untuk kodenya, tinggal sesuaikan saja atau sama dengan nomor saat cek kuota menggunakan sms.

Dengan cara ini, nantinya sisa kuota akan dijelaskan secara detail dan jauh lebih cepat dari beberapa cara lain, apabilagi saat menggunakan tambahan aplikasi yang bukan milik Telkomsel. Jangan lupa juga untuk mengikuti setiap langkah yang sudah diperintahkan oleh pihak operator, ya.

Aplikasi Tambahan

Cara mengecek kuota Telkomsel yang terakhir adalah menggunakan bantuan aplikasi lain yang bukan milik Telkomsel. Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang memberikan layanan untuk mengetahui sisa kuota tidak hanya dari Telkomsel tapi untuk berbagai jenis nomor operator lain.

Dengan aplikasi tersebut, semua bisa diketahui lebih detail dan jelas. Tapi, perlu diingat juga kalau ini adalah aplikasi yang tidak resmi dan bukan milik Telkomsel. Artinya, akan ada perusahaan lain yang mengetahui data anda yakni pemilik aplikasi tersebut.

Karena memiliki beberapa resiko, ada baiknya untuk menghindari cara atau metode yang satu ini. Masih ada banyak sekali cara lain yang jauh lebih aman dan terpercaya untuk dilakukan. Apabila satu cara tidak bisa, maka bisa mencoba cara yang lain. Jangan lupa juga kalau koneksi atau kualitas sinyal juga akan memvberikan pengaruh ketika melakukan pengecekan kuota atau pulsa. Semakin buruk kualitas sinyal maka kemungkinan berhasil juga akan semakin minim.

UL Info

Cara mengecek kuota Telkomsel kali ini menggunakan bantuan sms. Walau sebelumnya sudah dibahas mengenai cara cek kuota menggunakan sms, tapi kali ini akan lebih detail lagi, termasuk isi sms yang benar agar bisa mengetahui sisa kuota tersebut.

Pada dasarnya fitur sms ini bisa memberikan informasi yang cukup lengkap untuk pelanggan, dengan catatan sudah benar isi dari sms tersebut. Karena menggunakan sms, sudah pasti banyak orang yang bisa melakukan cara ini. Berbeda dengan beberapa cara lain, terlebih yang melibatkan aplikasi mungkin akan membuat banyak orang yang kebingungan.

Untuk bisa mengetahui sisa kuota, pertama buka aplikasi sms atau pesan dan ketik UL lalu kirim ke 3636. Tunggu sampai beberapa saat hingga terdapat sms balasan dari pesan tersebut. Pesan balasan yang akan didapatkan adalah sisa kuota internet telkomsel.

Setelah sms balasan masuk, maka anda sebagai pelanggan bisa mengetahui tanpa banyak cara atau melibatkan aplikasi pihak ketiga yang tidak jelas. Sayangngya, sms yang akan dikirim melalui pesan ini kurang lengkap, terlebih apabila memiliki banyak paket internet yang berbeda.

Flash Infov2

Cara mengecek kuota Telkomsel ini juga masih menggunakan fitur sms sama seperti cara sebelumnya. Perbedaan terletak pada kode sms dan juga balasan yang akan di dapatkan oleh pelanggan dari operator.

Untuk menggunakannya Ketik FLASH (spasi) Infov2 dan kirim ke 3636. Tunggu sampai beberapa saat hingga terdapat pesan balasan seperti sebelumnya. Dengan melakukan cara ini, maka rincian dari paket internet milik pelanggan akan lebih jelas dan juga lengkap. Tidak ada langi yang namanya aplikasi tambahan atau biaya tambahan hanya untuk sekedar mengetahui jumlah kuota saja.

Yang harus dipastikan ketika menggunakan cara ini adalah memastikan untuk menggunakan kode dan nomor tujuan yang benar. Apabila semua sudah benar maka anda tidak perlu lagi mempusingkan perihal sisa kuota internet karena bisa diketahui dengan sangat mudah dan praktis. Untuk prosesnya, tentu saja tergantung dari sinyal masing masing, semakin baik maka akan semakin cepat pula, dan sebaliknya.

Dial 363

Cara mengecek kuota Telkomsel ini akan menggunakan kode dial, tapi bukan dial 888 melainkan 363. Seperti yang sudah diketahui banyak orang khususnya pengguna kartu Telkomsel, kode 363 perhubungan dengan internet, baik cara mengetahui sisa kuota atau untuk membeli paket internet.

Karenanya hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengetahui sisa kuota para pelangga tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Untuk melakukan cara ini, langsung saja buka dial up dan ketik *363# dan lakukan panggilan.

Selanjutnya pilih Cek Status dan tunggu sampai beberapa saat hingga muncul menu lagi. Apabila sudah, maka rincian dari sisa kuota akan dikirimkan melalui layanan sms. Periksa sms untuk mengetahuinya dan buka pesan dari nomor 363 terbaru.

Hasilnya akan muncul secara rinci dan jelas sampai semua jenis paket yang dimiliki oleh pengguna. Hanya saja cara ini cukup memakan waktu karena kode dial yang lumayan panjang. Tapi hal tersebut akan terbayar karena pelanggan bisa mengetahui sisa kuota secara lengkap dan jelas.

Menariknya, dari kode dial tersebut pelanggan tidak hanya bisa mengetahui jumlah kuota melainkan melakukan pembelian paket internet dengan banyak pilihan. Tapi pastikan membaca dengan seksama setiap menu yang di tampilkan dari menu dial ini, karena terkadang akan mengarahkan pelanggan untuk mendowload aplikasi.

Cara Mengecek Kuota Telkomsel memang cukup banyak dan bisa anda gunakan atau sesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas anda sebagai pengguna. Selain menggunakan cara yang sudah sebelumnya dibahas dengan sangat jelas, kali ini kami akan berbagai cara lain untuk mengetahui sisa kuota yang anda miliki.

Cara tersebut adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Walau sebagai aplikasi pihak ketiga tapi aplikasi ini bisa memberikan informasi dengan jelas untuk setiap pengguna. Bahkan, tidak hanya untukpengguna telkomsel tapi juga berbagai macam provider lain yang ada di indonesia.

Operator DB

Cara Mengecek Kuota Telkomsel  dengan aplikasi yang pertama adalah aplikasi bernama Operator DB. Dengan aplikasi ini anda sebagai pengguna tidap perlu lagi ribet hanya untuk mengetahui sisa kuota inteternet saja. Selain itu, penggunaan dari aplikasi ini juga sangat mudah dan setiap orang pastinya bisa menggunakannya.

Kalau Anda tidak mau ribet dalam hal kodepulsa untuk mengetahui sisa pulsa, atau sisa kuota internet, maka aplikasi yang bernama Operator DB siap untuk anda andalkan. Aplikasi bisa dibilang cukup lengkap dan bisa digunakan dengan mudah hanya dalam beberapa kali klik saja.

Dengan adanya aplikasi cek kuota ini, Anda bisa dengan mudah menggunakan berbagai macam transaksi mulai dari pengisian ulang pulsa, cek kuota dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan provider yang anda gunakan.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, anda harus mengunduhnya melalui Play Store dan pastikan anda menggunakan aplikasi yang sama dengan aplikasi yang kami maksud. Lakukan registrasi dengan mengisi beberapa data diri dan aplikasi bisa langsung anda gunakan.

Tips Hemat Kuota Internet Telkomsel

Setelah anda mengetahui Cara mengecek kuota telkomsel anda pasti paham betul kalau provider telkomsel memiliki harga yang cukup mahal pada tiap kuota yang ditawarkan. Tapi dengan harga yang mahal tersebut anda bisa mendapatkan internet dengan koneksi yang stabil.

Dan, karena sangat mahal maka anda perlu mengetahui cara menghemat kuota internet telkomsel. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dan hal tersebut pada dasarnya sangat mudah sekali. Tapi kalau anda memang tidak keberatan dengan harga dari paket Telkomsel maka anda tidak perlu mengikuti tips yang kamiberikan berikut ini.

Tutup aplikasi yang tidak digunakan adalah hal pertama yang harus anda lakukan setelah mengetahui Cara Mengecek Kuota Telkomsel. Dengan anda menutup sepenuhnya aplikasi yang tidak anda gunakan maka aplikasi tersebut tidak akan menggunakan data internet anda. Tapi ada juga beberapa aplikasi yang masih akan menggunakan data internet walau sudah ditutup. Dan untuk mengatasi hal tersebut anda harus menutup paksa aplikasi tersebut melalui pengaturan yang ada di android.

Setelah menutup aplikasi jangan pernah juga untuk menggunakan aplikasi yang tidak dipercaya, terlebih apabila anda menggunakan aplikasi MOD atau aplikasi yang sudah dimodifikasi dan tidak bersumber dari play store atau app store. Selalu gunakan aplikasi hanya dari sumber terpercaya saja karena anda tidak tahu seperti apa aplikasi yang anda gunakan itu sebenarnya.

Cara Mengecek Kuota Telkomsel memang sangat beragam dan ada banyak sekali. Tapi, cara untuk menghemat kuota internet telkomsel tidak akan kalah penting untuk pengguna ketahui. Dengan menerapkan beberapa cara tersebut maka anda tidak perlu lagi sering membeli paket kuota telkomsel terlebih membeli paket internet dengan harga yang cukup mahal dan terbatas.

Nah, itulah tadi merupakan informasi mengenai cara mengecek kuota Telkomsel, cara mengaktivasi kuota internet Telkomsel, dan juga gimana cara regristasi kartu paket internet Telkomsel yang sekira nya dapat bermanfaat bagi anda, dan jangan lupa untuk share dan komen nya ya!

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

2 Comments to “3 Cara Mengecek Kuota Telkomsel Terbaru!”

  1. Lengkap ni informasi nya, dari cara aktivasi, regristasi dan cek kuota telkomsel nya, request dong buat axis nya😬

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *