2 Cara Mencair BPJS Ketenagakerjaan Terbaru Dan Mudah!

Cara mencair bpjs ketenagakerjaan

Cara mencair bpjs ketenagakerjaan cukup penting untuk dipahami, khususnya bagi pemilik kartu BPJS ketenagakerjaan. Dengan memahami hal tersebut, artinya Anda tidak perlu lagi khawatir urusan pencairan dana BPJS.

Jangan salah, ada banyak sekali orang yang meremehkan hal tersebut dan akhirnya tidak memahami dan berujung pada kesulitan proses pencairan. Ada beberapa faktor yang akhirnya dana pensiun atau uang bpjs tidak bisa dicairkan, termasuk kurangnya syarat dan ketentuan.

Karena berbagai macam alasan tersebut, maka sangat penting sekali mengetahui cara mencairkan uang di BPJS ketenagakerjaan. Untuk melakukannya, ada beberapa cara mencair bpjs ketenagakerjaan yang bisa dipilih dan sesuaikan dengan kondisi masing masing.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mencairkan dana BPJS? Berikut ini kumpulan cara mencair bpjs ketenagakerjaan nya, dan pastikan Anda untuk mengikuti semua langkah dan syarat yang sudah disiapkan terlebih dahulu dari koinx.id.

Cara Mencair BPJS Ketenagakerjaan Terbaru Yang Lebih Mudah!

BPJS Ketenagakerjaan via Offline

Cara mencair bpjs ketenagakerjaan yang pertama adalah dengan mendatangi langsung kantor BPJS. Banyaknya kantor BPJS yang tersebar membuat cara yang satu ini dipiliih banyak orang. Tapi ingat, bedakan antara kantor BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan, ya.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah langkahnya berikut ini, terdapat pula syarat dan ketentuan yang juga harus dilengkapi.

Baca juga: Cara Mengecek BPJS Ketenagakerjaan 100% Berhasil!

  • Datang ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat.
  • Lengkapi formulir pengajuan klaim.
  • Serahkan dokumen dan berkas yang dibutuhkan. Pastikan membawa semua dokumen sesuai persyaratan antara lain: Fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan beserta kartu aslinya, Fotokopi KTP atau paspor milik peserta beserta dokumen asli, Fotokopi Kartu Keluarga (KK) beserta dokumen asli, Dan yang terakhir buku rekening tabungan yang masih aktif.
  • Anda akan mendapatkan nomor antrean dan tunggu sesuai urutan nomor.
  • Jalani proses wawancara dan pengambilan foto.
  • Tunggu hingga proses pencairan dana berhasil.

Karena mendatangi kantor BPJS langsung, pastinya Anda diharuskan untuk mengantri, dan bisa dibayangkan berapa banyak dalam sehari orang yang berkunjung ke kantor BPJS ketenagakerjaan. Cara ini tentu tidak disarankan untuk orang yang sudah lanjut usia, terlebih di masa pandemi corona seperti sekarang ini.

BPJS Ketenagakerjaan via Online

Cara mencair bpjs ketenagakerjaan selanjutnya tidak akan mengharuskan Anda untuk mengantre terlebih dahulu dan mengujungi kantor BPJS Ketenagakerjaan. Cara ini juga cukup mudah karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja Anda berada.

Yup, cara mencair bpjs ketenagakerjaan ini memanfaatkan koneksi internet untuk bisa melakukannya. Untuk lebih jelas, bisa mengikut beberapa langkah berikut ini.

  • Unduh aplikasi BPJSTKU atau kunjungi website resmi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Login pada akun BPJS Ketenagakerjaan Anda. Jika belum mempunyai akun, Anda bisa mendaftar terlebih dulu melalui kolom Daftar Pengguna.
  • Jika sudah masuk, pilih menu Klaim Saldo JHT.
  • Isi kolom informasi. Di kolom KPJ, isi dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki, lalu di kolom Keperluan, pilih “Pengajuan Klaim”.
  • Setelah itu akan muncul pilihan Jenis Klaim. Anda bisa memilih salah satu di antaranya. Mencapai Usia Pensiun, Mengundurkan Diri, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).
  • Jika semua data sudah diisi lengkap, klik menu “Kirim”.
  • Kemudian, muncul daftar dokumen yang dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan. Unggah semua dokumen yang dibutuhkan secara online. Setelah selesai, tunggu email konfirmasi dari BPJS Ketenagakerjaan.
  • Email tersebut berisi informasi tanggal dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang harus Anda datangi untuk melanjutkan proses klaim saldo JHT.
  • Pada hari yang telah ditentukan, Anda bisa menyerahkan dokumen yang telah diminta sebelumnya. Kemudian, petugas akan menginformasikan waktu pencairan saldo JHT.

Melalui Bank

Cara mencair bpjs ketenagakerjaan selanjutnya adalah melalui bank yang sudah bekerja sama. Ingat, bank tersebut harus memiliki kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaa, ya. Selain dengan offline dan online, cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan melalui Bank yang sudah kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Cara ini akan sedikit menghemat waktu dan tidak perlu melakukan antri panjang di kantor BPJS, walau di bank juga perlu menunggu. Tapi, proses di bank tentu akan lebih cepat karena tidak terlalu banyak nasabah yang melakukan hal yang sama.

Untuk caranya, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, dan pastikan semua benar. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan.

  • Pastikan bank yang akan Anda kunjungi sudah menjalin kerja sama dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, datanglah ke kantor bank tersebut.
  • Pastikan seluruh dokumen yang dibutuhkan sudah siap. Berikut dokumen yang dimaksud:
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan.
  • Fotokopi KTP asli 1 lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga asli 1 lembar.
  • Surat pengalaman kerja asli dan fotokopi 1 lembar dilegalisir dari perusahaan.
  • Buku tabungan asli dan fotokopi 1 lembar.
  • Meterai.
  • Setelah itu, lakukan administrasi pencairan BPJS Ketenagakerjaan melalui customer service bank.
  • Siapkan No. rekening yang Anda miliki untuk transfer uang yang akan dilakukan.
  • Anda akan mendapat notifikasi melalui ponsel ketika dana BPJS Ketenagakerjaan belum juga dikirimkan setelah 14 hari.

Nah, dengan melakukan cara mencair bpjs ketenagakerjaan atau langkah tersebut, maka proses akan lebih mudah dan menghemat waktu. Tapi waktu pencairan tentu memakan beberapa hari, ya. Hal tersebut memang wajar, dan semua cara tidak akan bisa dilakukan secara instan.

Mencairkan Saat Kartu Hilang

Cara mencair bpjs ketenagakerjaan tapi kartu hilang bagaimana? Untuk cara mencair bpjs ketenagakerjaan ini, tentu ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi. Jika kartu BPJS TK / KPJ anda Hilang dan anda tidak mengetahui normornya, maka silahkan anda bawa persyaratan di atas ke kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat, koordinasikan dengan petugas yang ada di kantor BPJS Ketenagakerjaan bahwa kartu BPJS anda hilang dan nomor tidak diketahui.

Petugas BPJS Ketenagakerjaan biasanya akan melakukan penelusuran kepesertaan bpjs tk anda menggunakan biodata anda (NIK KTP) untuk mendapatkan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan anda. Jika nomor kartu sudah ditemukan silahkan anda catat dan jangan sampai salah.

Buat surat kehilangan dari kepolisian

Cara mencair bpjs ketenagakerjaan Selanjutnya anda akan diminta untuk membuat surat kehilangan dari kepolisian setempat, silahkan datang ke kantor polisi sesuai dengan lokasi kartu hilang. Dan untuk melakukan hal tersebut ada beberapa syarat yang harus Anda siapkan sebelum ke kantor kepolisian setempat.

Syarat tersebut wajib untuk Anda miliki dan apabila tidak ada maka tidak akan bisa mendapatkan surat kehilangan. Syarat untuk membuat surat kehilangan dari kepolisian adalah sebagai berikut:

  • Bawa Fotocopy dan asli paklaring/ surat referensi kerja
  • Fotocopy dan asli KTP
  • Nomor kartu bpjs (awas jangan sampai salah mencantumkan)
  • Surat kehilangan biasanya akan mencantumkan biodata lengkap pelapor, jadi pastikan dan lakukan pengecekan sehingga data yang dimasukan benar.

Apabila mengikuti prosedur tersebut, maka walau kartu hilang dan tidak mengetahui nomor kartu maka masih bisa untuk melakukan pencairan dana. Memang apabila kartu hilang akan sedikit lebih ribet karena harus melengkapi beberapa berkas yang tidak mudah. Tapi hal tersebut masih bisa diatasi apabila mengetahui cara mencair bpjs ketenagakerjaan yang benar ini.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *