Cara Mudah Cek Kecepatan Internet di HP dan Laptop

Posted on

Saat ini internet sudah menjadi bagian sehari-hari dalam kehidupan masyarakat. Hampir semua hal dari mulai belajar, bekerja, mengakses hiburan, bahkan memesan makanan pun kini memerlukan pemakaian internet. Saat ini juga umumnya setiap rumah tangga memiliki fasilitas WiFi untuk kelancaran berinternet bagi seluruh keluarga. WiFi juga umumnya lebih hemat jika digunakan untuk rumah tangga.

Tapi ada saja saat internet menjadi sangat lambat. Hal ini sudah pasti mengundang emosi. Saat sedang menonton video tapi tiba-tiba terus-terusan loading, atau sedang mencoba mengakses situs taruhan online seperti M88 tetapi aksesnya malah tidak lancar dan sangat lambat, bisa jadi ada gangguan pada kecepatan internet yang kita gunakan.

Saat kita berlangganan paket internet atau WiFi, penyedia layanan atau provider biasanya sudah memberikan informasi mengenai kecepatan internet yang dapat digunakan. Saat ternyata internet melambat, saatnya untuk mengecek kecepatan internet yang sedang digunakan, apakah sesuai dengan yang diharapkan. Memang, kecepatan internet dapat dipengaruhi beberapa hal lain, misalnya kecepatan internet dari WiFi akan tergantung dari berapa banyak perangkat yang menggunakan sambungan WiFi yang sama. Atau aktivitas apa saja yang sedang dilakukan, misalnya saat menonton video streaming atau meeting online tentunya akan memerlukan transfer data yang cukup besar, sehingga saat membuka aplikasi lain menjadi agak tersendat. Saat Anda perlu memeriksa kecepatan internet yang sedang digunakan, perhatikan caranya berikut ini:

Cara Cek Kecepatan Internet di HP

Mengecek kecepatan internet di HP bisa dilakukan dengan gratis dan mudah dengan mengakses aplikasi atau website berikut ini:

Google Speed Test Stadia

Cara termudah bagi HP Android untuk melakukan cek kecepatan internet adalah dengan fasilitas speed test hasil kerjasama Google dengan M-Lab yang juga disebut dengan Google Stadia. Caranya cukup dengan mengunjungi situs projectstream.google.com/speedtest dan mengklik ikon “Check Now”. Proses pengecekan akan memakan waktu sekitar 30 detik, dan kecepatan internet HP Anda akan muncul setelah itu.

Speedtest.net

Situs lainnya yang paling banyak digunakan untuk mengecek kecepatan internet HP adalah Speedtest.net. Anda juga bisa mengunduh aplikasi Speedtest secara gratis untuk melakukan pengecekan kecepatan internet. Cara mengecek kecepatan internet dengan aplikasi Speedtest mudah saja, cukup dengan mengklik tombol “Go” dan menunggu kurang lebih 30 detik, data kecepatan internet HP sudah muncul.

 Internet Speed Meter Lite

Aplikasi lain yang rekomended untuk pengecekan kecepatan internet di HP adalah dengan memakai aplikasi Speed Meter Lite. Untuk menggunakannya, Anda perlu mengunduh aplikasi ini di HP. Setelah mengunduh aplikasi ini, data kecepatan internet akan muncul saat Anda membuka aplikasi.

Apa yang harus dilakukan saat kecepatan internet turun

Saat membeli paket internet, katanya kecepatannya hingga 16 Mbps. Tapi ternyata setelah ditest realtime, kecepatannya hanya 5 Mbps misalnya. Saat kecepatan internet lebih lemot dari yang seharusnya, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah merestart HP jika Anda memakai paket internet atau kuota dengan sim card. Jika Anda memakai WiFi, cobalah matikan kabel WiFi Anda selama 30 detik dan sambungkan kembali. Jika kendala internet lambat ini masih saja terjadi, cobalah untuk menghubungi operator atau layanan pelanggan WiFi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Biasanya kecepatan internet melambat saat provider mengalami gangguan atau sedang dilakukan pembaruan sistem. Anda juga bisa mendiskusikan dengan customer service jika ingin mengupgrade paket internet dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.