3 Cara Ternak Ayam Petelur yang Harus Kamu Ketahui!

Cara Ternak Ayam Petelur yang Harus Kamu Ketahui!

Bingung ingin usaha apa di masa pandemi kali ini? Ternak ayam petelur bisa menjadi pilihan untuk kamu yang punya modal cukup besar. Ya, permintaan telur di pasaran masih sangat tinggi karena awet dan tentunya sangat bergizi. Namun, untuk memulainya kamu harus tahu bagaimana cara ternak ayam petelur yang baik dan benar.

Cara Ternak Ayam Petelur Rumahan

Kali ini akan kita bahas mengenai cara ternak ayam petelur yang dibagi menjadi 3 poin agar mudah dipahami. Inilah dia penjelasan yang lebih lengkap cara ternak ayam petelur dari tim koinx.id:

Mengenal Jenis-jenis Ayam Petelur yang Bisa Kamu Gunakan untuk Bisnis

Pertama-tama, kamu harus mengenal ayam petelur terlebih dahulu. Ayam petelur ini bisa berasal dari ayam kampung atau menggunakan ayam petelur biasa. Ayam kampung menghasilkan telur yang lebih kecil dan cangkangnya berwarna putih.

Eits, baca juga: 4 Cara Menanam Bawang Merah Di Rumah!

Peternak ayam kampung sebagai ayam petelur ini belum banyak sehingga peluangnya cukup besar. Mengingat permintaan telur ayam kampung juga semakin meningkat karena nutrisinya  yang banyak dan rasanya yang enak. Tapi, harganya juga lebih mahal.

Namun, jika kamu ingin beternak ayam petelur biasa pun juga tak masalah. Permintaan di pasaran masih sangat tinggi sehingga peluangnya juga sangat besar. Apalagi jika kamu punya relasi yang cukup besar dalam penjualan ini.

Siapkan Tempat yang Menguntungkan dan Tidak Mengganggu Masyarakat Sekitar

Selain mengenal jenis ayam petelur, kamu juga harus mempertimbangkan tempatnya. Kotoran ayam dikenal sangat bau apalagi jika makanannya bukan makanan organik. Oleh karena itu, pilihlah tempat yang jauh dari pemukiman warga agar baunya tidak mengganggu masyarakat.

Tapi, jangan lupa juga untuk memilih tempat yang aman karena ayam atau telur bisa dicuri oleh orang yang tak bertanggungjawab. Oleh karena itu, kamu harus membuat kandang yang seaman mungkin.

Kemudian, kandang juga harus dibuat efisien. Buatlah kandang yang agak landai di depannya. Sehingga, saat ayam bertelur maka telurnya bisa menggelinding ke depan dan bisa kamu ambil dengan mudah.

Cara Perawatan Ayam Petelur untuk Ternak

Berbicara mengenai perawatannya, cara ternak ayam petelur ini memang susah-susah gampang. Misalnya saja untuk pakan. Pakan yang berkualitas baik maka akan menghasilkan telur yang baik juga dari segi kualitas. Harganya lebih mahal dan tentunya lebih sehat dikonsumsi oleh masyarakat.

Oleh karena itu, kamu harus memberikan pakan secara teratur dengan kandungan karbohidrat protein, vitamin, kalsium dan mineral lainnya. Untuk pakan yang sering digunakan adalah campuran dari konsentrat, dedak, dan juga jagung.

Eits, baca juga: Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar Yang Benar!

Selain pakan, kamu juga harus memperhatikan kebersihan ayam dan juga kandang. Dengan kandang yang bersih maka ayam juga akan lebih sehat dan terlindungi dari berbagai penyakit.

Jangan sampai malas membersihkan kandang karena bisa jadi ayam kamu mengalami jamuran, lemas, dan lain sebagainya. Selain menyebabkan jamuran, ternyata kandang yang kotor juga bisa menyebabkan ayam stres dan enggan menghasilkan telur yang berkualitas.

Selain itu, para peternak yang sudah pengalaman biasanya akan memberikan suntikan vitamin dan juga vaksin secara berkala. Tentunya hal ini untuk tetap menjaga ayam agar tetap sehat dan menghasilkan telur yang berkualitas.

Pemeliharaan ayam petelur secara umum ialah pemeliharaan ayam yang bertujuan menghasilkan telur. Memelihara ayam petelur yang isinya ayam betina dewasa bisa menghasilkan telur dengan jumlah cukup besar.

Meski terdengar mudah serta mempunyai potensi peluang yang bagus untuk menjalankan usaha, tentunya kamu harus mengetahui lebih dulu cara menjalankan bisnis yang satu ini..

Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil

Perawatan

Pakan adalah hal yang begitu penting untuk cara ternak ayam petelur supaya mendapat hasil produksi yang optimal. Memberikan makan yang berkualitas adalah salah satu cara merawat ayam petelur. Kamu bisa memberi pakan yang memiliki kandungan gizi, mineral, karbohidrat, vitamin, dan kalsium demi memenuhi keperluan nutrisinya.

Jenis makanan lainnya yang perlu diberikan ialah dedak, konsentrat, serta jagung giling. Cara merawat ayam petelur biasanya diberikan sebanyak 2 kali dalam sehari, dilakukan tiap pagi serta sore hari ditambah dengan takaran yang bagus, tidak boleh kurang ataupun lebih.

Bila memberikan pakan tersebut kurang, yang nantinya bakal berdampak dalam hasil produksi. Begitu pula jika pemberian makanan terlalu banyak maka dana yang bakal dikeluarkan juga akan bertambah banyak. Dampak lainnya yang diperoleh yakni membuat ayam terlalu gemuk lantaran ada penumpukan lemak dan produksi telur bakal menurun.

Hal lainnya yang bisa dilakukan merawat ayam petelur yakni menyediakan setidaknya 1 galon air buat 3 hingga 4 ayam. Semakin banyak yang dimiliki maka bakal semakin banyak juga air yang diperlukan untuk memenuhi nutrisi ayam. Pastikan air tersebut selalu bersih dan segar, pastikan juga selalu mengisi wadah air serta membersihkannya.

Jenis

Hal berikutnya yang harus diperhatikan ialah memilih ayam peternak unggul guna dibudidayakan. Hal seperti ini wajib mempertimbangkan sejumlah hal, diantaranya ialah produksi telur haruslah tinggi, kualitas telur harus bagus, ayam dari bibit yang keunggulannya sudah terbukti, dan ayam petelur yang dipilih haruslah berusia dewasa, yakni 18 hingga 20 minggu.

Jenis ayam petelur yang terkenal di Indonesia terdapat 2 jenis, yakni ayam ras petelur putih dan memiliki ciri-ciri bulu berwarna putih, kemudian telur putih kecoklatan, berat badan ayam sekitar 1,7kg.

Selanjutnya ayam ras petelur coklat memiliki bulu berwarna coklat, telur berwarna coklat, berat badan sekitar 2kg. Ayam ras ini memang lebih besar ketimbang dengan ayam putih. Meski begitu, kedua jenis ayam ini memiliki kandungan gizi yang sama pada telur yang dihasilkan dengan cara ternak ayam petelur ini.

Persiapkan Kandang dan Tempat

Upayakan supaya tempat kandang yang dipilih terletak dari pemukiman masyarakat supaya tak timbul bau kotoran dan mencegah keributan yang disebabkan oleh ayam. Selain itu juga, tempat yang tak terlalu ramai pun ikut mencegah peluang ayam menjadi stres.

Tapi, harus diperhatikan juga jika tempat budidaya ayam ini dapat dijangkau dengan mudah oleh transportasi, terutama motor supaya proses pemeliharaan dan pengawasan berjalan dengan mudah dan tentunya cara ternak ayam petelur ini dapat memudahkan anda dalam budidaya ayam kampung atau horen.

Nah, penjelasan mengenai cara ternak ayam petelur di atas sangat mudah dipahami bukan? Namun, untuk bisnis ini kamu juga tidak boleh lengah karena bisnis tidaklah hal yang mudah. Cari relasi yang tinggi dan hitung betul-betul mengenai modal dan keuntungannya.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *