4 Cara Ternak Ikan Cupang Nemo Lengkap!

4 Cara Ternak Ikan Cupang Nemo Lengkap!

Budidaya ikan cupang sedang menjadi tren di berbagai kalangan masyarakat. Jenis ikan cupang yang banyak diminati yaitu ikan cupang Nemo. Kamu yang tertarik berbisnis di bidang ini, bisa mencoba cara ternak ikan cupang Nemo sendiri dirumah dengan cara ini.

Cara Ternak Ikan Cupang Nemo (Budidaya Ikan Cupang)

Memiliki tampilan yang cantik membuat harga ikan cupang bisa mencapai jutaan rupiah. Untuk jenis ikan cupang Nemo sendiri dijual di pasaran dengan harga 100.000 sampai 3.000.000. Harga ini bisa naik bisa pula turun tergantung dengan kondisi pasar.

Eits, baca juga: 3 Cara Budidaya Ikan Nila Agar Cepat Untung!

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan budidaya ikan cupang Nemo dan memperoleh keuntungan. Ini cara ternak ikan cupang Nemo yang bisa kamu lakukan di rumah.

Siapkan indukan ikan cupang Nemo

Menyiapkan indukan adalah cara ternak ikan cupang Nemo yang paling dasar. Pilih indukan ikan cupang Nemo dengan kondisi fisik seperti berikut

  1. Untuk indukan jantan pilih yang sudah berusia 4 hingga 8 bulan. Pilih indukan jantan yang memiliki bentuk fisik memanjang, mempunyai sirip yang panjang serta warna sirip terang. Jangan pilih indukan jantan yang pasif namun pilihlah indukan jantan yang bergerak agresif.
  2. Untuk indukan betina pilih yang masih berusia 3 sampai 4 bulan. Pilih bukan jantan yang memiliki bentuk fisik bulat dan kondisi perut sedikit. Pada bagian sirip pilih indukan betina dengan sirip pendek dan kusam. Pilih induk yang memiliki gerak pasif dibanding dengan yang aktif bergerak

Tempatkan wadah untuk pembuahan ikan cupang Nemo

Selanjutnya kamu bisa menyiapkan wadah untuk pembuahan indukan ikan cupang Nemo. Siapkan wadah dari plastik atau akuarium kecil berukuran 20 x 20 x20 cm. Kamu juga dapat menghiasi wadah dengan tumbuhan ataupun batuan hias

Eits, baca juga: Cara Budidaya Lobster Air Tawar, Dijamin Cepat Untung!

Lakukan pengembangbiakan indukan cupang

Cara ternak ikan cupang Nemo setelah memperoleh indukan yang bagus yaitu melakukan perkembangbiakan atau pembuahan pada induk ikan cupang.

Tempatkan indukan betina dan indukan jantan pada satu wadah yang telah disiapkan sebelumnya. Pastikan untuk memasukkan ikan jantan terlebih dahulu sampai ikan jantan membuat gelembung pada air baru kamu boleh memasukkan induk betina.

Tutupi wadah menggunakan kain lalu setelah 1x 24jam kamu dapat membuka penutup wadah dan memindahkan indukan betina setelah terjadi pembuahan. kamu hanya perlu memindahkan induk betina dan tetap membiarkan induk jantan tinggal bersama telur hasil pembuahan.

Tunggu hingga telur berubah menjadi burayak (ikan cupang kecil)

Setelah 3 hari telur akan berubah menjadi burayak. Kamu bisa memberi makan burayak dengan kutu air hingga usia 1,5 bulan. Diusia burayak dua minggu segera keluarkan indukkan jantan ke dalam wadah lain karena tugasnya menjaga burayak sudah selesai.

Ikan cupang Nemo yang telah berusia 1,5 bulan sudah bisa kamu lihat jenis kelaminnya. Kamu juga sudah bisa menjual ikan cupang Nemo sejak berusia 1.5 bulan.

Ciri fisik ikan Nemo Yang memiliki harga jual tinggi di pasaran adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai perpaduan 3 warna pada fisik tubuhnya. Warna dasar ikan Nemo adalah hitam merah dan orange. namun setelah banyak dipersilangkan warna ikan Nemo yang paling banyak dicari yaitu yang memiliki sirip warna pink ungu dan biru. Jenis ikan cupang Nemo yang memiliki perpaduan warna tersebut yaitu cupang Nemo candy, cupang Nemo tiger, dan cupang Nemo galaxy.
  • Memiliki mata hitam dengan bentuk tubuh yang proporsional. Gerak ikan cupang Nemo sangat aktif dan lincah.

Membedakan Cupang Jantan dan Betina

Cara ternak ikan cupang nemo yang selanjutnya adalah membedakan antara cupang jantan dan ikan cupang yang betina. Urusan ternak cupang tentu ini adalah hal dasar yang harus diketahui karena apabila membedakan saja sudah tidak bisa sudah jelas ternak ikan cupang tidak akan berhasil.

Untuk cara membedakan pada dasarnya sangatlah mudah dan bisa dilihat langsung melalui bentuk ikan cupang tersebut. Baik ikan cupang jantan atau betina memiliki bentuk tersendiri yang membedakan keduanya. Tidak hanya bentuk, tapi juga bisa dilihat dari cara ikan tersebut bergerak.

  • Jantan:
    • Lincah
    • Ekor dan sirip yang mengembang
    • Warna lebih cerah
    • Bentuk tubuh yang lebih besar
  • Betina:
    • Lamban
    • Sirip dan ekor lebih pendek
    • Warna kusam
    • Bentuk tubuh yang lebih kecil

Apabila sudah memahami perbedaan antara jantan dan betina, maka siap untuk masuk tahap selanjutnya untuk budidaya ikan cupang atau Cara ternak ikan cupang nemo yang mudah dan pasti berhasil.

Proses Pemijahan

Setelah mengetahui jantan dan betina mengenai cara ternak ikan cupang nemo maka selanjutnya adalah masa pemijahan. Proses pemijahan ini ada tahapan yang harus diketahui, yang tentu saja selain kedua ikan sudah siap kawin.

Setelah persiapan budidaya ikan cupang selesai, saatnya untuk ke proses pemijahan. Dan untuk melakukannya harus terdapat tempat berupa akuarium atau bisa juga menggunakan wadah dan baskom kecil minimal memiliki ukuran 20x20x20 cm. Sediakan juga gelas plastik yang nantinya berfungsi sebagai tempat ikan cupang betina.

Yang terakhir, jangan lupa untuk siapkan juga tumbuhan air, sebagai contoh kiambang. Dalam proses perkawinan ikan cupang nemu satu kali, mampu memproduksi telur sampai 1.000 butir. Setelah pembuahan, maka telur akan menetas dalam waktu kurang lebih 24 jam.

Tapi, yang juga harus diketahui adalah tingkat kematian budidaya ikan cupang sangatlah tinggi. Jadi harus disiasati bagaimana agar bisa hidup sampai besar. Dalam satu kali kawin, ikan cupang yang berhasil dipanen hanya 30-50 ekor saja.

Indukan jantan mampu untuk kawin sampai 8 kali dalam kurun waktu 2-3 minggu, sedangkan untuk indukan betina disarankan sekali saja. Apabila indukan betina terlalu dipaksa, maka akan terjadi penurunan keragaman jenis kelamin. Dan akan menghasilkan anakan yang didominasi betina.

Pisahkan Ikan Cupang Betina dan Ikan Cupang Jantan

Selanjutnya mengenai cara ternak ikan cupang nemo adalah untuk memisahkan kedua ikan baik jantan dan betina. Tentu hal ini bukan tanpa alasa, melainkan untuk menjalankan beran masing-masing idukan ikan cupang nemo.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan para peternak adalah sebagai berikut.

  • Setelah proses pembuahan selesai, jangan lupa untuk segera mengangkat indukan betina karena ikan cupang jantan yang nantinya bertanggung jawab untuk menjaga dan membesarkan burayak atau anakan ikan cupang.
  • Indukan jantan akan memunguti telur yang sebelumnya sudah dibuahi menggunakan mulutnya dan meletakkannya di gelembung yang sebelumnya juga sudah sudah dibuat oleh ikan cupang nemo jantan.
  • Apabila indukan ikan cupang betina tidak dipisahkan, maka telur yang sudah dibuahi akan dimakan oleh si betina dan hal tersebut sangatlah sering terjadi.

Proses pemisalah ikan cupang jantan dan betina adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam hal cara ternak ikan cupang nemo. Karena apabila tidak segera dipisahkan maka ikan betina akan memakan burayak atau telur miliknya sendiri.

Nah, itulah tadi merupakan 4 cara ternak ikan cupang nemo yang dapat kami berikan, dan semoga informasi cara ternak cupang nemo atau budidaya cupang nemo ini dapat bermanfaat bagi anda, dan khusus nya jika anda ingin menjadikan budidaya ini menjadi peluang usaha. Dan jangan lupa untuk tekan tombol share, dan komen nya ya!

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *