Cara Merekam Layar HP 100% Berhasil!

Cara Merekam Layar HP 100% Berhasil!

Cara merekam layar HP bisa dilakukan dengan berbagai cara dan bisa disesuaikan dengan ponsel masing-masing. Tanpa harus menggunakan kamera eksternal atau yang lain, kini Anda bisa dengan mudah merekam layar, lho.

Hal ini memang dibutuhkan untuk beberapa hal, baik untuk konten sosial media, atau hal lain yang jauh lebih penting. Untuk melakukannya juga sangat mudah, bahkan ada beberapa merk hp yang tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Tanpa aplikasi tambahan artinya akan jauh lebih mudah lagi dan tidak akan memakan banyak memori.

Lalu bagaimana caranya? Berikut ini pemabahasan lengkapnya dari koinx.id.

Cara Merekam Layar HP dengan Berbagai Macam Metode Dan Mudah

Menggunakan Google Play Game

Cara merekam layar HP pertama akan membutuhkan fitur dari Google Play Game, yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Biasanya para pengguna Android sering sekali mencari tau bagaimana cara merekam layar HP Android. Padahal, hal tersebut bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi tambahan, lho.

Pada artikel kali ini, kami akan berbagi bagaimana cara merekam layar Android tanpa root, bahkan anda tidak harus download aplikasi Screen Recorder yang biasanya digunakan untuk merekam layar.

  • Pertama buka dulu smartphone Android dan masuk ke aplikasi yang bernaman Google Play Game yang biasa menjadi bawaan Android dan sudah pasti tersedia.
  • selanjutnya, pilih ‘Rekam Alur Game’ dan jangan lupa untuk memilih salah satu game milikmu.
  • Klik ikon rekaman yang berbentuk lingkaran.
  • Pada navigasi rekaman, Anda bisa memilih untuk merekam layar Android tanpa kamera depan atau menggunakan rekaman audio saja.
  • Jangan lupa juga untuk menentukan kualitas video rekaman.
  • Apabila ingin berhenti merekam, langsung klik ikon ‘Stop’. Video hasil rekaman layar tersebut akan secara otomatis tersimpan di galeri smartphone.

Walau menggunakan nama Google Play Game, hal tersebut tidak hanya berlaku untuk game saja tapi juga untuk aplikasi lain atau aktivitas lain

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara merekam layar HP selanjutnya akan melihatkan beberapa palikasi pihak ketiga. Selain beberapa cara di atas, umumnya para pengguna Android juga memilih untuk menggunakan aplikasi perekam layar baik untuk merekam video atau gambar saja.

Apabila smartphone yang digunakan memang menyediakan fitur rekam, maka tidak perlu melakukan unduhan aplikasi. Tapi lain cerita apabila tidak tersedia.  Tapi tenang, masih ada beberapa pilihan aplikasi dengan fitur perekam layar HP yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store, seperti rekomendasi berikut ini:

Baca juga: Cara Menonaktifkan WA Sementara Tanpa Uninstall!

Free Cam

Cara merekam layar HP ini memanfaatkan fitur dari aplikasi Free Cam. Aplikasi ini sendiri adalah aplikasi perekam layar yang sangat sederhana dengan berbagai fitur editor audio dan juga video bawaan. Antarmuka dan juga beragam fitur yang ada memungkinkanmu untuk membuat screencasts atau perekam layar dengan sanat mudah.

Walau tersedia secara gratis, tidak akan ada watermark dan juga bebas iklan. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah resolusi berkualitas tinggi, jadi pengguna bisa menyimpan video dengan format WMV, dan langsung mengunggahnya ke YouTube, bisa juga menghapus fragmen video yang tidak diinginkan, atau menghilangkan kebisingan dari latar belakang, dan tersedia berbagai pilihan efek audio. Tapi, yang harus disayangkan dari aplikasi ini adalah format video dalam bentuk WMV saja dan tidak ada webcam.

Super Screen Recorder

Cara merekam layar HP berikutnya adalah Super Screen Recorder yang menjadi perekam layar Android dengan fitur luar biasa. Dengan interface sederhana dan juga beragam fitur pengeditan video yang mengesankan. Tidak lagi harus menggunakan perangkat yang di-rooting dan batas waktu saat merekam.

Tersedia fitur untuk membuat beragam video dengan resolusi, frame rate, dan juga bit rate yang bisa disesuaikan. Anda dapat menjeda dan melanjutkan rekaman sesuai keinginan.

Ada banyak sekali fitur menarik dari aplikasi ini, termasuk menambahkan gif, dan tidak akan ada iklan atau watermarik. Tapi dengan fitur tersebut terdapat pembelian beberapa fitur dari aplikasi ini.

AZ Screen Recorder

Cara merekam layar HP selanjutnya menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder. Dengan aplikasi yang satu ini maka pengguna bisa dengan mudah untuk rekam layar hp. Tidak akan ada watermark dan juga batasan dalam merekam

Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat video dengan kualitas full HD. Dan video yang sudah dibuat bisa langsung disimpan ke galeri. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengatur resolusi video, kecepatan bit, kecepatan bingkai, orientasi layar, dan juga menyesuaikan waktu penghentian, dan masih ada fitur untuk menghapus video yang telah direkam.

Versi gratis dari aplikasi ini akan memiliki banyak sekali iklan dan untuk menghilangkan iklan tersebut sudah pasti untuk menggunakan versi Pro dengan cara membelinya.

DU recorder

Cara merekam layar HP yang kali ini mungkin sudah banyak dilakukan oleh banyak orang karena DU recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar Android terbaik, tak tanggung-tangung sudah lebih dari 10 juta unduhan yang ada di playstore.

Baca juga: Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Dan Berhasil 100%!

Selain merekam layar, dengan aplikasi ini anda bisa dengan mudah melakukan edit video dengan menambahkan berbagai macam efek. Beberapa fitur mulai dari pemilihan resolusi, format, bit, dan masih banyak lagi yang akan membuat video menjadi lebih menarik.

Aplikasi ini juga tersedia dalam 20 bahasa berbeda dan tidak akan ada iklan apa pun. Tapi, aplikasi ini akan meningglkan watermark pada setiap video yang Anda buat.

Screen Recorder

Cara merekam layar HP yang tak akan kalah dengan beberapa aplikasi sebelumnya adalah Screen Recorder. Melalui aplikasi perekam layar pengguna bisa menggunakan tanpa adanya iklan, watermark, dan tersedia secara gratis untuk pengguna android.

Anda juga bisa mendapatkan video keren dengan banyak resolusi berbeda, mulai dari berbagai frame rate, bit rate, sekaligus juga menambahkan teks hingga logo ke video. Aplikasi ini sendiri juga memungkinkan pengguna untuk merekam input sentuh, audio eksternal, dan juga mendukung Facecam saat merekam.

Selain beberapa fitur tersebut, di dalamnya juga terdapat pemangkas video, Anda bisa memilih lokasi untuk menyimpan video tersebut. Yang terakhir aplikasi ini tersedia tidak hanya bahasa Inggris saja, tapi berbagai macam bahasa. Dengan kemampuan yang dimilikinya, artinya ini adalah sebuah aplikasi dengan paket lengkap yang tersedia secara gratis tanpa adanya iklan atau watermark di akhir video setelah disimpan.

Mobizen Screen Recorder

cara merekam layar hp berikutnya adalah menggunakan aplikasi yang bernama Mobizen. Aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah untuk merekam layar ponsel dan semua aktivitas yang dilakukan akan teremak dengan jelas.

Menariknya, dengan aplikasi ini anda juga bisa melakukan editing video dari hasil rekaman tersebut. Dengan fitur lengkapnya tersebut maka tidak salah kalau aplikasi ini memiliki pengguna yang cukup banyak.

Selain itu, aplikasi ini tersedia secara gratis dan tidak mengharuskan pengguna untuk melakukan rooting terlebih dahulu. Tapi, karena tersedia secara gratis maka aplikasi ini memiliki cukup banyak iklan pada setiap aktivitas yang dilakukan oleh pengguna.

ADV Screen Recorder.

cara merekam layar hp berikutnya adalah ADV Screen Recorder yang memiliki fitur perekam untuk ponsel android. Tak hanya sebatas merekam, tapi terdapat beberapa opsi tambahan seperti resolusi bit rate, frame, dan juga pengguna bisa menambahkan berbagai macam teks dalam video tersebut.

Dengan fitur lengkapnya, aplikasi ini tidak akan meninggalkan watermark pada tiap video yang sudah direkam. Jadi ini adalah sebuah paket lengkap untuk perekam layar hp.

Game Screen Recorder

cara merekam layar hp satu ini sesuai dengan namanya yakni merekam layar ketika pengguna aktif bermain game. Jangan salah, aplikasi ini mampu memberikan kualitas yang cukup jernih dan suara yang dihasilkan cukup halus. Jadi tidak akan mengecewakan setiap pengguna yang memilih untuk merekam aktivitas bermain game dengan aplikasi ini.

Kalau memang tujuannya untuk merekam game, maka aplikasi ini bisa diandalkan dengan fitur yang sesuai dengan namnya. Tapi apabila untuk berbagai aktivitas lain maka lebih baik menggunakan aplikasi yang lain saja.

Mobizen

cara merekam layar hp selanjutnya adalah Mobizenm yang pastinya bisa digunakan secara gratis sama seperti beberapa aplikasi sebelumnya. Walau tersedia secara gratis, kualitas dari aplikasi ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena bisa menghasilkan video dengan kualitas jernih.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkannya melalui play store atau app store untuk pengguna iOS atau Apple. Ukuran aplikasi yang kecil tidak akan membuat kinerja ponsel menjadi berat.

REC-Screen Recorder

cara merekam layar hp kali ini datang dari REC-Screen Recorderyang cukup terkenal akan kualitasnya. Bahkan, dengan aplikasi ini pengguna bisa mendapatkan video bagus hingga 1080p, lho.

Penggunaan yang mudah dan minim akan iklan menjadikan aplikasi ini layak untuk digunakan. Walau fitur tidak selengkap beberapa aplikasi sebelumnya, tapi sangat layak untuk dicoba.

Super Screen Recorder

cara merekam layar hp berikutnya menggunakan aplikasi yang bernama Super Screen Recorder dari sekian banyak aplikasi, yang satu ini sangat layak untuk digunakan karena penggunaan yang mudah jadi semua orang sudah pasti bisa menggunakannya.

Memang hanya memiliki fitur untuk merekam saja, tapi minimnya fitur tersebut membuat aplikasi ini memiliki ukuran yang kecil jadi bisa digunakan untuk banyak merk smartphone yang ada saat ini.

Background Video Recorder

cara merekam layar hp ini bisa menjadi apabila anda tidak cocok dengan rekomendasi sebelumnya. Dengan aplikasi ini, anda bisa merekam layar hp dengan sangat mudah dan cepat tanpa adnaya gangguan.

Penggunaan yang mudah menjadikan aplikasi ini sangat layak untuk dicoba dan masuk rekomendasi. Selain itu, aplikasi ini tersedia secara gratis untuk pengguna android dan juga pengguna ios di apple.

Xrecorder

Cara merekam layar hp selanjutnya masih menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tanpa menggunakan akses rooting, aplikasi inii bisa digunaka oleh pengguna android sepenuhnya dan tidak ada batasan waktu ketika melakukan rekaman.

Menariknya, tidak akan ada yang namanya watermark setelah video jadi dan pengguna bebas menentukan resolusi akhir dari video tersebut. Ada berbagai resolusi yang bisa dipilih, dan pastinya semakin tinggi resolusi maka akan semakin besar pula ukuran dari video tersebut.

Terlepas dari berbagai kelebihan yang ada di dalam aplikasi ini, sayangnya terkadang masih terdapat bug baik saat merekam dan video sudah jadi. Kedepan mungkin pihak pengembang bisa memperbaiki hal tersebut.

Rec. Screen Recorder

Cara merekam layar hp sekarang memang mudah, karena ada banyak aplikasi yang siap membantu hal tersebut termasuk salah satunya adalah aplikasi yang berbnama Rec. Screen Recorder. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mampu merekam video dengan kualitas yang cukup baik.

Walau ada batasan perekam layar menggunakan aplikasi ini, tapi hal tersebut tidak menjadi masalah karena batasan merekamnya adalah 1 jam. Dengan durasi tersebut nampaknya sudah lebih dari cukup apaila untuk sekedar merekam saat bermain game.

Beberapa kelebihan lain dari aplikasi ini adalah memiliki perintah goyang, yang artinya bisa anda hentikan aplikasi untuk merekam dengan menggerakan ponsel saja. Lebih mudah dan praktis untuk merekam layar dengan aplikasi ini.

ApowerREC

Cara merekam layar hp berikutnya adalah Aplikasi merekam layar yang juga direkomendasikan oleh banyak orang. Walau tidak setenar beberapa aplikasi sebelumnya, tapi aplikasi satu ini juga sangat layak untuk dicoba dengan berbagai alasan.

Keunggulan utama yang akan dirasakan pengguna melalui aplikasi ini adalah mampu merekam video hingga berkualitas 1080p, yang artinya kualitas video cukup baik.

Apowersoft Screen Recorder

Satu lagi cara merekam layar hp yang tidak boleh dilewatkan adalah menggunakan aplikasi screen recorder Apowersoft Screen Recorder. Aplikasi satu ini sudah dirilis cukup lama yakni 31 Desember 2015 dan sudah digunakan lebih dari 1 juta pengguna Google Playstore.

Alasan lain kenapa aplikasi ini layak dan masuk rekomendasi adalah memiliki kemampuan untuk merekam layar sekaligus audio sehingga cocok untuk bermain game atau video tutorial. Terdapat pula berbagai fitur menarik yang akan membuat video menjadi semakin menarik dan memudahkan para pengguna.

Fenix Recorder

Cara merekam layar hp  berikutnya masih seputar aplikasi pihak ketiga namun bisa digunakan secara gratis dan memiliki kualitas yang baik dalam menghasilkan video.  Anda bisa merekam layar tanpa harus rooting hp dan tidak akan ada yang namanya batas waktu rekaman.

Fitur andalan dari aplikasi ini adalah editingnya, jadi para pengguna bisa langsung melakukan edit video setelah berhasil merekam. Jangan salah, fitur edit tersebut juga cukup lengkap dengan berbagai macam tools pendukung yang masih mudah untuk digunakan banyak orang secara umu.

Uniknya, setelah melakukan edit video, pengguna juga bisa melanjutnya perekaman dan menambahkan video lagi aga hasilnya memuaskan. Karena fitur edit video tersebut, penggunaan dari aplikasi ini memiliki kunci berkreasi, semakin kreatif maka akan semakin bagus juga hasil video yang dihasilkan.

Karena tersedia secaa gratis baik untuk pengguna android dan iOS, maka aplikasi ini adalah sebuah paket sempurna untuk menghasilkan video berkualitas, terlebih apabila hanya sekedar untuk merekam layar saja yang tidak akan banyak memerlukan tools.

Nah, itulah beberapa cara merekam layar HP dengan banyak metode yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna ponsel Android. Kalau hanya sekedar merekam layar, maka saat ini sudah ada fitur bawaan. Apabila ponsel memang memiliki fitur bawaan, maka tidak perlu lagi menambahkan aplikasi dari pihak ketiga. Tapi apabila tidak memiliki fitur bawaan tersebut Anda tidak perlu khwatir karena masih bisa menggunakan berbagai macam aplikasi yang sudah disebutkan di atas.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *