3 Cara Mengetahui WA Disadap Dan Cara Atasinya!

3 Cara Mengetahui WA Disadap Dan Cara Atasinya!

WhatsApp merupakan aplikasi surat menyurat atau perpesanan yang menjadi media perpesanan yang paling banyak dipakai oleh para pengguna smartphone di dunia. Dan bahkan di Play Store saja, aplikasi WhatsApp ini juga sudah diunduh diatas lima miliar pengguna, nah karena banyak nya pengguna apakah cara mengetahui wa disadap bisa kita ketahui? Bisa!

Meskipun aplikasi WhatsApp ini merupakan layanan pesan instan yang sudah terenkripsi dengan aman. Namun, bukan berarti aplikasi WhatsApp ini bebas dari penyadapan lho. Dan pada disaat akun WA anda disadap, para peretas juga dapat mengetahui dan memantau aktivitas Anda di aplikasi WhatsApp ini, seperti mengawasi pesan pribadi, pola tidur, isi kontak, dan masih banyak lagi. Nah, berikut, cara mengetahui wa disadap ataupun ciri ciri WA disadap orang dari koinx.id:

Cara Mengetahui WA Disadap / Di Hack

Keluar Akun WhatsApp Tiba-tiba

Yang pertama dari cara mengetahui WA disadap yaitu aplikasi WhatsApp anda tidak dapat digunakan pada dua handphone secara bersamaan. Dan jika nomor yang sama sama digunakan pada perangkat lain, maka akun WhatsApp anda akan keluar secara otomatis, mengingat akun Whatsapp hanya bisa digunakan di 1 device saja.

Namun, apabila nomor yang anda gunakan sama didaftarkan pada perangkat lain, maka akan muncul peringatan pada ponsel anda, sebagai berikut:

Eits, baca juga: 2 Cara Mendaftarkan Kartu Telkomsel Yang Mudah!

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk masuk kembali ke akun Anda.”

Dan jika anda mendapatkan notifikasi diatas itu dan sementara anda tidak merasa memasukkan nomor Whatsapp yang sama ke perangkat lain, maka jangan tekan Oke. Dan sebaliknya, maka anda harus tekan verifikasi agar akun Whatsapp anda tidak berpindah ke ponsel lain. Namun, jika pemindahan memang dilakukan oleh anda sendiri, maka tentu saja mesti memilih Oke agar akun WA anda bisa digunakan di perangkat yang berbeda.

Mendapat Kiriman OTP

Cara mengetahui wa disadap yang kedua yaitu jika anda mendapat kan aplikasi WA anda keluar dengan sendirinya dan anda juga mendapat kiriman kode OTP melalui SMS maupun telepon, maka sangat dianjurkan untuk tidak menyerahkan kode enam digit tersebut kepada siapapun yang menanyakan nya.

Dan apabila anda secara tiba-tiba menerima kode OTP dan keluar dari aplikasi WA tersebut dengan sendirinya, maka ada kemungkinan nomor WhatsApp anda sedang dikloning orang lain. Tetapi, untuk melakukan kloning nomor pelaku harus memiliki akses terhadap kartu SIM korban.

Dan pengirim kode OTP ini juga bisa saja pura-pura mengaku sebagai teman korban dan meminta mengirimkan kode itu dikarenakan mereka sulit untuk masuk ke akun Whatsapp anda. Ini merupakan salah satu jebakan dan kemungkinan ada berbagai jebakan lain yang pada intinya mereka para pelaku penyadap meminta enam kode tersebut.

Pesan Telah Terbaca

Cara mengetahui wa disadap yaitu pesan pesan yang anda merasa belum baca tapi sudah terbaca. Itu merupakan salah satu ciri ciri ketika akun WhatsApp anda disalin ke aplikasi kloning WhatsApp menggunakan kode QR yang biasanya digunakan pada WhatsApp Web.

Dan tanda-tanda akun WhatsApp anda dikloning menggunakan aplikasi seperti ini adalah jika anda pernah menemukan tanda bahwa pesan sudah terbaca padahal belum pernah anda buka.

Lihat Riwayat SMS, Apakah Banyak SMS Kode OTP?

Yang pertama, cobalah melihat riwayat SMS atau pesan singkat di ponsel Anda. Apakah ada banyak SMS OTP yang masuk? Pastikan bahwa OTP yang masuk bukanlah berasal dari Anda yang ingin masuk ke Whatsapp.

Dengan adanya OTP tersebut mengindikasikan ada orang di luar sana yang memasukkan nomor telepon Anda untuk masuk. Hal ini sangat membahayakan, jangan pernah membagikan kode OTP kepada siapa saja.

Tiba-tiba Keluar dari Akun WhatsApp Anda

Cara mengetahui WA disadap yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan aktivitas WA. Biasanya Whatsapp Anda akan keluar dengan sendirinya. Biasanya untuk kasus ini, Whatsapp akan memberikan pemberitahuan dan konfirmasi.

Ya, Whatsapp akan memberitahu bahwa nomor Ada sudah tidak terdaftar karena digunakan di ponsel lain. Kemudian Whatsapp juga memberikan statement bahwa jika Anda tidak merasa melakukannya maka akan masuk kembali ke akun sebelumnya.

Oleh karena itu, pada pemberitahuan jangan tekan ok untuk menyetujui tindakan penggantian perangkat tersebut. Selanjutnya tingkatkan keamanan kembali dengan mengaktifkan autentikasi 2 faktor.

Lihatlah Status Terbaca Pada Whatsapp, Jika Anda Tidak Melakukan Seharusnya Pesan Masih Memiliki Tanda Angka

Kemudian, lihat pada status terbaca pada pesan-pesan Anda. Apakah pesan-pesan yang menurut Anda belum terbaca kemudian sudah ada notifikasi terbaca? Jika iya Anda harus curiga bahwa ada yang membuka WA Anda melalui Whatsapp Web ini merupakan salah satu cara mengetahui wa disadap paling sering kita jumpai.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukannya dengan cara seperti ini:

  1. Pertama, masuk ke aplikasi Whatsapp
  2. Kemudian klik tombol pilihan dengan ion tiga titik ke bawah di bagian kanan atas layar
  3. Lalu, klik WhatsApp web
  4. Lihat apakah ada perangkat yang masih aktif membuka akun Anda di sana
  5. Klik pada web yang membuka tersebut
  6. Kemudian, klik log out
  7. Jika ada lebih dari 1 perangkat maka Anda bisa melakukan hal yang sama seperti di atas.

Munculnya Berbagai Pesan Baru yang Dikirimkan Orang Lain Padahal Anda Tidak Melakukannya

Cara melihat bahwa nomor WA Anda disadap yang terakhir adalah dengan melihat apakah ada aktivitas pengiriman pesan kepada orang lain padahal Anda tidak melakukannya? Jika iya maka itu sudah dipastikan adanya penyadapan.

Lakukan cara seperti poin ketiga untuk memastikan adanya penyadapan melalui Whatsapp Web. Jika sudah berhasil diatasi sebaiknya Anda melakukan autentikasi dua faktor untuk keamanan yang lebih baik.

Itulah beberapa cara mengetahui WA disadap dengan mudah dan cepat. Untuk mencegahnya Anda bisa menggunakan verifikasi dua faktor, menggunakan pemindai sidik jari atau retina. Anda juga busa melakukan log out WhatsApp web di mana pun Anda membukanya. Jaga HP Anda dari jangkauan orang lain karena itu adalah tindakan merusak privasi penggunanya.

Nah, setelah kita mebahas cara mengetahui wa disadap tidak lengkap juga jika kita tidak memberikan cara antisipasi agar WA tidak disadap nya, berikut cara nya:

Eits, baca juga: Cara Mengecek Kuota Indosat Ooredoo, Im3 Mudah!

Cara agar WhatsApp Tidak Disadap

Logout WhatsApp Web

Nah cara yang pertama agar WA anda tidak dapat disadap yaitu dengan me logout WA web anda hal ini agar menghindari penyadapan WhatsApp melalui aplikasi yang meniru WhatsApp Web, dan anda bisa mengecek perangkat apa saja yang menggunakan akun anda lewat WhatsApp Web. Berikut cara nya:

  • Klik opsi titik tiga di kanan atas
  • Klik WhatsApp Web
  • Muncul daftar perangkat yang login dengan akun Anda
  • Pilih logout dari semua perangkat

Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Cara selanjut nya agar WA anda tidak dapat disadap yaitu dengan menggunakan verifikasi dua faktor, ini sangat penting dilakukan karena jika anda suda mengaktifkan nya maka untuk menyadap memerlukan kode yang dimana akan mengirimkan kode enam angka tiap pengguna masuk dengan nomor Whatsapp terdaftar ke perangkat baru.

Nah, kode 6 angka ini berbeda dengan OTP. Cara ini dapat digunakan agar orang tak bisa masuk begitu saja ke akun Whatsapp anda dan membajak lewat kode QR. Berikut cara nya:

Jangan lewatkan informasi menarik Cara Menyadap WA Tanpa Brandcode 100% Berhasil!

  • Klik opsi titik tiga di kanan atas
  • Setting > Account > Two Step Verification
  • Klik Enable

Nah, itulah tadi merupakan cara mengetahui wa disadap dan juga cara mengatasi nya agar wa anda tidak dapat disadap, dan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda, dan tentunya berhati hati lah dalam berselancar di Internet. Sekian informasi cara mengetahui wa disadap nya dan jangan lupa untuk tekan tombol share dan komen nya ya!

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *