Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 100% Work!

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Cara mendapatkan token listrik gratis pada saat seperti sekarang ini benar benar akan membantu anda dan meringankan semua pengeluaran anda selama ini. Pada dasaranya mendapatkan token listrik gratis ini adalah bantuan dari pemerintah karena adanya pandemi Covid 19.

Tapi karena ini sifatnya adalah bantuan karena ada bencana, maka tidak semua orang mendapatkan token listrik secara gratis dari pemerintah. Terlebih apabila orang tersebut tergolong orang dengan penghasilan cukup besar, maka tidak akan termasuk dalam golongan yang mendapatkan bantuan.

Untuk membedakan manakah yang mendapatkan bantuan dan tidak, pemerintah tidak membedakan dari besar kecilnya gaji, melainkan dari listrik yang anda gunakan. Jadi, kalau selama ini anda menggunakan listrik dengan beban yang cukup besar dan tidak termasuk orang yang mendapatkan subsidi, maka anda tidak akan bisa menerapkan cara mendapatkan token listrik gratis tersebut.

Hal yang sama juga tersejadi dengan orang sebagai pelaku usaha. Karena anda menggunakan listrik untuk usaha, apa pun jenis usaha yang anda jalankan maka anda tidak termasuk dalam yang mendapatkan bantuan. Karena sudah jelas, sebagai pelaku usaha anda akan dianggap sebagai orang yang lebih mampu dibanding dengan mereka yang selama ini hanya mengandalkan dari penghasilanyang tidak tentu setiap harinya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis tersebut? Sebelum mengetahui cara yang jelas untuk mendapakan listrik gratis dari pemerintah, ada beberapa hal yang juga tidak kalah penting untuk anda ketahui. Apa saja infomasi tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya dan ikuti terus sampai selesai dari koinx.id.

Ketahui Besaran Subsidi

Perlu kita ketahui juga kalau besaran subsidi yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui PLN (Persero) sebagai salah satu bentuk bantuan menanggulangi masalah bencana pandemi, pada dasarnya tidak berubah mulai dari tahun 2021.

Baca juga: Cara Menggunakan Bonus Dadakan Lazada 100% Work!

Dengan ketentuan yang berlaku tersebut, maka besar dari subsidi yang akan didapatkan olah tiap orang tidak akan sama. Lalu apa yang mempengaruhi hal tersebut? Ada beberapa hal yang akhirnya membuat besaran subsidi tersebut tidak lah sama. Apa saja faktor tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Diskon 100% dengan daya 450 VA.

Kalau anda termasuk masyarakat yang menggunakan daya 450 VA, maka anda akan termasuk orang yang mendapatkan diskon sebesar 50%. Dengan subsidi tersebut, diharapkan bisa mengurangi pengeluaran yang dilakukan setiap bulan, terlebih saat pandemi berlangsung banyak orang yang kesulitan untuk bekerja.

Sementara untuk kategori lain adalah apabila saat mendaftar anda termasuk orang dengan pendapatkan kelas menengah, hal tersebut bisa anda ketahui melalui kode di tagihan listrik yang anda bayar. Maka, anda juga akan bisa mendapatkan subsidi listrik tersebut.

Sayangnya karena tidak semua orang bisa mendapatkan subsidi listrik tersebut, anda yang mungkin tidak mendapatkan nya tidak perlu kecewa karena dalam hal ini anda masih termasuk atau dianggap sebagai orang yang mampu untuk membayar listrik secara rutin walau dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Lanjut pada pembahasan berikutnya yakni bagaimana cara klaim listrik gratis dari pemerintah. Pada dasarnya hal tersebut tidaklah sulit. Hanya saja, banyak orang yang tidak mengetahui hal tersebut karena memang kurangnya sosialisasi dari pihak PLN atau pemerintah.

Untuk anda yang belum mengetahui bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis anda bisa mengikuti ulasan ini sampai selesai. Apa saja tahapan yang harus anda lakukan? Berikut ini untuk lebih jelasnya.

Cara Klaim Listrik Gratis

Cara mendapatkan token listrik gratis  tidaklah sulit, apalagi cara klaim listrik gratis tersebut tentu lebih mudahlagi. Dan untuk melakukan hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan klaim gratis dan semua cara tersebut bisa anda lakukan dengan sangat mudah tanpa ada banyak langkah.

Hal tersebut memang dilakukan untuk mempermudah setiap masyarakat agar memahami cara mendapatkan token listrik gratis lebih cepat dan tidak ada yang terlewat mengenai hal tersebut. Tapi walau sudah dijelaskan dengan sangat jelas oleh pemerintah, ada saja beberapa orang yang memang tidak memahaminya.

Baca juga: Cara Membuat SKCK Online Lewat HP 100% Work!

Ada banyak cara mendapatkan token listrik gratis yang bisa anda lakukan. Dengan banyaknya cara tersebut anda bisa menyesuaikan mana kah cara yang paling pas dan sesuai untuk anda. Dari sekian banyak cara tersebut, beberapa cara di antaranya akan mengharuskan anda menggunakan smartphone dan juga koneksi internet. Dengan menggunakan internet, maka semua proses klaim yang akan anda lakukan tentu bisa menjadi lebih cepat lagi.

Berikut ini kami bagikan beberapa cara mendapatkan token listrik gratis yang bisa anda lakukan. Ada beberapa cara jadi anda bisa menyesuaikan mana yang paling bisa dan mudah untuk anda lakukan.

Cara Klaim Listrik Gratis Melalui Website

Cara mendapatkan token listrik gratis yang pertama adalah melakukan klaim melalui website resmi milik PLN. Karena mengharuskan anda untuk mengakses sebuah website, maka sudah pasti anda harus memiliki koneksi internet. Tidak harus menggunakan PC atau laptop, anda juga bisa menggunakan smartphone yang anda miliki.

Dan untuk lebih jelas mengenai cara yang satu ini, akan kami jabarkan lebih lengkap sesuai prosedur yang ditentukan oleh pihak pemerintah, dalam hal ini adalah PLN.

  • Buka website resmi milik pemerintah atau PLN dengan alamat nya sebagai berikut www.pln.co.id
  • Lakukan log in untuk bisa mendapatkan listrik gratis,
  • Apabila anda sudah login maka pilih menu Stimulus COVID-19 atau Token Listrik Gratis dan Diskon.
  • Masukkan ID pelanggan milik anda atau bisa juga nomor meter.
  • Selanjunya halaman www.pln.co.id tersebut akan langsung menunjukkan token pulsa listrik secara gratis untuk anda.
  • Sebagai pelanggan anda hanya perlu untuk memasukkan token listrik tersebut tersebut ke dalam meteran sesuai dengan ID pelanggan yang sudah anda masuk kan sebelumnya

Dengan melakukan cara mendapatkan token listrik gratis maka anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah saja dan bisa langsung mengisi token secara gratis tanpa biaya. Tentu saja ketentuan gratis atau subsidi tersebut sudah di bahas seperti ulasan sebelumnya. Apabila anda termasuk orang yang mendapatkan subsidi 100% maka token yang akan anda dapatkan juga sepenuhnya gratis.

Kalau pun tidak sepenuhnya gratis, setidaknya hal tersebut bisa memberikan keringanan pada anda di saat situasi sedang terjadi seperti sekarang ini. Bagi anda yang tidak masuk dalam ketentuan subsidi, maka sudah pasti anda tidak bisa mengikuti beberapa langkah yang sudah kami bagikan tersebut. Hal tersebut memang sudah menjadi kebijakan pemerintah dalam mengatur golongan mana saja yang bisa mendapatkan subisidi atau listrik gratis.

Cara mendapatkan token listrik gratis ini memang sangat mudah dan anda sebagai masyarakat atau pelanggan dari PLN bisa mengikutinya dengan beberapa langkah saja tentunya anda juga harus memiliki koneksi internet.

Cara Mendapatkan Token Gratis Lengkap

Cara mendapatkan token gratis untuk masyarakat yang termasuk dalam kategori kurang mampu atau masuk dalam golongan kelas menengah kini bisa anda lakukan dengan sangat mudah. hal ini memang untuk memudahkan siapa saja masyarakat yang ingin klaim listrik gratis terbaru.

Ada beberapa tahapan mengenai cara mendapatkan token gratis dan semua itu memang harus dilakukan karena apabila tidak token pulsa gratis tidak akan pernah bisa anda dapatkan. Tapi anda sebagai masyarakat tidak perlu mencemaskan hal tersebut karena masih bisa anda lakukan dengan sangat mudah.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi bagaimana cara mendapatkan token gratis tersebut dengan sangat lengkap. Pastikan untuk anda mengikutinya dan perhatikan juga beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku dari pemerintah.

  • Buka aplikasi WhatsApp anda dan chat ke nomor 08122-123-123
  • Masukan ID pelanggan
  • Dan token akan langsung muncul
  • Masukan token tersebut ke dalam meteran listrik sesuai dengan ID pelanggan

Perlu diketahui kalau tidak semua masyarakat bisa menerapkan cara mendapatkan token gratis tersebut. Hanya mereka yang berhak dan masuk dalam ketentuan yang sudah di atur oleh pemerintah berdasarkan undang undang yang berlaku.

Selain cara tersebut, anda juga bisa menggunakan aplikasi dari PLN yakni PLN Mobile untuk mendapatkan token bantuan dari pemerintah. Dan untuk menggunakan cara satu ini maka langkah yang perlu untuk anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di Play Store atau App Store untuk anda pengguna smartphone iOS
  • Buka aplikasi tersebut dan klik menu PLN Peduli Covid 19
  • Masukan ID pelanggan atau nomor meteran anda
  • Token gratis akan langsung muncul

Karena menggunakan aplikasi PLN mobile, pastikan anda memiliki koneksi internet baik itu berupa kuota internet atau jaringan Wifi, semua sama saja asal bisa digunakan untuk mengakses aplikasi dari pemerintah tersebut.

Cara Mendapatkan Token Gratis Dari Website

Cara mendapatkan token listrik gratis juga bisa anda lakukan dari website atau situs resmi milik PLN. Hal ini masih sama saja dengan beberapa cara sebelumnya, anda juga memerlukan yang namanya koneksi internet.

  • Untuk lebih lengkapnya berikut ini setiap langkanya.
  • Buka website PLN di www.pln.co.id
  • Selanjutnya klik menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon);
  • Masukkan ID Pelanggan milik anda atau Nomor Meter sama saja
  • Token gratis akan langsung tampil pada layar anda
  • Masukan token gratis tersebut seperti yang sudah dibahs sebelumnya

Cara mendapatkan token gratis atau cara mendapatkan token listrik gratis memang sangat beragam, hal tersebut dilakukan oleh pemerintah untuk mempermudah anda sebagai konsumen sekaligus masyarakat mendapakatnnya dengan berbagai macam cara yang bisa anda sesuaikan.

Tidak semua orang akan mendapatkan subsidi berupa token listrik gratis tersebut, karena hal tersebut sudah diatur oleh pemerintah berdasarkan ketentuan yang berlaku. Apabila anda termasuk orang yang mendapatkan subsidi atau gratis, maka anda bisa menggunakan cara mendapatkan token gratis tersebut setiap bulan.

Baca juga: Cara Mengecek Tagihan Listrik 100% Mudah Dan Cepat!

Melalui aplikasi WhatsApp

cara mendapatkan token gratis juga bisa anda dapatkan melalui aplikasi kirim pesan seperti WA. Sebagai aplikasi dengan pengguna yang cukup banyak, khususnya di Indonesia. Pemerintah mengambil perhatian yang cukup besar melalui aplikasi ini untuk mencairkan token gratis pemerintah.

Penggunaan aplikasi WA diharapkan bisa memudahkan setiap orang yang berhak mendapatkan bantuan berupa token listrik tersebut. Nah, bagaimana cara mendapatkan token gratis menggunakan aplikasi WA ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Simpan lebih dulu nomor 08122123123
  • Buka aplikasi WA.
  • Selanjutnya chat ke nomor tersebut.
  • Nantinya anda sebagai pelanggan akan mendapatkan pentunjuk.
  • Jangan lupa juga untuk memasukan nomor ID pelanggan.

Apabila semua langkah sudah anda lakukan dengan benar, maka token listrik gratis bisa anda dapatkan. Tentunya ini dengan beberapa persyaratan yang berlaku. Apabila anda bukan termasuk dari golongan yang mendapatkan subsidi, maka anda tidak akan bisa menggunakan cara satu ini.

Selain cara mendapatkan token gratis melalui aplikasi Whatsapp, masih ada beberapa cara lain yang mungkin akan membantu anda dalam hal kemudahan mendapatkan bantuan token listrik gratis.

Melalui web PLN

cara mendapatkan token gratis juga bisa anda lakukan dengan melalui situs resmi milik PLN. Bisa saja anda mengalami beberapa kendala pada cara berikutnya. Untuk berjaga jaga maka anda bisa menggunakan cara yang satu ini saja.

Sama mudahnya, cara ini hanya membutuhkan beberapa langkah saja, yang terpenting adalah ID pelanggan milik anda termasuk ID yang mendapatkan subsidi.

  • Buka situs pln.co.id
  • Buka menu Pelanggan pada situs tersebut.
  • Selanjutnya pilih stimulus covid-19.
  • Masukkan ID pelanggan yang anda miliki
  • Tungu beberapa saat sampai kode token PLN muncul.
  • Apabila sudah, maka anda bisa menggunakan kode tersebut.

Apabila memang sudah mendapatkan token dan berhasil digunakan, kemungkinan besar akan mendapatkan subsidi sebesar 50%.  Tentu saja dengan jumlah tersebut adalah nominal yang cukup besar, terlebih dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini. Berapa pun besar bantuan yang dikeluarkan oleh pemerintah hal tersebut sangat berarti.

Melalui aplikasi PLN Mobile

cara mendapatkan token gratis yang satu ini adalah menggunakan aplikasi milik PLN, yakni PLN Mobile. Jumlah pengguna dari aplikasi ini memang sedikit, tapi anda bisa memanfaatkan aplikasinya untuk mendapatkan bantuan token gratis.

Tentu saja sebelum mulai bagaimana cara menggunakan aplikasi PLN Mobile, maka anda harus lebih dulu download aplikasi yang bersangkutan, bisa melalui app store atau Play Store. Setelahnya anda bisa mengikuti tiap langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi PLN Mobile
  • Bukan menu info & promo yang ada pada aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya pilih PLN peduli Covid-19.
  • Masukkan ID pelanggan yang anda miliki
  • Tunggu beberapa saat.
  • Setelah kode token muncul maka anda bisa langsung menggunakannya.

Jangan lupa untuk menggunakan token pada ID pelanggan yang sudah anda daftarkan sebelumnya, dan jangan pernah untuk melanggar aturan dari pihak pemerintah atau PLN. cara mendapatkan token gratis yang satu ini memang mengharuskan anda untuk melakukan download aplikasi lebih  dulu, tapi setelah aplikasi sudah anda download maka proses tiap langkah selanjutnya akan jauh lebih mudah dan cepat dibanding dengan beberapa cara yang lain.

Cara mendapatkan token gratis memang bisa dilakukan dengan beberapa cara, dan tiap pelanggan dari PLN bebas melakukan berbagai macam cara tersebut sesuai dengan yang diinginkan untuk bisa mendapatkan token listrik gratis.

Walau harus menggunakan nya setiap kali token anda habis atau anda harus melakukan isi ulang, tapi semua cara tersebut tergolong sangat mudah untuk dilakukan oleh semua golongan saat ini. Kalau memang anda termasuk orang yang tidak bisa melakukannya maka anda bisa meminta bantuan dari orang lain atau mungkin saudara untuk menerapkan cara mendapatkan token gratis PLN terbaru dan pastikan semua langkah yang anda lakukan sudah benar.

Melalui aplikasi WhatsApp

cara mendapatkan token gratis juga bisa anda dapatkan melalui aplikasi kirim pesan seperti WA. Sebagai aplikasi dengan pengguna yang cukup banyak, khususnya di Indonesia. Pemerintah mengambil perhatian yang cukup besar melalui aplikasi ini untuk mencairkan token gratis pemerintah.

Penggunaan aplikasi WA diharapkan bisa memudahkan setiap orang yang berhak mendapatkan bantuan berupa token listrik tersebut. Nah, bagaimana cara mendapatkan token gratis menggunakan aplikasi WA ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Simpan lebih dulu nomor 08122123123
  • Buka aplikasi WA.
  • Selanjutnya chat ke nomor tersebut.
  • Nantinya anda sebagai pelanggan akan mendapatkan pentunjuk.
  • Jangan lupa juga untuk memasukan nomor ID pelanggan.

Apabila semua langkah sudah anda lakukan dengan benar, maka token listrik gratis bisa anda dapatkan. Tentunya ini dengan beberapa persyaratan yang berlaku. Apabila anda bukan termasuk dari golongan yang mendapatkan subsidi, maka anda tidak akan bisa menggunakan cara satu ini.

Selain cara mendapatkan token gratis melalui aplikasi Whatsapp, masih ada beberapa cara lain yang mungkin akan membantu anda dalam hal kemudahan mendapatkan bantuan token listrik gratis.

Melalui web PLN

cara mendapatkan token gratis juga bisa anda lakukan dengan melalui situs resmi milik PLN. Bisa saja anda mengalami beberapa kendala pada cara berikutnya. Untuk berjaga jaga maka anda bisa menggunakan cara yang satu ini saja.

Sama mudahnya, cara ini hanya membutuhkan beberapa langkah saja, yang terpenting adalah ID pelanggan milik anda termasuk ID yang mendapatkan subsidi.

  • Buka situs pln.co.id
  • Buka menu Pelanggan pada situs tersebut.
  • Selanjutnya pilih stimulus covid-19.
  • Masukkan ID pelanggan yang anda miliki
  • Tungu beberapa saat sampai kode token PLN muncul.
  • Apabila sudah, maka anda bisa menggunakan kode tersebut.

Apabila memang sudah mendapatkan token dan berhasil digunakan, kemungkinan besar akan mendapatkan subsidi sebesar 50%.  Tentu saja dengan jumlah tersebut adalah nominal yang cukup besar, terlebih dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini. Berapa pun besar bantuan yang dikeluarkan oleh pemerintah hal tersebut sangat berarti.

Melalui aplikasi PLN Mobile

cara mendapatkan token gratis yang satu ini adalah menggunakan aplikasi milik PLN, yakni PLN Mobile. Jumlah pengguna dari aplikasi ini memang sedikit, tapi anda bisa memanfaatkan aplikasinya untuk mendapatkan bantuan token gratis.

Tentu saja sebelum mulai bagaimana cara menggunakan aplikasi PLN Mobile, maka anda harus lebih dulu download aplikasi yang bersangkutan, bisa melalui app store atau Play Store. Setelahnya anda bisa mengikuti tiap langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi PLN Mobile
  • Bukan menu info & promo yang ada pada aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya pilih PLN peduli Covid-19.
  • Masukkan ID pelanggan yang anda miliki
  • Tunggu beberapa saat.
  • Setelah kode token muncul maka anda bisa langsung menggunakannya.

Jangan lupa untuk menggunakan token pada ID pelanggan yang sudah anda daftarkan sebelumnya, dan jangan pernah untuk melanggar aturan dari pihak pemerintah atau PLN. cara mendapatkan token gratis yang satu ini memang mengharuskan anda untuk melakukan download aplikasi lebih  dulu, tapi setelah aplikasi sudah anda download maka proses tiap langkah selanjutnya akan jauh lebih mudah dan cepat dibanding dengan beberapa cara yang lain.

Cara mendapatkan token gratis memang bisa dilakukan dengan beberapa cara, dan tiap pelanggan dari PLN bebas melakukan berbagai macam cara tersebut sesuai dengan yang diinginkan untuk bisa mendapatkan token listrik gratis.

Cara Mengisi Token Listrik

Setelah bahasan cara mendapatkan token listrik gratis tidak lengkp jika cara mengisi token listrik memang menjadi sebuah informasi yang penting. Karena sudah bisa dipastikan semua orang memerlukan yang namanya listrik, maka cara mengisi ulang listrik tersebut sangatlah penting untuk anda ketahui.

Walau sudah ada beberapa tahun, tapi kehadiran token listrik ini belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat Indonesia. Khususnya mereka para orang yang sudah lanjut usia. Dan karena saat ini memang para pengguna baru menggunakan token listrik atau listrik pasca bayar, maka informasi ini sangat penting untuk dikuasai.

Pada token listrik atau listrik pulsa tersebut, pelanggan akan mendapat 20 digit berupa kode token yang nantinya diinput dalam meteran prabayar milik pelanggan di rumah. Token listrik pulsa tersebut bisa anda dapatkan dengan banyak cara di banyak tempat bisa dari penjual pulsa, beberapa warung yang memang menyediakan, minimarket, ATM bank, dan berbagai macam carayang lain.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi bagaimana cara mengisi token listrik pulsa PLN pascabayar dan cara mendapatkan token listrik gratis. Berikut ini untuk ulasan lebih lengkapnya.

Cara Mengisi Token Listrik PLN

Setelah anda mendapatkan 20 digit kode pulsa token dari penjual, saatnya untuk anda masukkan ke meteran. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan menekan tombol angka yang berada di bagian bodi meteran sesuai dengan kode angka yang diperoleh.

Apabila semua angka sudah anda masukkan maka cek kembali untuk memastikan apakah kode tersebut benar atau salah. Apabila memang sudah benar, maka anda bisa langsung tekan ENTER dan listrik akan secara otomatis terisi.

Tapi, apabila saat melakukan cara mengisi token listrik dan ada kode yang salah, maka anda bisa mengulangnya atau menghapusnya dengan tombol BACKSPACE  dan pastikan untuk cek kembali kode tersebut sekali lagi.

Saat anda selesa memasukan kode dan terdapat notifikasi pada layar meteran BENAR atau ACCEPT maka listrik sudah berhasil anda tambahkan. Tapi, ketika melakukan hal tersebut terdapat notif berupa GAGAL atau REJECT maka ada kode yang salah.

Karena itulah dianjurkan untuk mengecek kode tersebut sebelum anda benar benar menekan ENTER seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Apabila kode yang anda gunakan memang salah, maka tidak akan pernah anda bisa untuk masukan dalam meteran.

Jumlah KWh yang Akan Didapatkan

Perlu anda ketahui juga saat mengisi ulan token listrik PLN besarnya jumlah yang anda beli dengan KWh yang akan anda dapatkan tidak lah sama. Hal ini memang sudah menjadi ketentuan yang berlaku. Hal tersebut terjadi karena ketika anda melakukan pembelian token listrik pascabayar, ada beberapa biaya biaya lain yang akan dikenakan kepada anda, termasuk pajak, administrasi, dan juga penghitungan tarif dasar.

Jadi, ketika anda membeli token listrik 100 ribu maka jumlah dari KWh yang akan anda dapatkan tidak akan sampai pada angka tersebut atau berada di bawah dari jumlah yang sudah anda beli. Sekali lagi, karena anda sudahmengetahui alasan tersebut maka anda tidak perlu lagi mempertanyakannya.

Agar anda tidak bingung lagi, cobalah untuk memperhatikan cara menghitung token listrik dan cara mendapatkan token listrik gratis. Misalnya saja ketika konsumen membeli token listrik sebsar Rp.200.000 melalui ATM bank mana saja yang diguakan maka akan dikenakan biaya tambahan administrasi sebesar Rp 3.000. dan listrik yang di rumah menggunakan daya sebesar 1300 VA dan konsumen tersebut berada di domisili Jakarta.

Cara penghitungan token listrik yang akan konsumen dapatkan adalah sebagai berikut ini.

  • Harga kode Pulsa Token Listrik PLN Rp 200.000
  • Biaya tambahan beruapa Administrasi ATM sebesar Rp 3.000
  • Daya Listrik yang dimiliki adalah 1.300 VA maka termasuk dalam kategori mampu (R1M)
  • Tarif dasar listrik per KWh sebesar Rp.1467,28
  • PPJ untuk wilayah Jakarta adalah 3%

Sehingga perhitungan yang sesuai adalah sebagai berikut:

  • Biaya administrasi: Rp.200.000 – Rp.3.000 = Rp.197.000
  • Biaya PPJ  : Rp.197.000 – ((Rp.197.000 x 3%) = Rp.191.090
  • Maka nilai token yang tersisa sebesar Rp 191.090
  • Jumlah kWh yang diperoleh : 191.090 / 1467,28 = 130,23 kWh

Jadi apabila konsumen melakukan pembelian listrik token sebesar Rp.200.000 dan konsumen tersebut berdomisili di wilayah Jakarta sekaligus menggunakan daya listrik yang tergolong mampu atau 1300 VA maka akan mendapatkan KWh sejumlah 130,23 kWh.

Penting sekali untuk mengetahui cara mengisi token listrik sekaligus penghitungan dari KWh yang akan didapatkan. Karena banyak sekali orang yang tidak memahaminya dan akhirnya merasakan hal yang tidak wajar, padahal hal tersebut sudah menjadi ketentuan yang memang wajar.

Tempat Beli Token Listrik

cara mengisi token listrik yang sudah anda ketahui sebelumnya, kami juga akan berbagi beberapa tempat untuk beli token listrik. Ada beberapa tempat yang bisa anda pilih dan sesuaikan mana yang mungkin lebih mudah bagi anda.

Beli Pulsa Listrik dari Situs Belanja

Pertama adalah melalui situr belanja online, termasuk semau situs belanja online yang anda kenal. Saat ini sudah ada banyak market place atau situs belanja online yang menyediakan fitur tersebut. Hal ini tentu akan memberikan anda kemudahan dalam memperoleh token listrik. Tidak hanya belanja saja, tapi anda bisa sembari belanja juga membli token listrik.

Menariknya, beberapa situs belanja online sering kali mengadakan program promo tertentu, termasuk token listrik. Jadi, dengan menggunakan cara ini maka anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah atau bahkan gratis dengan beberapa ketentuan yang sudah berlaku.

Menggunakan Aplikasi

Cara membeli token listrik pasca bayar berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi. Sama hal dengan cara sebelumnya, ada beberapa aplikasi yang menyediakan pembelian token listrik dengan sangat cepat dengan berbagai metode pembayaran yang akan memudahkan anda sebagai konsumen.

Biasanya beberapa aplikasi yang menyediakan fitur tersebut adalah aplikasi untuk pembayaran online, seperti OVO, DANA, dan beberapa aplikasi sejenis lainnya. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, beberapa aplikasi juga sering menyediakan promo dengan harga yang lebih murah. Bahkan, ada juga aplikasi yang menawarkan poin tertentu setelah anda beli token listrik. Nantinya, poin tersebut bisa anda buat untuk keperluan yang lain seperti beli kuota internet atau keperluan lain yang mungkin jauh lebih penting.

Karena anda menggunakan aplikasi pembayaran, maka metode pembayaran untuk token yang sudah anda beli juga sangat beragam. Anda bisa melakukan isi ulang saldo lebih dulu, atau melakukan berbagai macam metode yang lain sesuai dengan aplikasi yang bersangkutan.

cara mengisi token listrik dan cara membeli token listrik PLN saat ini memang sangat mudah. hal tersebut berkat kemajuan teknologi dan juga banyak nya aplikasi yang beredar. Asalkan anda memiliki smartphone dan juga kuota internet, maka anda bisa melakukan segalanya menjadi lebih mudah, termasuk cara mengisi token listrik dan juga membeli token listrik.

cara memasukan token listrik

cara memasukan token listrik melalui M-Banking

cara memasukan token listrik saat ini juga bisa anda lakukan menggunakan aplikasi M banking. beberapa bank saat ini sudah menyediakan fitur untuk beli token listrik dari aplikasi mobile banking dengan sangat mudah.

adanya fitur ini tentu akan semakin membantu anda mendapatkan token listrik. Jadi anda tidak perlu bingung lagi saat ingin mengisi kembali token listrik, karena kini bisa anda dapatkan dengan berbagai macam cara, termasuk melalui aplikasi mobile banking.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi apa saja cara memasukan token listrik menggunakan aplikasi mobile banking. Pastikan anda mengikuti ulasan kali ini sampai habis. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Memasukan Token Listrik

Mandiri

cara memasukan token listrik yang pertama bisa anda lakukan dengan aplikasi mobile banking mandiri. Mandiri adalah salah satu bank yang menyediakan fitur tersebut untuk membantu anda semakin mudah dalam banyak hal. Berikut ini penjelasannya.

  • Buka aplikasi Mandiri Online.
  • Login sesuai dengan username dan juga password yang anda miliki
  • Masuk pada menu Beli.
  • Oilih menu untuk Pembelian Baru, dan pilih PLN Prabayar.
  • Pilih Rekening Sumber yang ingin Anda gunakan, dan pilih isian Penyedia Jasa.
  • Selanjutnya pilih PLN Prabayar.
  • Masukkan IDPEL atau nomor Meter anda, dan tentukan juga Nominal Token lalu pilih Lanjut.
  • Transaksi selesai setelah anda memasukan MPIN.

BRI

cara memasukan token listrik menggunakan aplikasi mobile bankin berikutnya adalah menggunakan aplikasi dari bank BRI. Sama seperti cara berikutnya, cara satu ini juga masih sangat mudah untuk bisa anda ikuti sampai benar benar berhasil. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  • Buka lebih dulu aplikasi Mobile Banking BRI.
  • Pilih menu Isi Ulang.
  • Selanjutnya pilih menu PLN.
  • Silahkan tentukan jenis transaksi yakni PLN Prabayar.
  • Selanjutnya masukan ID pelanggan atau nomor meteran milik anda.
  • Pilih nominal token yang akan dibeli
  • Selanjutnya klik OK.
  • Masukkan PIN dan klik Send.
  • Selanjutnya aplikasi tersebut akan melakukan mengonfirmasi apakah Anda ingin melakukan transaksi dari SMS dan Klik Ok.
  • Setelah berhasil cek SMS

Pada aplikasi SMS akan muncul kode token yang sudah anda beli, anda hanya perlu memasukan kode token tersebut ke meteran milik anda sendiri seseuai dengan cara yang sebelumnya juga sudah kita bahas dengan sangat lengkap.

BNI

cara memasukan token listrik berikut ini adalah menggunakan aplikasi BNI Mobile. Karena masih sama menggunakan aplikasi mobile bangkin, langkah yang harus dilakukan masih sama, hanya ada beberapa perbedaan saja. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  • Buka aplikasi Mobile Banking BNI
  • Pilih menu Pembelian.
  • Selanjutnya pilih menu Token Listrik.
  • Selanjutnya anda pilih Beli Token PLN Prepaid.
  • Masukan ID pelanggan dan juga jumlah yang akan anda beli
  • Klik proses
  • Selanjutnya anda akan menerima SMS yang meminta Anda untuk memasukkan nominal token listrik beserta dua angka dari pin SMS Banking BNI.
  • Transaksi akan dinyatakan berhasil setelah Anda menerima kode token listrik

Untuk mobile bankin BNI, memang sedikit lebih ribet dan ada beberapa langkah penyesuaian yang harus anda lakukan. Tapi apabila hal tersebut bisa anda pahami dengan sangat baik terlebih anda adalah nasabah dari bank BNI, maka ini akan sangat membantu anda untuk lebih cepat dalam hal pembelian token listrik.

Cara memasukan token listrik dari mobile banking tentu jauh lebih mudah dan juga cepat, hanya butuh beberapa langkah saja sampai anda mendapatkan token listrik.

Cara Daftar Listrik Gratis dari Pemerintah

Cara daftar token listrik gratis bisa anda lakukan dengan beberapa cara, tentunya apabila anda sudah mengikuti atau termasuk dalam syarat dan ketentuan yang berlaku. cara daftar token listrik gratis memang lebih mudah apabila anda termasuk sebagai orang yang mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Walau ini memang menjadi bantuan dari pemerintah, tapi sebagai pengguna anda perlu melakukan bebera hal sampai token tersebut bisa anda gunakan. Apabila anda memang sudah merasa termasuk dalam salah satu golongan orang yang berhak menerima bantuan tersebut, maka anda bisa melanjutkan informasi ini.

Tapi, apabila anda adalah orang yang tidak termasuk dalam golongan tersebut, maka apa saja yang anda lakukan tidak akan pernah berhasil untuk bisa mendapatkan token listrik PLN gratis. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi apa saja cara daftar token listrik gratis dari pemerintah tersebut. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Cara Daftar Token Listrik Gratis Dari Website PLN

Cara daftar token listrik gratis yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan website milik PLN. Ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan dari website tersebut, termasuk salah satunya adalah mengenai bantuan subsidi listrik gratis.

Untuk bisa menggunakan cara ini, anda harus memiliki koneksi internet lebih dulu, dan situ resmi dari PLN adalah www.pln.co.id. Kalau untuk mengetahui tagihan anda diharuskan untuk melakukan pendaftaran dan login, maka untuk bisa mendapatkan subsidi anda tidak perlu melakukan hal tersebut.

Anda cukup klik menu Pelanggan dan pilih Stimulus Covid-19 untuk bisa mendapatkan token listrik gratis atau subsidi. Masukkan juga nomor ID pelanggan milik anda. Apabila berhasil, maka anda akan mendapatkan token listrik gratis selama 6 bulan, dan besar kemungkinan akan lebih lama.

Cara Daftar Token Listrik Gratis Menggunakan Whatsapp

cara daftar token listrik gratis yang beriktunya adalah dengan menggunakan aplikasi WA. Cara ini tentu tidak akan asing bagi sebagian besar orang, karena WA sendiri adalah aplikasi dengan jumlah pengguna yang cukup banyak di Indonesia.

Untuk bisa menggunakannya, anda harus menyimpan lebih dulu 0812-2-123-123. Apabila sudah maka langsung saja chat ke nomor tersebut dengan Start, atau hallo, atau kata yang lain terserah anda.

Nantinya anda akan mendapatkan balasan berupa akses untuk bantuan subsidi PLN, dan berbagai informasi lain seperti tagihan anda dan sebagainya. Sebagai aplikasi dengan jumlah pengguna yang cukup banyak, pemerintah tentu berharap banyak orang yang bisa adaptkasi dengan cara yang satu ini. Terlebih cara penggunaan dari cara ini juga tergolong mudah karena anda sudah tidak asing dengan aplikasi yang digunakan.

Melalui Perangkat Desa

Cara daftar token listrik gratis juga bisa anda lakukan melalui perangkat desa atau kelurahan. Selain menggunakan beberapa cara yang sudah kami sebutkan sebelumnya, apabila anda memang merasa benar benar butuh bantuan berupa token gratis tersebut, maka anda juga bisa mengajukan hal tersebut ke pihak perangkat yang terkait.

Tentu saja cara ini memerlukan beberapa proses sampai akhrinya anda mendapatkan bantuan berupa listrik gratis atau subsidi. Apabila memang anda termasuk dalam golongan yang membutuhkan, maka setiap proses atau cara daftar token listrik gratis tersebut akan lebih mudah dan cepat.

Cara daftar token listrik gratis memang sangat mudah, dan kini bisa anda lakukan dengan beberapa cara yang berbeda dan bisa anda sesuaikan.

Syarat Dan Ketentuan Cara Mendapatkan Pulsa Listrik Gratis

Cara mendapatkan pulsa listrik gratis hanya bisa anda peroleh apabila anda sudah masuk dalam syarat dan juga ketentuan dari pihak PLN. Seberaa banyak cara mendapatkan pulsa listrik gratis yang sudah anda lakukan, kalau memang tidak termasuk dalam ketentuan tersebut maka tidak akan pernah bisa.

cara mendapatkan pulsa listrik gratis dari PLN adalah hal yang mudah, asalkan anda mengetahui apa saja syarat dan ketentuannya. Setelah mengetahui beberapa cara mendapatkan token listrik gratis, maka saat ini kami akan membahas apa saja yang menjadi syarat untuk bisa termasuk dalam orang yang mendapatkan subsidi listrik.

Dengan anda mengetahui apa saja yang menjadi syarat dan ketentuan tersebut, maka sebagai pelanggan sekaligus masyarakat Indonesia maka anda hanya perlu untuk menyiapkan ID pelanggan saja dan mengikuti setiap langkah yang ada.

Apa saja syarat dan ketentuan tersebut? Berikut ini akan kami bagikan dengan lengkap hanya untuk anda. Ikuti terus ulasan lengkapnya berikut ini.

Tergolong Rumah Tangga Miskin

cara mendapatkan pulsa listrik gratis yang pertama adalah anda harus termasuk pada golongan rumah tangga miskin. Rumah tangga miskin sendiri adalah rumah tangga dengan pengeluaran rata-rata per kapita kurang dari garis kemiskinan pada tidap bulannya.

Besarnya garis kemiskinan adalah ketika pengeluaran per kapita tersebut tiap bulan hanya Rp 347.500, saja. Apabila di bawah garis tersebut, maka berhak untuk mendapatkan bahkan gratis beberapa kebutuhan, termasuk listrik dari pemerintah.

Daya Listik 450 VA dan 900 VA

cara mendapatkan pulsa listrik gratis yang berikutnya adalah menggunakan listrik dengan daya 450 VA atau 900 VA. Apabila anda menggunakan listrik dengan daya tersebut, maka Anda berhak untuk mendapatkan pulsa listrik gratis dari pemerintah.

Baik anda sebagai pelanggan prabayar atau pascabayar selama masih menggunakan daya 450VA maka akan tetap mendapatkan subsidi. Memang untuk syarat yang satu ini tidak akan benar benar memberikan gratis sepenuhnya, melainkan dengan sistem subsidi 50%, dan nilai tersebut tentu sudah sangat besar.

Kategori Pelanggan B1 atau I1

cara mendapatkan pulsa listrik gratis yang berikutnya adalah termasuk dalam golongan B1 dan I1. B1 sendiri adalah bisnis dalam skala kecil sedangkan untuk I1 adalah industri dalam ukuran skala kecil. Kedua sektor tersebut kebanyakan masih menggunakan daya listrik 450 VA. Jadi, apabila usaha yang anda jalankan menggunakan syarat tersebut, maka berhak mendapatkan bantuan.

Berada di Wilayah 3T

cara mendapatkan pulsa listrik gratis berikutnya adalah berada pada wilayah 3T, atau terdepan, terluar dan tertinggal. Pemerintah memang sudah melakukan berbagai upaya untuk menyediakan listrik bahkan sampai ke pelosok, tapi karena berbagai macam hal maka belum bisa sepenuhnya terlaksana.

Apabila anda termasuk dalam kategori tersebut, maka anda juga berhak untuk mendapatkan bantuan listrik gratis dari pihak PLN atau pemerintah. Dengan wilayah negara yang luas, tentu bukan hal yang mudah untuk meratakan infrastruktur, termasuk dalam hal ini adalah kebutuhan listrik, jadi mungkin tidak banyak yang akan bisa anda lakukan apabila anda berada pada wilayah tersebut.

cara mendapatkan pulsa listrik gratis memang ada banyak, dan bisa anda lakukan dengan mudah. sebagai pelanggan, anda hanya perlu menyiapkan ID pelanggan saja. Tentu saja hal tersebut apabila anda sudah termasuk atau memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah disebutkan.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *