4 Cara Menanam Kangkung Hingga Panen!

4 Cara Menanam Kangkung Hingga Panen!

Cara menanam kangkung atau budidaya kangkung banyak sekali caranya, mulai dari menggunakan ember, pot hingga juga menggunakan media polybag, sepertinya menjadi cara menanam kangkung yang sedang banyak diterapkan ini. Apalagi, dengan adanya kasus pandemi Covid-19 ini, para masyarakat di Indonesia, semakin gemar untuk bercocok tanam di rumah. Nah, budidaya kangkung sendiri, merupakan salah satu tanaman sayuran, yang paling sering dijadikan uji coba. Hal ini disebabkan, karena cara menanam kangkung yang mudah dan cocok untuk di segala lingkungan mana saja.

Dan pada umumnya kangkung ini terdapat dua jenis kangkung yang dapat dijual di pasar, yaitu kangkung yang dipotong bagian akarnya saja dan juga kangkung yang masih terikat dengan akarnya. Nah, apa perbedaannya dari kedua jenis kangkung ini?

Eits, Baca juga: Cara Budidaya porang Agar Cepat Panen

Yang pertama kangkung yang telah dipotong akarnya merupakan jenis kangkung air, sedangkan kangkung yang masih terikat dengan akarnya merupakan jenis kangkung darat. Kedua jenis kangkung ini sama sama mudah untuk dibudidayakan lho.

Cara Menanam / Budidaya Kangkung Hidroponik

Menyiapkan Bahan dan Peralatan Untuk Menanam Kangkung

Nah, bahan bahan dan alat yang anda butuhkan untuk cara menanam kangkung hidroponik ini bisa anda dapat secara mudah lho. Apa aja itu? Berikut beberapa bahan dan alat yang harus anda siapkan terlebih dahulu dari tim koinx.id:

  1. Benih kangkung
  2. Pupuk hidroponik atau pupuk organik cair yang merupakan buatan sendiri
  3. Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) contoh nya atonik
  4. Saringan yang berbentuk seperti besek plastik
  5. Baskom sebesar besek plastik

Menyemai Benih Kangkung Darat Atau Air

Cara menanam kangkung hidroponik selanjutnya yaitu dengan menyemai benih nya. Nah, sebelum anda menyemai, anda harus tau terlebih dahulu apakah benih yang anda tanam adalah benih berkualitas baik atau tidak. Untuk memastikan nya, cobalah pakai cara ini untuk memastikan benih yang anda gunakan berkualitas baik atau tidak:

  • Sediakan baskom berisi air.
  • Taruhlah beberapa benih kangkung di dalam wadah tersebut.
  • Biarkanlah benih tersebut sekira 24 jam.
  • Kemudian, lihatlah benih yang mengapung dan tenggelam.
  • Buanglah benih yang mengapung, karena itu adalah benih yang tidak dapat berkecambah atau pertumbuhannya lambat.
  • Setelah mendapat benih berkualitas baik, maka kamu siap menyemai benih kangkung.

Kemudian setelah selesai mengecek bibit anda berkualitas atau tidak, ikuti cara menyemai benih kangkung ini:

  • Ambil kain yang kira-kira kuat menahan air.
  • Bungkuslah benih yang telah direndam menggunakan kain.
  • Siram kain dengan air hangat secukupnya.
  • Kain harus sedikit basah untuk menjaga kelembapan dan benih kangkung cepat berkecambah.
  • Kamu bisa menaruh kain itu di atas besek sebagai wadah.

Penggunaan Pupuk Yang Tepat

Nah, setelah anda selesai menyemai bibit kangkung anda, maka selanjutnya bisa menggunakan pupuk AB Mix untuk memberikan nutrisi pada tanaman kangkung.

Berikut langkah pemberian pupuk AB Mix:

Eits, baca juga: Ini Cara Budidaya Kutu Air, Agar Untung Maksimal!

  1. Siapkan baskom berisi satu liter air.
  2. Campur air dalam baskom tersebut dengan 5 ml pupuk A dan 5 ml pupuk B.
  3. Aduk campuran air dan pupuk tersebut.
  4. Sebagai catatan, ketinggian campuran air tersebut maksimal mencapai batas bawa besek yang akan ditaruh di atas baskom.

Cara Merawat Kangkung

Jika sudah menggunakan pupuk, maka tahap terakhir yaitu dengan merawat kangkung anda, yang dimana disaat tanaman sudah berumur dua minggu, konsentrasi larutan akan bertambah. Dan saat itu pula, anda perlu menambahkan larutan pupuk, dari 5 ml menjadi 9 ml per satu liter air.

Selain itu, anda juga wajib mengganti larutan pupuk jika sudah menimbulkan bau, dan anda sudah bisa memanen kangkung hidroponik ini setelah 4 sampai 6 minggu di mulai dari hari anda menanam. Dan yang terpenting saat menanam kangkung hidroponik adalah anda harus rajin untuk mengecek pertumbuhan kangkung.

Nah, itu tadi merupakan cara menanam kangkung hidroponik yang bisa anda coba untuk membudidayakan kangkung darat maupun kangkung air. Dan selain dengan menggunakan hidroponik, anda bisa juga dapat menggunakan polybag ataupun tanpa tanah, dengan cara menanam kangkung yang hampir sama. Dan jangan lupa untuk budidaya kangkung ini memilki peluang usaha yang bagus lho, jadi jangan ragu untuk menanam atau budidaya kangkung ya!

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *