Cara Mengecek Tagihan Listrik 100% Mudah Dan Cepat!

Cara Mengecek Tagihan Listrik

Cara mengecek tagihan listrik bisa membantu anda untuk mengetahui berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk penggunaan selama satu bulan. Ada beberapa cara mengecek tagihan listrik yang bisa anda lakukan di rumah.

Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, ada banyak hal bisa anda lakukan dengan sangat mudah, termasuk salah satunya adalah dengan mengetahui berapa tagihan listrik anda. Terlebih, anda sebagai pelanggan bebas untuk memilih cara mana yang akan anda gunakan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi apa saja cara mengecek tagihan listrik tersebut untuk anda. Agar lebih jelas, pastikan anda mengikuti ulasan ini sampai benar benar selesai. Apabila memang ada sesuatu yang tidak anda pahami, anda bisa menuliskannya di kolom komentar yang sudah tersedia di koinx.id.

Cara Mengecek Tagihan Listrik Dengan Mudah Dan Cepat

Berbagai macam hal kini memang bisa anda lakukan dengan sangat mudah, termasuk salah satunya adalah dalam hal membayar tagihan. Kalau dulu anda harus melakukan antri panjang hanya untuk membayar sebuah tagihan, kini hal tersebut tidak perlu anda lakukan.

Saat ini ada banyak sekali cara mengecek tagihan listrik yang bisa anda terapkan. Dengan kemudahan tersebut, maka anda bisa mengetahui besar tagihan listrik yang benar dan cepat setiap bulannya.

Cek Tagihan Listrik PLN lewat SMS

cara mengecek tagihan listrik  yang pertama adalah menggunakan aplikasi SMS. Siapa yang saat ini tidak mengenal aplikasi ini? Semua ponsel baik itu smartphone atau tidak pastinya memiliki fitur yang satu ini.

Cara ini juga akan cocok untuk anda terapkan apabila anda berada pada lingkungan dengan akses internet yang sulit, karena tidak menggunakan jaringan internet dan juga aplikasi tambahan yang akan memberatkan kinerja dari ponsel anda.

Sayangnya cara satu ini memiliki biaya yang harus anda keluarkan melalu pulsa, yakni Rp 500,- pada tiap sms yang anda lakukan, atau berbeda tergantu kartu atau operator milik anda. Untuk lebih jelas mengenai cara ini, berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 100% Work!

  • Buka aplikasi SMS yang ada di ponsel Anda.
  • Ketik pesan REK (spasi) No ID Pelanggan.
  • Dan kirim SMS tersebut ke nomor tujuan 8123.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul tagihan anda melalui pesan balasan

Walau tidak menggunakan jaringan internet, tapi tentu saja anda juga masih membutuhkan yang namanya sinyal stabil, terlebih ada biaya yang harus anda keluarkan walau itu termasuk murah. Mungkin karena beberapa alasan tersebut kini jarang sekali orang yang menggunakan cara satu ini.

Cek Tagihan Listrik Online Lewat Website

Cara mengecek tagihan listrik berikutnya adalah melalui website resmi milik PLN. Cara satu ini bisa anda gunakan untuk mengetahui info terkini dari tagihan dengan cara mudah dan hasil cepat. Untuk bisa menggunakan cara ini, pastinya anda memerlukan perangkat, baik itu laptop, komputer atau smarphone dengan browser.

Selain menggunakan situs resmi milik PLN, ada pula situs lain yakni Cekbill yang bisa anda manfaatkan untuk kegiatan satu ini, cara yang harus anda terapkan juga nyaris sama dengan beberapa penyesuaian.

Via Situs Resmi PLN

Buka situsnya di layanan.pln.co.id dan anda diharukan untuk membuat akun layanan PLN pada website tersebut. Untuk membuat akun, maka Anda diharuskan untuk mengisi beberbapa data diri mulai nama, email, ID Pelanggan, dan juga nomor ponsel sekaligus kata sandi. Dan selanjutnya Anda akan memperoleh email konfirmasi dan akun akan langsung aktif.

Setelah anda mendapatkan akun yang aktif, maka anda bisa membuka kembali situs PLN dan lakukan login seperti biasa. Dan, setelah anda login maka anda bisa mengetahui berapa tagihan listrik yang harus anda bayar setiap bulan.

Via Situs Cekbill

Untuk cara mengecek tagihan listrik yang satu ini memang tidak menggunakan website resmi milik PLN, tapi memiliki fitur yang sama dengan apa yang ada pada PLN. Dengan fungsi yang sama tersebut maka anda sebagai pelanggan bisa memanfaatkannya.

Berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan.

  • Buka situs Cekbill.com dan klik Cek Tagihan Listrik Online pada kolom pencarian.
  • Selanjutnya akan tersedia menu PLN Bulanan untuk mendapatkan informasi mengenai tagihan listrik bulanan
  • Selanjutnya masukkan ID PLN pelanggan milik anda dengan benar
  • Klik Lanjutkan dan jangan lupa untuk isi captcha lalu klik Cek Tagihan.
  • Nominal tagihan akan muncul secara otomatis

Dibanding dengan menggunakan situs resmi milik PLN, situs satu ini memiliki langkah yang lebih mudah karena anda sebagai pengguna tidak perlu melakukan konfirmasi lebih dulu hanya untuk mengetahui berapa tagihan anda.

Cara Cek Tagihan PLN Lewat Aplikasi HP

cara mengecek tagihan listrik juga bisa anda lakukan menggunakan aplikasi HP, baik itu android atau iOS. Aplikasi yang bisa anda gunakan tersebut bernama PLN Mobile, dan salah satu fitur yang bisa anda manaatkan adalah mengetahui tagihan listrik sesuai ID pelanggan yang terdaftar.

Karena menggunakan aplikasi, maka anda harus lebih dulu download aplikasi tersebut bisa dengan cara Play Store di Android, atau bisa juga menggunakan App Store untuk anda yang menggunakan iOS. Setelah anda memiliki aplikasi tersebut maka anda bisa mengikuti setiap langkahnya ini.

  • Buka aplikasi PLN Mobile milik anda
  • Pilih menu Informasi
  • selanjutnya pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik.
  • Masukan ID pelanggan milik anda dari klik tombol Cari
  • Berikutnya secara otomatis akan muncul jumlah tagihan Anda.

Perlu anda ketahui, karena ini bersifat aplikasi, maka anda sebagai pengguna hanya perlu melakukan instalasi aplikasi satu kali saja, selanjutnya anda bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut saat anda butuhkan.

Tidak hanya berfungsi sebagai cara mengecek tagihan listrik saja tapi pada aplikasi tersebut juga ada banyak sekali fitur yang bisa anda manfaatkan. Proses kerja dari aplikasi juga tergolong cepat, jadi sangat bisa untuk anda andalkan.

Cara Cek Tagihan Listrik Menggunakan Panggilan Telepon

cara mengecek tagihan listrik menggunakan panggilan telepon sama seperti menggunakan aplikasi SMS, yakni menjadi solusi untuk anda yang tidak memiliki koneksi internet, atau mungkin tidak bisa menggunakan beberapa cara yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Sudah jelas cara ini mengharuskan anda untuk memiliki pulsa dengan nominal tertentu, jadi lebih baik anda menyiapkan sebelumnya. Apabila anda sudah memiliki pulsa, maka anda bisa mengikuti beberapa langkah ini.

  • Buka ponsel milik anda dan pilih menu panggilan
  • Masukkan nomor call center milik PLN yakni dan lakukan panggilan tersebut.
  • Tunggu beberapa waktu sampai ada balasan aau sapaan dari customer service.
  • Selanjutnya tekan nomor 1 untuk cek tagihan listrik.
  • Tekan ID pelanggan anda yang berjumlah 12 nomor dan diakhiri dengan tanda bintang
  • Tunggu beberapa saat

Dengan melakukan cara mengecek tagihan listrik melalui telepon tersebut, pihak CS akan menginformasikan kepada anda jumlah tagihan yang harus anda bayar.

Baca juga: Cara Membuat SKCK Online Lewat HP 100% Work!

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *