2 Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar Yang Benar!

Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar

Budidaya udang vaname adalah cara budidaya jenis udang yang mudah dalam pembudidayaannya. Saya ingat bahwa saya adalah keluarga seorang petambak juga, salah satu budidaya yang keluarga kembangkan adalah udang vaname. 
Di daerah saya komoditas udang memang banyak yang membudidayakan, akan tetapi masih minimnya seminar-seminar dalam pembudidayaan udang vaname yang baik. Kebanyak orang-orang daerah saya belajar membudidayakan udang vaname dengan cara otodidak khususnya orang tua saya.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pembudidayaan udang vaname ini, jika tim Koinx.id tulis di dalam artikel ini mungkin tidak cukup detail. Simak berikut beberapa cara budidaya udang vaname air tawar!

Cara Budidaya Udang Vaname

Pilih Bibit Yang Berkualitas

Dalam memilih bibit yang berkualitas menurut pengalaman warga daerah saya khususnya orang tua saya adalah bibit yang indukan pertama lahir. Mengapa demikian? alasan detailnya sayapun tidak jelas akan tetapi bibit dari penetasan indukan pertama lebih cepat dalam berkembangnya dan ketahanan dari berbagai serangan penyakit juga kuat. Tetangga saya bahkan tidak mau menerima jika bibit dari indukan yang kedua atau lebih.

Pakan tradisional

Yang membedakan antara pembudidaya udang dari daerah lain mungkin salah satunya dari racikan pakan itu sendiri. Daerah saya biasanya menggunakan campuran pakan pelet dengan campuran pakan traditional buatan petambak disini. Campuran pakan udang vaname daerah sini menggunakan pelet dicampur dengan dedak, kemudian gula tetes untuk penambah nafsu makan udang vanamenya.

Eits, baca juga: 4 Peluang Usaha Rumahan Di Desa yang Menguntungkan!

Campuran pakan udang vaname diatas berfungsi sebagai rangsangan nafsu makan udang itu sendiri dan penekanan modal yang dikeluarkan dari pakan udang vaname. Hasilnya pun tidak mengecewakan dari pakan campuran diatas.

Paham tentang Cuaca

Jika anda pembudidaya dengan media tambak atau tanah pastinya anda harus tau bagaimana kondisi cuaca yang baik bagi udang vaname. Bagian ini merupakan salah satu yang terpenting suksesnya budidaya vaname anda. Anda harus bisa melihat kondisi cuaca beserta cara menanggulangi ketika cuaca tidak baik bagi udang vanaminya.

Semisal jika cuaca dingin atau hujan otomatis airnya pun ikut dingin. Jika air itu terlalu dingin bagi udang vaname maka bisa-bisa udang vaname bisa banyak yang mati karena cuaca dingin. Salah satu cara untuk menanggulangi masalah diatas adalah dengan menyirami garam kedalam airnya supaya air akan menjadi lebih hangat dan tidak terjadi mati mendadak.

Pengisian Bibit Yang Tepat

Yang dimaksud pada poin ke empat ini adalah pengisian bibit dari lahan yang anda siapkan. Biasanya hitungan pengisian bibit udang vaname dengan luas 1 hektar persegi yaitu jumlah bibit sekitar 25 rean sampai 30 rean/(rean=hitungan petani tambak). Hal ini bisa memberikan nilai optimal dalam pemanenan udang vaname. Jika pengisian terlalu berlebihan akan berdampak pada pertumbuhan udang sendiri jika kurang maka hasil yang didapatkan kurang.

Sebetulnya masih banyak hal yang harus diperhatikan dalam cara budidaya udang vaname akan tetapi jika anda serius ingin membudidayakan udang vaname lambat laun anda akan mengerti masalah-masalah dalam pembudidayan udang vanami dan cara mengatasi masalah tersebut yang penting semangat dalam usaha dan bisnis.

Harga UDANG VANAME SEGARRp. 51.000
Harga Udang Vannamei / Vaname / Peci Besar Ukuran 60 Utuh Segar 250gRp. 37.500
Harga Udang Segar Vaname 500 gr /udang vannamei segar /udang vannamei segarRp. 65.000
Harga Udang Tambak / udang vaname / vannamei size 40 – 50 ekor/KgRp. 48.000
Daftar Harga Udang Vaname Juni 2021

Cara Budidaya Udang Vaname Di Kolam Terpal

Persiapkan Lokasi Budidaya Udang Vaname

Budidaya udang vaname yang harus disiapkan paling awal adalah mempersiapkan lokasi budidaya tersebut. Tempat budidaya haruslah masuk kriteria dan memudahkan para peternak dalam melakukan budidaya. Tapi lokasi ternak udang tersebut juga harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Memang ternak udang akan lebih nyaman ketika berada di lahan yang luas, tapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar dan harus dilakukan. Karena apabila baru mencoba maka tidak ada salahnya untuk memilih tempat seadaanya atau memanfaatkan lahan yang ada.

Dengan melakukan hal tersebut, maka tingkat kerugian dan pengeluaran uang untuk modal usaha bisa lebih ditekan dan dialokasikan untuk kebutuhan lain yang juga tak kalah pentingnya.

Berantas Hama Sebelum Budidaya Udang Vaname

Hal yang mungkin jarang diketahui oleh orang yang ingin melakukan budidaya udang vaname adalah hama bisa datang kapan saja. Munculnya hama pada udang ini biasanya terjadi pada kolam udang dan akan menghambat pertumbuhan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka sangat disarankan untuk membersihkan kolam tempat udang terlebih dahulu. Pastikan kolam benar-benar bersih sebelum melakukan budidaya. Jangan salah, tidak hanya hama tapi juga berbagai bahaya lain akan mengancam apabila kolam tidak bersih.

Jangan lupa juga untuk memotong tanaman hama yang biasanya ada di sekitar kolam.

Tips Pengisian Air di Kolam Udang

Sudah pasti kalau ukuran kolam udang vaname bisa disesuaikan dengan jumlah udang. Semakin banyak tentu ukuran kolam juga semakin besar. Sebelum diisi oleh udang, kamu harus mengisi kolam dengan takaran air yang cukup.

Isi air sampai mencapai setengah tinggi kolam dan biarkan selama 1 sampai 2 minggu sebelum diisi bibit udang.

Tips Memilih Bibit Unggul Udang Vaname

Hal paling penting dalam Budidaya udang vaname  adalah pemilihan bibit unggul dengan kualitas terbaik. Apabila salah pilih, maka besarkemungkinan budidaya ini tidak akan menghasilkan dan justru gagal.

Tapi pemilihan bibit unggul udang vaname bukanlah hal yang mudah tidak semua orang bisa melakukannya. Tapi bukan berarti tidak bisa dipelajari karena bibit yang unggul juga memiliki ciri tersendiri yang bisa dipelajari apabila ada keinginan.

Tampilan bibit unggul udang dan yang biasa hampir sama. Namun, ada beberapa pembeda untuk cara memilih bibit yang unggul. Beberapa hal yang bisa dipelajari adalah sebagai berikut:

Cara Menebar Bibit Udang Vaname

Langkah budidaya udang vaname yang selanjutnya adalah cara menebar bibit yang benar. Penebaran bibit juga tidak kalah penting dari beberapa hal lain sebelumnya dan wajib untuk diketahui.

Untuk caranya lebih baik untuk melakukan saat sore hari dengan suhu cuaca yang tidak panas. Selanjutnya adalah penting unuk memastikan suhu air pada  kolam juga tidak terlalu panas. Kalai perlu periksa suhu menggunakan alat termometer.

Suhu normal yang baik adalah 10 sampai 15 derajat Celsius saja. Tebar bibit dengan cara aklimatisasi agar bibit merasa nyaman dengan suhu air.

Jangan lupa juga untuk menyimpan bibit di kantong dan simpan terlebih dahulu di area sisi kolam. Padat tebar bibit adalah kisaran 100 sampai 125 ekor per meter kuadrat.

Pemberian Pakan Udang

Pemberian pakan yang benar pada udang adalah dengan menyesuaikan perkembangan budidaya udang vaname itu sendiri. Berikan pakan setidaknya 2 sampai 3 kali sehari, jangan terlalu banyak dan jangan sampai kurang juga.

Semakin besar ukuran dari udang yang ada di dalam kolam, maka semakin banyak pula pakan yang harus diberikan.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

2 Comments to “2 Cara Budidaya Udang Vaname Air Tawar Yang Benar!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *