Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Dan Berhasil 100%!

cara mengembalikan chat wa yang terhapus

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus bisa Anda lakukan menggunakan beberapa cara dan pastinya terbukti berhasil. Terkadang, beberapa pengguna WA tidak sengaja menghapus beberapa chat, padahal itu adalah chat penting.

Tenang, hal tersebut bisa Anda atasi dengan muda, kok. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih dan sesuaikan saja. Padahal, WhatApps sendiri menyediakan beberapa fitur, termasuk salah satunya adalah fitur backup yang akan mengamankan berbagai jenis pesan.

Tapi, sayangnya hanya sedikit sekali orang yang memanfaatkan berbagai macam fitur tersebut dengan maksimal. Padahal, apabila dimanfaatkan akan menghindari pengguna dari kehilangan pesan penting. Nah, karena menjadi hal yang cukup penting, maka wajib sekali bagi pengguna WA untuk mengetahui cara mengembalikan chat wa yang terhapus.

Berikut ini ada beberapa metode, dan pastikan mengikuti setiap langkahnya agar chat bisa kembali dengan utuh, ya. Berikut ulasan lengkapnya cara mengembalikan chat wa yang terhapus dari koinx.id.

Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Secara Permanen

Via Backup Chat WA

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus pertama dan sudah pasti dilakukan adalah menggunakan sistem backup. Sadar atau tidak, aplikasi WA memiliki fitur backup pesan, bisa dilakukan secara otomatis dengan berbagai jaringan internet, atau bisa juga menunggu koneksi Wifi.

Dengan fitur ini, pesan yang ada di aplikasi WA akan “diamankan” dan apabila suatu saat ingin dikembalikan, bisa langsung kembali. Tujuan utama dari fitur ini memang hal tersebut, sesuai dengan namanya.

Tapi, fitur ini hanya akan berlaku untuk para pengguna yang sebelumnya sudah mengaktifkan fitur backup di aplikasi WA. Apabila sebelumnya tidak diaktifkan, maka tidak akan bisa menggunakan fitur ini. Jadi, sampai sini sudah paham, kan dengan cara mengembalikan chat wa yang terhapus satu ini?

Baca juga informasi lain nya Cara Menyadap WA Tanpa Brandcode 100% Berhasil!

Untuk pengguna Android, chat akan diamankan di Google Drive, Anda dapat berganti dari ponsel Android ke ponsel Android lainnya, dan Anda dapat membuat pesan dan media mengikuti Anda ke mana pun Anda pergi. Ini juga sedikit asuransi tambahan jika WhatsApp tiba-tiba mengalami kerusakan suatu hari, dan Anda akhirnya sangat terpaksa harus menghapus dan menginstalnya kembali. Setelahnya, cara mengembalikan chat WhatsApp (WA) yang terhapus lama bisa berguna bagi Anda.

  • Buka aplikasi WhatsApp dari layar beranda atau laci aplikasi ponsel Android Anda.
  • Pilih ikon menu yang ada pada kanan atas layar. Ikon menu Ini berupa tiga titik vertikal.
  • Pilih Settings.
  • Kemudian pilih Chats.
  • Selanjutnya pilih Chat backup.
  • Pilih Back up to Google Drive untuk memilih frekuensi yang Anda ingin buat terhadap backup chat Anda
  • Selanjutnya pilih Chat backup.
  • Pilih Back up to Google Drive untuk memilih frekuensi yang Anda ingin buat terhadap backup chat Anda

Biasanya, cara mengembalikan chat wa yang terhapus ini akan memakan waktu yang cukup lama tergantung seberapa banyak chat yang dipulihkan dan koneksi internet yang digunakan. Semakin cepat koneksi internet, maka akan semakin cepat pula proses backup yang dilakukan.

Sekali lagi, apabila Anda adalah pengguna aplikasi WA yang belum atau tidak mengaktifkan fitur backup sebelumnya, maka tidak akan bisa melakukan backup tersebut. Dan, dengan kata lain chat yang sudah terhapus tidak akan bisa kembali seperti semula.

Mengembalikan Chat Terhapus di WA Lama

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Google Drive, dan pastinya hampir kebanyakan orang memiliki aplikasi ini, khususnya pengguna Android. Jika suatu saat ponsel Anda tiba-tiba mengalami kerusakan, sehingga mengharuskan Anda untuk menginstall kembali aplikasi WhatsApp.

Hal pertama yang Anda pikirkan mungkin adalah bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus lama tersebut. Banyak hal yang bisa menjadikan percakapan WhatsApp ini terhapus, antara lain karena kerusakan HP Android, ganti HP Android yang baru, atau secara tidak sengaja maupun sengaja Anda menghapus percakapan WhatsApp tersebut.

Baca juga: Cara Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Uninstall!

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Buka aplikasi WhatsApp milik Anda.
  • Pilih Agree and continue.
  • Masukkan nomor telepon Anda untuk memverifikasinya.
  • Pilih Next.
  • Kemudian pilih OK.
  • Pilih Continue.
  • Pilih Restore
  • Masukkan nama Anda.
  • Pilih Next.

Sekarang Anda dapat mengakses percakapan WhatsApp pada HP Android mana pun yang memasang WhatsApp. Yang harus Anda lakukan adalah masuk. Jadi jika Anda ingin mengembalikan chat WhatsApp Anda dari satu ponsel ke yang lain, ikuti langkah-langkah tersebut.

Sekali lagi, cara mengembalikan chat wa yang terhapus ini adalah metode untuk pengguna yang kehilangan chat setelah hp rusak atau melakukan install ulang aplikasi WhatsApp baik di ponsel lama atau ponsel baru.

Via Backup

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus selanjutnya masih menggunakan backup, tapi kali ini menggunakan penyimpanan. Cara paling mudah untuk mengembalikan chat ke ponsel baru adalah dengan menggunakan backup Google Drive.

Jika Anda berkeinginan untuk menggunakan backup lokal, Anda perlu mentransfer semua file ke ponsel yang baru menggunakan komputer, file explorer, atau kartu SD. Jika data Anda tidak tersimpan dalam folder /sdcard/WhatsApp/, kemungkinan Anda dapat menemukannya dalam folder “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”.

  • Unduh aplikasi file manajer.
  • Pada aplikasi file manajer, buka sdcard/WhatsApp/Databases. Jika data tidak tersimpan dalam kartu SD, Anda mungkin akan menemukannya dalam “penyimpanan internal” atau “penyimpanan utama”, bukan dalam kartu SD.
  • Ganti nama file cadangan yang ingin Anda pulihkan dari msgstore-TTTT-BB-DD.1.db.crypt12 ke msgstore.db.crypt12. Sangat mungkin bahwa cadangan yang lebih lama berada pada protokol yang lebih lama, seperti crypt9 atau crypt10. Jangan mengubah nomor ekstensi crypt.
  • Hapus dan install ulang WhatsApp.
  • Pilih Restore ketika diminta.

Setelah mengikuti beberapa metode atau Cara mengembalikan chat wa yang terhapus maka chat akan kembali seperti semula dan pasti berhasil. Sayangnya, cara ini memiliki beberapa kekurangan karena harus melibatkan aplikasi tambahan dan langkah yang bagi sebagian orang akan sangat rumit karena mengakses folder tertentu.

Backup Chat WA dari Android ke iPhone

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus dari Android ke iOS sayangnya tidak akan pernah bisa dilakukan. Karena pada dasarnya sistem backup untuk WA android adalah Google Drive dan WA iPhone menggunakan iCloud.

Jadi, apabila Anda mencari cara mengembalikan chat wa yang terhapus ini sebaiknya menyerah saja, karena tidak akan pernah bisa dilakukan. Kedua sistem operasi tersebut sangat berbeda dan tidak bisa transfer data. Hal ini tidak hanya terjadi untuk aplikasi WA saja, tapi berbagai jenis game tidak akan bisa dipindahkan datanya antar sistem operasi.

Beberapa orang memilih menggunakan bantuan aplikasi untuk mengembalikan chat yang terhapus dari Android ke iOS. Padahal hal tersebut akan sia-sia saja karena kedua sistem operasi memiliki cara kerja yang berbeda untuk setiap aplikasi yang dimiliki.

Pengguna iPhone

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus selanjutnya untuk pengguna iPhone atau ponsel Apple. Jika sebelumnya Anda telah mencadangkan iPhone menggunakan iCloud atau iTunes, Anda mungkin dapat memulihkan obrolan WhatsApp dengan memulihkan iPhone dari cadangan sebelumnya. Untuk informasi lebih lanjut tentang mencadangkan dan memulihkan iPhone Anda, kunjungi situs web Dukungan Apple.

Sebelum mulai mengembalikan chat, ada beberapa catatan yang harus diketahui:

  • Riwayat obrolan WhatsApp tidak disimpan ke server iCloud
  • Media dan pesan yang Anda cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi WhatsApp end-to-end saat Anda berada di iCloud.
  • iCloud tidak dapat membantu Anda memulihkan pesan yang dihapus.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulihkan obrolan yang dihapus melalui iCloud:

  • Anda harus terlebih dahulu mencopot (uninstall) WhatsApp
  • Instal ulang, buka dan login seperti biasa
  • Saat perintah untuk memulihkan atau memulihkan obrolan muncul, klik Berikutnya
  • WhatsApp akan memulihkan file cadangan yang disimpan/disimpan di iCloud
  • Tunggu sebentar. Setelah itu, semua utas akan kembali seperti semula di file cadangan.
  • Kembalikan Obrolan WA melalui drive internal atau kartu SD

Ini akan menyimpan obrolan dan media Anda ke akun iCloud Anda. Anda dapat memilih apakah akan menyertakan video dalam cadangan atau tidak. Proses pencadangan iCloud mungkin memakan waktu beberapa menit, tergantung pada koneksi internet Anda dan ukuran cadangan.

Dengan Mod WhatsApp

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Mod WA yang sudah digunakan oleh banyak orang. WhatsApp Mod adalah aplikasi WhatsApp asli yang dimodifikasi. Karena telah diubah, selain fitur asli WhatsApp, Anda juga akan mendapatkan fitur baru yang tidak tersedia di WhatsApp versi resmi.

Fitur yang sering digunakan di aplikasi WhatsApp Mod adalah fitur mencegah pesan agar tidak terhapus. Untuk lebih mudahnya, apabila ada seseorang yang mengirimi pesan dan orang tersebut menghapus pesan miliknya, pesan itu akan tetap ada walau pengirimnya sudah menghapus pesan untuk semua orang.

Cara ini bisa Anda lakukan jika ingin mengetahui isi pesan yang dihapus oleh pengirim pesan.

Tanpa Bakcup

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus selanjutnya berlaku untuk pengguna yang tidak melakukan backup pesan sebelumnya. Jika tidak pernah melakukan backup, jangan khawatir, karena masih ada cara restore chat WA Anda yang lama. Sebenarnya, aplikasi WhatsApp telah membuat salinan obrolan kita secara otomatis. File penyimpanan obrolan kita dibuat secara otomatis pada pukul 02.00 setiap hari.

File tersebut ditaruh di folder “Database” WhatsApp kita. Nah, kita bisa lo memanfaatkan file tersebut untuk mengembalikan chat WA kita! Namun, cara ini hanya berlaku untuk pengguna Android. Berikut adalah cara restore chat WA yang sudah terhapus:

  • Masuk “File Manager”;
  • Pilih folder “WhatsApp” dan masuk ke folder “Database”.
  • Di folder itu, Anda bisa melihat fail backup dengan nama “msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt12”;
  • Ubahlah nama fail tersebut menjadi “msgstore.db.crypt12” (Pada beberapa smartphone, nama failnya sudah otomatis menjadi seperti itu, sehingga tidak perlu diganti namanya);
  • Buka Google Drive;
  • Hapus fail backup WhatsApp untuk memaksa aplikasi menggunakan fail yang berada di penyimpanan smartphone kita;
  • Copot pemasangan atau uninstall WhatsApp;
  • Unduh kembali WhatsApp di Google Play Store;
  • Login akun WhatsApp menggunakan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim pihak WhatsApp melalui SMS;
  • Ketika melihat tulisan “Backup Found”, pilihlah “Restore” atau “Pulihkan”;
  • Masukkan kembali nama Anda pada lama “Profile Info”.

Install Ulang Aplikasi

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus pada dasarnya bisa dengan mudah saat anda lakukan install ulang aplikasi. Dengan melakukan hal tersebut maka secara otomatis chat yang sebelumnya dihapus atau tidak sengaja terhapus akan kembali.

Hal tersebut juga menjadi cara yang sangat mudah karena yang perlu anda lakukan hanya menghapus dan instal kembali aplikasi tersebut. Tapi, sebelum menghapus ada beberapa syarat yang harus anda penuhi seperti chat yang sudah dicadangkan dan sebagainya.

Apabila beberapa syarat yang penting tidak anda penuhi maka anda tidak akan bisa mengembalikan chat yang terhapus karena apa yang akan kembali apabila memang belum dicadangkan. Beberapa syarat tersebut harus benar benar anda penuhi lebih dulu baru mencoba cara mengembalikan chat terhapus di wa.

Menggunakan Cadangan Lokal

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus selanjutnya menggunakan cadangan lokal. Tahukah anda kalau cadangan juga akan tersimpan di penyimpanan internal atau lokal.

Dalam cara satu ini, Anda diharuskan mentransfer obrolan dari WhatsApp sekaligus file media ke ponsel lain secara manual dengan cadangan lokal. Untuk lebih jelas bisa mengikut langkahnya berikut ini.

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih menu pada tiga titik di sudut kanan atas layar.
  • Selanjutnya pilih Pengaturan – Obrolan – Obrolan cadangan.
  • Cukup, tekan Cadangkan dan  Sekarang Anda harus transfer dari Memori Internal atau lebih tepatnya folder WhatsApp ke tempat yang baru.
  • Untuk transfer, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan, mulai dari manual copy paste atau bisa juga menggunakan tambahan aplikasi lain seperti ShareIt dan sebagainya.
  • Untuk anda yang ingin lebih mudah dan cepat maka bisa menggunakan bantuan kompter atau laptop.
  • Untuk cara tersebut maka anda harus menghubungkan ponsel milik anda dengan komputer melalui kabel USB
  • Akses folder tempat aplikasi whatsapp dan pindahkan.
  • Selesai.

Setelah semua proses udah anda lakukan maka anda sudah berhasil mencadangkan obloran dari aplikasi wa secara manual atau menggunakan penyimpanan internal. Dengan cara itu pula anda tidak harus menggunakan aplikasi tambahan yang lain.

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus  pada darasnya sangatlah sederhana, yang perlu anda perhatikan dengan jelas adalah letak folder dari aplikasi WA. Apabila anda salah mengenai letak folder tersebut maka anda chat yang sudah anda hapus juga tidak akan bisa anda pindahkan ke tampat yang lain.

Memang terlihat mudah, tapi anda harus memperhatikan setiap langkah yang ada untuk menghindari yang namanya kesalahan, khsusnya lokasi folder. Untuk lokasi folder, biasanya tipa merk dari smartphone memiliki lokasi yang berbeda pula. Karena alasan itulah kami tidak akan mebahasnya dengan sangat detail hanya untuk lokasi folder saja.

Untuk anda yang ingi proses atau Cara mengembalikan chat wa yang terhapus dengan cepat maka bisa memindahkan file atau folder dengan bantuan komputer dan bisa juga memanfaatkan aplikasi pindah file seperti Share it atau sejenisnya. Saat ini juga sudah ada banyak merk smartphone yang menyediakan fitur transfer file tanpa ada tambahan aplikasi, khususnya merk Xiaomi.

Jadi itulah beberapa cara untuk pindah chat wa menggunakan file media lain ke ponsel lain dengan sistem cadangan lokal. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk mengikuti setiap langkah dengan benar tanpa memindahkan file lain yang tidak penting atau mungkin anda tidak mengetahuinya.

Install Ulang Aplikasi

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus pada dasarnya bisa dengan mudah saat anda lakukan install ulang aplikasi. Dengan melakukan hal tersebut maka secara otomatis chat yang sebelumnya dihapus atau tidak sengaja terhapus akan kembali.

Hal tersebut juga menjadi cara yang sangat mudah karena yang perlu anda lakukan hanya menghapus dan instal kembali aplikasi tersebut. Tapi, sebelum menghapus ada beberapa syarat yang harus anda penuhi seperti chat yang sudah dicadangkan dan sebagainya.

Apabila beberapa syarat yang penting tidak anda penuhi maka anda tidak akan bisa mengembalikan chat yang terhapus karena apa yang akan kembali apabila memang belum dicadangkan. Beberapa syarat tersebut harus benar benar anda penuhi lebih dulu baru mencoba cara mengembalikan chat terhapus di wa.

Menggunakan Cadangan Lokal

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus selanjutnya menggunakan cadangan lokal. Tahukah anda kalau cadangan juga akan tersimpan di penyimpanan internal atau lokal.

Dalam cara satu ini, Anda diharuskan mentransfer obrolan dari WhatsApp sekaligus file media ke ponsel lain secara manual dengan cadangan lokal. Untuk lebih jelas bisa mengikut langkahnya berikut ini.

  • Buka aplikasi WhatsApp dan pilih menu pada tiga titik di sudut kanan atas layar.
  • Selanjutnya pilih Pengaturan – Obrolan – Obrolan cadangan.
  • Cukup, tekan Cadangkan dan  Sekarang Anda harus transfer dari Memori Internal atau lebih tepatnya folder WhatsApp ke tempat yang baru.
  • Untuk transfer, ada beberapa cara yang bisa anda gunakan, mulai dari manual copy paste atau bisa juga menggunakan tambahan aplikasi lain seperti ShareIt dan sebagainya.
  • Untuk anda yang ingin lebih mudah dan cepat maka bisa menggunakan bantuan kompter atau laptop.
  • Untuk cara tersebut maka anda harus menghubungkan ponsel milik anda dengan komputer melalui kabel USB
  • Akses folder tempat aplikasi whatsapp dan pindahkan.
  • Selesai.

Setelah semua proses udah anda lakukan maka anda sudah berhasil mencadangkan obloran dari aplikasi wa secara manual atau menggunakan penyimpanan internal. Dengan cara itu pula anda tidak harus menggunakan aplikasi tambahan yang lain.

Cara mengembalikan chat wa yang terhapus  pada darasnya sangatlah sederhana, yang perlu anda perhatikan dengan jelas adalah letak folder dari aplikasi WA. Apabila anda salah mengenai letak folder tersebut maka anda chat yang sudah anda hapus juga tidak akan bisa anda pindahkan ke tampat yang lain.

Memang terlihat mudah, tapi anda harus memperhatikan setiap langkah yang ada untuk menghindari yang namanya kesalahan, khsusnya lokasi folder. Untuk lokasi folder, biasanya tipa merk dari smartphone memiliki lokasi yang berbeda pula. Karena alasan itulah kami tidak akan mebahasnya dengan sangat detail hanya untuk lokasi folder saja.

Untuk anda yang ingi proses atau Cara mengembalikan chat wa yang terhapus dengan cepat maka bisa memindahkan file atau folder dengan bantuan komputer dan bisa juga memanfaatkan aplikasi pindah file seperti Share it atau sejenisnya. Saat ini juga sudah ada banyak merk smartphone yang menyediakan fitur transfer file tanpa ada tambahan aplikasi, khususnya merk Xiaomi.

Jadi itulah beberapa Cara mengembalikan chat wa yang terhapus untuk pindah chat wa menggunakan file media lain ke ponsel lain dengan sistem cadangan lokal. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk mengikuti setiap langkah dengan benar tanpa memindahkan file lain yang tidak penting atau mungkin anda tidak mengetahuinya.

Nah, itulah beberapa cara mengembalikan chat wa yang terhapus dengan beberapa cara. Semoga bisa membantu untuk Anda yang membutuhkan dan jangan lupa untuk berbagi artikel informasi Cara mengembalikan chat wa yang terhapus ini untuk orang lain yang membutuhkan melalui sosial media yang Anda miliki.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *