Cara Budidaya Dan Jual Ikan Cupang Blue Rim

Cara Budidaya Dan Jual Ikan Cupang Blue Rim

Siapa yang tak kenal dengan ikan cupang blue rim. Ikan cupang yang satu ini sangat tenar namanya karena memiliki warna yang sangat unik dan harganya sangat mahal. Untuk itu banyak orang yang mencari cara budidaya ikan cupang blue rim untuk menghasilkan keuntungan yang luar biasa.

Cara Budidaya Ikan Cupang Blue Rim yang Benar dan Cara Jualnya!

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai cara budidaya ikan cupang blue rim yang satu ini. Umumnya setiap ikan cupang memiliki cara budidaya yang tidak jauh berbeda. Penasaran bagaimana? Simak penjelasannya di bawah ini:

Cari Indukan Ikan Cupang yang Sehat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari indukan yang sehat. Untuk mendapatkan anakan blue rim, Anda bisa memilih indukan blue  rim  pula. Biasanya para penjual ikan cupang sudah menyediakan sepasang ikan yang bisa Anda ternakan sendiri.

Eits, baca juga: Panduan dan Cara Budidaya Ikan Koi untuk Pemula

Ikan cupang betina umunya memiliki sirip yang tidak panjang dan memiliki perut yang agak buncit. Sedangkan untuk indukan jantan biasanya memiliki sirip yang cukup panjang dan lebar. Carilah indukan blue rim yang tepat agar menghasilkan anakan blue rim yang memesona juga.

Carilah indukan yang memiliki warna cemerlang dan memiliki warna biru di bagian siripnya saja. Lalu, pastikan tidak ada bercak seperti jamur pada tubuh ikan. Dan pastikan ikan memiliki gerakan yang lincah .

Siapkan akuarium dan Tanaman Air

Kemudian, siapkan akuarium atau wadah yang tepat untuk ikan cupang dan buatkan tanaman air untuk anak-anaknya nanti. Sebaiknya, siapkan akuarium yang cukup luas agar pergerakan ikan tidak terbatas dan ikan pun bisa nyaman. Siapkan akuarium di tempat yang sunyi dan tenang.

Masukkan Indukan Jantan kemudian Betina

Berikutnya, Anda bisa langsung memasukkan indukan jantan ke dalam akuarium terlebih dahulu. Biarkan ia bermain-main selama kurang lebih 1 hari. Kemudian, Anda bisa memasukkan indukan betina pada pagi harinya.

Biarkan mereka berdua melakukan perkawinan. Nantinya induk betina akan mengeluarkan telur-telurnya. Ikan cupang jantan akan mengambilnya dan membawanya ke permukaan air. Telur-telur ikan tersebut akan dijaga oleh pejantan dengan baik.

Pisahkan Indukan Betina dan Biarkan Ikan Jantan Menjaga Telur

Setelah proses perkawinan selesai, Anda bisa langsung memisahkan indukan betina. Hal ini harus dilakukan karena indukan betina bisa memakan telur-telurnya sendiri. Biarkan akuarium dan telur-telur mereka dijaga oleh indukan jantan.

Beri Makanan Berupa Kutu Air

Jika telur-telur ikan tersebut sudah mulai menetas. Nah, ikan-ikan yang berukuran kecil ini juga membutuhkan makanan. Anda bisa memberikan mereka kutu air yang ukurannya kecil dan tidak terlalu banyak. Ya, ukurannya yang kecil membuat perutnya hanya bisa menampung makanan sedikit saja.

Eits, baca juga Ini Cara Budidaya Kutu Air, Agar Untung Maksimal!

Ambillah Ikan Cupang Jantan

Setelah berjalan hingga 2 minggu, tugas indukan jantan sudah selesai. Oleh karena itu, Anda bisa mengangkat indukan jantan dan memisahkan mereka. Anda pun juga harus memindahkan anak-anak cupang ini ke tempat yang lebih luas. Berikan makanan berupa kufu air atau jentik-jentik nyamuk.

Ikan Cupang Blue Rim Siap Dipasarkan

Setelah dewasa, pilihlah ikan cupang mana yang menghasilkan warna biru yang indah di siripnya. Pilah mana yang jantan dan betina. Pasarkan dan Anda bisa membuat mereka sebagai indukan kembali.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai cara budidaya ikan cupang blue rim. Dengan cara ini semoga Anda bisa menjadi pengusaha sukses di bidang ikan hias. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar karena harganya sangat mahal. Dan Koinx.id juga menjual ikan cupang blue rim ini lho, berikut daftar harga jual ikan cupang blue rim nya:

Harga Ikan Cupang Blue Rim Ori ThailandRp. 150.000
Harga ikan cupang blue rim bicolor clean body ori thailandRp. 4.000.000
Harga Anakan Ikan Cupang Blue Rim Ori ThailandRp. 70.000
Harga Jual Ikan Cupang Blue Rim

Cara Merawat Ikan Cupang Blue Rim

Untuk merawat ikan cupang blue rim ini cukuplah mudah, anda hanya cukup menyediakan makanan pelet, cacing beku, atau cacing sutra, lalu dengan mengganti air nya secara berkala dari 1 minggu 2 kali. Namun ada juga cara merawat ikan cupang yang lebih rumit, yaitu dengan memberi makan kutu air,atau jentik, dan blood worm secara teratur dari 1 hari 2 kali, kemudian anda wajib mengganti air 1 minggu 2 kali. Dan tentunya jangan lupa untuk meletakkan daun ketapang atau obat biru ke air, dan kontrok kadar pH-nya.

Ikan cupang Avatar adalah hasil persilangan dari jenis ikan cupang black mamba dan ikan cupang koi (koi Galaxy). Ikan ini memiliki tampilan yang sangat cantik sehingga banyak dibudidayakan. Berikut ini cara ternak ikan cupang Avatar yang bisa kamu ikuti.

Cara Ternak Ikan Cupang Avatar Agar Berhasil

Ikan cupang jenis Avatar memiliki ciri sisik berwarna hitam dengan totol-totol warna biru. avatar. Jenis ikan cupang Avatar dengan totol-totol warna biru ini adalah jenis paling pertama ikan cupang

Saat ini telah banyak dilakukan persilangan ikan cupang Avatar dengan jenis lain. Muncul jenis ikan cupang Avatar baru seperti ikan cupang Avatar dengan ciri warna hitam sama merah dengan total atau biru. Ada pula ikan cupang Avatar Gordon dengan kombinasi warna hitam dan biru serta ikan cupang Avatar gold dengan ciri fisik berwarna hitam dan kuning emas.

Cara ternak ikan cupang Avatar sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Kamu bisa meniru cara dan teknik dibawah ini agar ternak cupang yang kamu lakukan berhasil.

Siapkan indukan ikan cupang yang berkualitas

Pertama kamu perlu menyiapkan indukan ikan cupang yang memiliki kualitas bagus. Indukan ikan cupang kualitas bagus dapat menghasilkan anak dengan kualitas bagus pula.

Kamu bisa memilih menghasilkan indukan ikan cupang Avatar sendiri atau membeli indukan cupang di pasar. Jika kamu lebih memilih menghasilkan indukan maka, cari sepasang ikan cupang black mamba dan ikan cupang koi galaxy lalu kawinkan.

Kalau nggak mau ribet kamu bisa langsung membeli indukan ikan cupang Avatar. Pilih ikan cupang Avatar betina yang sudah berusia 3 sampai 4 bulan. Sedangkan untuk ikan cupang Avatar jantan kamu bisa beli yang sudah berusia 4 sampai 8 bulan.

Melakukan pembuahan ikan cupang Avatar

Cara ternak ikan cupang Avatar berikutnya yaitu melakukan proses pembuahan. Yang perlu kamu ingat adalah proses pembuahan tidak bisa dilakukan secara tiba-tiba. Oleh karena itu siapkan 3 wadah, masing-masing wadah untuk ikan cupang betina, ikan cupang jantan, dan untuk pembuahan kedua ikan.

Tempatkan wadah ikan cupang betina dan ikan cupang jantan secara berdekatan untuk merangsang ketertarikan antar ikan cupang. Setelah melihat interaksi antar keduanya kamu bisa memasukkan ikan jantan terlebih dahulu ke dalam wadah pembuahan.

Eits, baca juga: 4 Cara Ternak Ikan Cupang Nemo Lengkap!

Jangan masukkan ikan betina sebelum ikan jantan mengeluarkan gelembung. Gelembung inilah yang akan digunakan untuk melindungi telur hasil pembuahan. saat sudah terlihat gelembung yang dikeluarkan dari ikan cupang jantan kamu bisa langsung masukkan ikan cupang betina pada wadah pembuahan.

Menutup wadah pembuahan dengan kain/kardus

Pembuahan ikan cupang biasanya terjadi saat pagi atau sore hari. Selama menunggu proses pembuahan tutuplah wadah dengan kain atau kardus. Menutup wadah wajib kamu lakukan karena ikan cupang betina tidak bisa melakukan pembuahan.

Setelah proses pembuahan selesai, segera ambil indukan betina dari dalam wadah karena indukan betina memiliki kebiasaan memakan telurnya sendiri. saat induk betina tidak ada induk jantan lah yang akan melindungi telur dengan gelembung yang telah dibuat sebelumnya.

Beri makan telur setalah berusia lebih dari 3 hari

Sebelum hari ketiga kamu tidak perlu memberikan makan pada telur hasil pembuahan. Baru setelah 3 hari saat telur berubah menjadi burayak kamu bisa memberi makan dengan kutu air. Jangan memberikan pakan melebihi banyaknya burayak karena bisa membuat air dalam wadah menjadi kotor dan burayak mati.

Setelah berusia 2 minggu pisahkan induk jantan ke dalam wadah lain. Ketika berusia 1,5 bulan kamu sudah bisa melihat burayak berkembang. Di Usia ini kamu sudah bisa menjual ikan cupang Avatar dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *