Cara Mengecek BPJS Ketenagakerjaan 100% Berhasil!

Cara mengecek bpjs ketenagakerjaan

Cara mengecek BPJS Ketenagakerjaan pada dasarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah dan berbagai macam cara. Tapi, banyaknya cara tersebut justru membuat para pemegang kartu BPJS malah bingung. Padahal, dengan banyaknya cara tersebut harusnya semakin mempermudah dan memang itu tujuan pemerintah, mempermudah pemilik kartu BPJS.

Manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan yang aktif sendiri sangatlah banyak, tidak hanya jaminan hari tua saja tapi juga secara langsung diakui oleh pemerintah sebagai pekerja yang aktif.

Sistem Kerja dari BPJS Ketenagakerjaan

Sama dengan cara kerja asuransi kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan juga bekerja atas dasar premi yang harus dibayarkan pekerja atau pemberi kerja yang nantinya dikelola di berbagai investasi. Hasil dari investasi tersebutlah yang akan dikembalikan kepada para peserta BPJS layaknya sebuah tabungan atau investasi jenis lain.

Tidak hanya memiliki program jaminan hari tua saja, tapi juga terdapat program lainnya seperti JKK atau Jaminan Kecelakaan Kerja, JKM atau Jaminan Kematian, Jaminan Pensiun, dan juga Bukan Penerima Upah, semuanya bisa dilihat melalui situs resminya www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Bagi Anda yang sudah memiliki BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mengetahui Cara mengecek bpjs ketenagakerjaan dengan mudah. Semakin lama Anda bekerja, maka secara otomatis saldo BPJS TK juga semakin besar nilainya. Ada beberapa cara mengecek bpjs ketenagakerjaan baik secara online atau cara lain yang tidak kalah mudahnya. Berikut ulasan cara mengecek bpjs ketenagakerjaan lengkapnya. 

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara yang satu ini bisa dilakukan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan selama memiliki koneksi internet, karena memang memanfaatkan website resmi milik BPJS. Untuk mengecek saldo   secara online, langsung saja kunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan. Simak caranya dari koinx.id:

  • Kunjungi situs resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id atau juga bisa langsung ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ 
  • Jangan lupa untuk menyiapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau lebih tepatnya Nomor KPJ Anda
  • Klik Menu Layanan Peserta, dan Pilih Tenaga Kerja,nantinya akan muncul BPJSTKU dan Antrian Online 
  • Untuk cara mengecek bpjs ketenagakerjaan saldo, klik BPJSTKU 
  • Selanjutnya akan muncul halaman Login. 
  • Masukan email dan juga kata sandi Anda. Setelah itu akan muncul berbagai macam menu dan pilih Lihat Saldo.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bagi pengguna baru

Lain lagi untuk pengguna baru yang belum pernah cek saldo BPJS Jamsostek secara online, maka Anda harus membuat akun BPJSTK terlebih dulu. Caranya juga sangat mudah, cukup ikuti semua langkahnya berikut ini.

Baca juga: Ini 4 Usaha Rumahan yang Lagi Trend!

  • Pilih ‘Daftar Pengguna’
  • Isi semua formulir data registrasi mulai Nama, Nomor KTP, dan juga Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KJP)/BPJS TK.
  • Selanjutnya pilih ‘Setuju’ di kolom ketentuan penggunaan layanan. Kalau semua data diri sudah lengkap dan juga benar, klik Daftarkan atau SUBMIT DATA.
  • Tunggu beberapa saat sampai email konfirmasi atau balasan pesan melalui SMS dari untuk aktivasi akun.
  • Jika sudah maka masukkan kode aktivasi tersebut di alamat yang tersedia dan klik tombol kirim, dan kembali cek Inbox email. 
  • Bila sudah aktif, maka bisa langsung melakukan pengecekan saldo Ketenagakerjaan BPJS online dan harus Login lebih dulu menggunakan email dan PIN yang sebelumnya didaftarkan.

Proses selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

  • Apabila sudah berhasil login maka bisa langusng memilih menu Lihat Saldo JHT.
  • Pilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan, dan klik tombol SUBMIT, nantinya jumlah saldo akan muncul di layar.

Tidak hanya mengetahui jumlah saldo saja, tapi dengan cara tersebut Anda sebagai pemilik kartu bisa mendapat berbagai macam informasi lain yang berhubungan dengan ketenagakerjaan dan bisa diakses dengan sangat mudah melalui berbagai macam menu.

via Aplikasi BPJSTKU

Cara mengecek bpjs ketenagakerjaan yang selanjutnya adalah menggunakan aplikasi resmi milik BPJS Ketenagakerjaan. Dengan menggunakan aplikasi ini, pemegang kartu BPJS bisa mengakses berbagai macam informasi dengan lebih mudah dan juga cepat.

Tentu saja karena menggunakan aplikasi maka pengguna harus melakukan download melalui Playstore atau App Store dan kemudian melakukan registrasi sesuai nomor kartu yang terdaftar. Seperti apa langkah lengkapnya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

  • Download aplikasi BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTKU) di Play Store atau App Store.
  • Klik “Pendaftaran Pengguna Baru”.
  • Selanjutnya, pilih jenis kepesertaan Anda. Ada 3 pilihan yaitu Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU), dan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Sebagai contoh, jika Anda berprofesi sebagai karyawan swasta pilihlah PU.
  • Lengkapi data diri yang diminta sesuai dengan data KTP Anda.
  • Isi nomor KPJ (nomor kepesertaan yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan Anda).
  • Setelah itu, masukkan alamat email yang akan digunakan sebagai username login kedepannya.
  • Buka email Anda dan masukkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan ke aplikasi tersebut.
  • Untuk tahap selanjutnya, isi nomor handphone Anda.
  • Masukkan kembali kode verifikasi yang sudah dikirimkan melalui SMS.
  • Buat password/kata sandi yang akan digunakan untuk login selanjutnya.

Setelah semua langkah selesai maka pendafara berhasil dilakukan dan bisa langsung menggunakan aplikasi BPJSTKU. Cukup klik “Lihat Saldo” untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan terbaru. Walau harus melakukan pendaftara cara ini akan mempermudah pengguna ketika sewaktu waktu ingin melihat jumlah saldo yang dimiliki.

Semua langkah harus dilalui untuk menikmati semua fitur sepenuhnya dan pastinya harus memiliki kuota internet untuk menggunakan aplikasi ini.

Cara Cek Saldo BPJS Via SMS

Cara mengecek bpjs ketenagakerjaan yang selanjutnya adalah melalui SMS dan akan menjadi cara yang paling banyak disukai para pekerja karena semua ponsel bisa menggunakan cara ini tampa tambahan aplikasi.

Dengan cara ini, pekerja tidak perlu repot antre mendatangi Kantor BPJS Ketenagakerjaan dan tidak perlu membeli perangkat komputer atau smartphone. Caranya cukup mudah dengan mengirimkan SMS ke Nomor SMS Center BPJS Ketenagakerjaan kemudian Anda akan mendapatkan balasan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Sebelumnya, peserta harus melakukan registrasi terlebih dahulu agar dapat melakukan cek saldo maupun status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS.

Format SMS cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan: 

  • Ketik pada layar HP: DAFTAR(spasi)SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor peserta, kemudian kirim SMS  ke 2757  

Perhatikan format tanggal lahir (dd-mm-yy). Misalnya, 3 Februari tahun 1989 berarti ketik 03-02-1989.

Jika Nomor Peserta sudah didapatkan, maka Anda bisa langsung dapat melakukan cek saldo JHT dengan cara membalas SMS tersebut menggunakan format sebagai berikut: ketik SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kemudian kirim ke 2757.

Contoh: SALDO 987654321 kirim ke 2757. Kemudian Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi saldo JHT Anda. Tapi, kendala dari Cara mengecek bpjs ketenagakerjaan ini adalah hanya bisa dilakukan oleh operator Telkomsel, XL, dan Indosat saja. Selain operator tersebut tidak akan bisa menggunakan cara ini.

Baca juga: 2 Cara Mencair BPJS Ketenagakerjaan Terbaru Dan Mudah!

Cara Mengecek Tagihan BPJS Kesehatan Di HP Terbaru!

Aplikasi Mobile JKN

Cara mengecek tagihan bpjs kesehatan atau cara mengecek bpjs ketenagakerjaan ada banyak sekali, termasuk salah satunya adalah menggunakan bantuan aplikasi. Selain menggunakan cara melalui website, untuk bisa mengetahui tagihan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan juga juga bisa melalui aplikasi Mobile JKN.

Aplikasi ini bisa dimiliki oleh siapa saja, baik itu pengguna Android maupun iPhone. Untuk lebih jelasnya, Ikuti setiap langkah-langkahnya berikut ini:

  • Install aplikasi Mobile JKN dari ponsel, baik lewat Google Play Store ataupun App Store.
  • Kemudian buka aplikasi dan registrasi terlebih dulu untuk memiliki akun baru.
  • Log in dengan akun JKN yang telah dimiliki.
  • Klik menu Tagihan, lalu pilih Premi.
  • Masukkan nomor kartu BPJS Kesehatan dan nantinya informasi pembayaran tagihan akan tertera di layar ponsel.

Via ATM

Cara mengecek tagihan bpjs kesehatan atau cara mengecek bpjs ketenagakerjaan yang satu ini jarang sekali disadari oleh banyak orang. Padaha, hampir setiap orang menggunakan mesin ATM untuk beberapa keperluan lain. Biasanya di sekitar kawasan pusat perbelanjaan tersedia mesin ATM. Nah, Anda bisa memanfaatkannya untuk cek jumlah tagihan BPJS Kesehatan.

Tak hanya mengetahui jumlah tagihan saja, mesin ATM juga punya fitur atau layanan untuk membayar iuran BPJS. Hal ini tentu tidak mengherankan mengingat BPJS adalah perusahaan milik pemerintah atau BUMN jadi sudah pasti mendapatkan dukungan istimewa dari pihak pemerintah itu sendiri.

Adapun langkah-langkah cek jumlah tagihan BPJS di mesin ATM antara lain:

  • Masukkan kartu ATM ke dalam mesin dan ketik PIN sebanyak 6 digit.
  • Pilih menu “Transaksi Lain”, kemudian klik menu “Pembayaran” dan pilih “Lainnya”.
  • Lalu pilih “BPJS” dan klik menu “BPJS Kesehatan”.
  • Masukkan nomor peserta BPJS Kesehatan atau nomor virtual account yang diberikan saat melakukan registrasi akun.
  • Pilih menu “Benar” dan lakukan konfirmasi pembayaran jika besaran iuran yang tertera pada mesin ATM benar dengan pilih menu “Ya”.
  • Sebagai tambahan informasi, hanya pengguna ATM BRI, BNI, Mandiri, dan BCA sajalah yang bisa melakukan cek jumlah tagihan dan pembayaran BPJS Kesehatan.

Dengan memanfaatkan mesin ATM, sekarang Anda bisa dengan mudah mengetahui tagihan BPJS kapan saja dan di mana saja. Selain itu, tidak hanya mengetahui jumlah tagihan tapi juga melakukan pembayaran langsung saat itu juga. Hal tersebut bagi sebagian orang dinilai lebih praktis, khususnya pengguna kartu ATM tertentu yang tersebar hampir di banyak tempat.

LinkAja

Cara mengecek tagihan bpjs kesehatan atau cara mengecek bpjs ketenagakerjaan yang ini akan melibatkan bantuan dari pihak lain, Anda bisa cek tagihan BPJS Kesehatan online setiap bulannya melalui aplikasi LinkAja. Dengan menggunakan aplikasi tersebut Anda juga bisa langsung melakukan pembayar iuran BPJS Kesehatan secara langsung. Lebih jelas bisa mengikuti langkahnya berikut ini.

  • Download terlebih dahulu aplikasi LinkAja di App Store dan Play Store. Kemudian daftarkan diri dengan mengisi data diri yang diperlukan sesuai petunjuk aplikasi LinkAja
  • Jika sudah berhasil terdaftar, di halaman utama pilih menu lainnya
  • Klik menu Beli/Bayar Tagihan, lalu pilih Asuransi
  • Pilih BPJS Kesehatan
  • Kemudian input ID Pelanggan LinkAja dan nomor peserta BPJS Kesehatan kamu
  • Bila nomor yang dimasukkan sudah benar, maka Anda bisa melihat data nama, nomor BPJS Kesehatan, biaya admin, jumlah tagihan, dan jumlah keseluruhan total pembayaran

Walau bukan milik dari BPJS, tapi aplikasi tersebut bisa membantu siapa saja dalam melakukan pembaran iuran atau sekedar cek tagihan BPJS kesehatan dengan lebih mudah.

Cara mengecek bpjs ketenagakerjaan ada banyak sekali, dan bisa disesuaikan dengan pengguna ingin seperti apa. Semua cara memang harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dan langkah tersebut adalah poin yang tidak bisa dilewati apabila ingin mengetahui jumlah saldo BPJS yang dimiliki. Selain itu, beberapa layanan bisa digunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya untuk mengetahui jumlah saldo.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

2 Comments to “Cara Mengecek BPJS Ketenagakerjaan 100% Berhasil!”

  1. Blognya bagus, apakah gambarnya bikin sndiri juga? Ini pake theme apa? WordPress atau blogger? Tampilannya fresh bgt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *