3 Cara Budidaya Ikan Nila Agar Cepat Untung!

Teknik dan Cara Budidaya Ikan Nila Agar Cepat Untung!

Belakangan ini, ikan nila menjadi jenis ikan yang sering dibudidayakan. Hal itu dikarenakan ikan nila mempunyai banyak keunggulan dari segi harga yang menguntungkan, memiliki kemampuan tumbuh yang baik, serta dapat dibudidayakan di berbagai tempat. Meskipun mudah dibudidayakan, kamu perlu mengerti tentang Cara budidaya ikan nila yang baik dan benar. Berikut ini adalah tempat yang dapat kamu gunakan untuk membudidayakan ikan nila dari koinx.id:

Cara Budidaya Ikan Nila Di KolamTerpal

Budidaya ikan nila di terpal dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin memelihara ikan nila. Dengan menggunakan kolam terpal, akan memudahkan kamu bila akan berganti lokasi kolam dan juga suhu air pada kolam terpal lebih stabil. Berikut ini merupakan cara membuat kolam terpal lengkap dengan modal yang kecil (ramah kantong):

Eits,, baca juga: Cara Budidaya porang Agar Cepat Panen

  • Menggali tanah kurang lebih 70 cm dan bersihkan dari batuan maupun kotoran lain sampai tanah rata.
  • Buat tanggul agar terpal kuat dan tidak mudah rusak. Jangan lupa untuk menaburkan sekam di dasar kolam.
  • Pasang terpal dengan rapi dan hati-hati. Untuk membuat terpal tidak bergeser, letakkan beberapa pemberat ditepi terpal.
  • Buat sanitasi untuk memudahkan kamu dalam membersihkan kolam terpal.
  • Beton

Beberapa keunggulan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan jenis kolam beton untuk budidaya ikan nila adalah tidak mudah bocor, kolam ini juga dapat anda gunakan berkali-kali, dan sangat memudahkan anda pada proses pengontrolan, dan juga aman dari serangan predator pengganggu ikan nila.

Cara Budidaya Ikan Nila Di Ember

Cara budidaya ikan nila dalam ember juga dapat menjadi alternatif untukmu jika memiliki lahan yang tidak luas. Kamu juga bisa menggunakan teknik aquakultur yaitu dengan memadukan budidaya ikan nila di dalam ember dan menanami permukaan atas dengan tanaman. Keunggulan dari cara budidaya ini adalah ikan akan terasa hidup pada habitat asli yang banyak tumbuhan, dan tumbuhan akan mendapatkan pupuk alami dari kotoran ikan.

Itulah beberapa Cara budidaya ikan nila diberbagai tempat yang dapat menjadi referensi untukmu. Dengan tempat sederhana seperti ember, kamu dapat membuat budidaya ikan nila rumahan. Gimana? Tertarik untuk mencoba?

Cara Budidaya Ikan Nila Yang Benar

Selain dikenal sebagai ikan yang kaya akan manfaat, ternyata ikan nila juga menjadi ikan yang paling menguntungkun bila dijual. Harga ikan nila bisa mencapai 40 ribu per kilonya. Hal ini menjadikan banyak orang berlomba-lomba untuk membudidayakan jenis ikan ini. Berikut ini merupakan Cara budidaya ikan nila:

Eits, baca juga: Cara Budidaya Lobster Air Tawar, Dijamin Cepat Untung!

Bibit ikan nila

Kamu dapat memperoleh bibit ikan nila dengan membeli maupun memperoleh dari indukan ikan nila secara langsung. Pilih bibit ikan nila yang baik dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bibit ikan nila memiliki warna belang yang jelas. Panjangnya kurang lebih 12 cm.
  • Kondisi bibit ikan nila sehat (tidak cacat dan geraknya lincah).
  • Pilih bibit dengan warna yang sama.
  • Berat bibit kurang lebih 30 gram.
  • Penyebaran bibit

Penyebaran bibit dapat dilakukan pada tempat budidaya ikan nila yang telah dibahas pada bagian atas. Sebarkan bibit secara perlahan dan hati-hati agar bibit ikan nila tidak stres.

Perawatan ikan nila

Agar ikan nila tumbuh dengan baik, maka diperlukan perawatan yang benar. Bersihkan kolam secara berkala dan beri asupan gizi pada ikan nila. Beberapa orang memberikan palet sebagai pakan. Palet dipercaya sebagai makanan ikan yang kaya akan protein.

Proses panen

Ikan nila siap dipanen saat berusia 6 bulan dengan berat idealnya 500 gram.

Itulah beberapa cara sederhana untuk membudidayakan ikan nila. Untuk mendapatkan ikan nila dengan kualitas yang baik, tentunya diperlukan perawatan yang baik pula. Dengan begitu, ikan nila akan tumbuh dengan baik dan bernilai jual tinggi. Dan semoga informasi cara budidaya ikan nila lengkap dari kolam terpal, ember diatas dapat menjadikan refrensi peluang usaha untuk anda memulai bisnis, dan tentunya jangan lupa untuk tekan tombol share dan komen nya ya!

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *