Cara Membuat SKCK Online Lewat HP 100% Work!

Cara Membuat SKCK Online Lewat HP 100% Work!

Cara membuat skck online lewat hp kini menjadi sebuah solusi yang pas terlebih pandemi sedang berlangsung seperti sekarang ini. Dengan semua proses serba online, artinya anda sebagai pengaju atau pembuat tidak perlu lagi keluar rumah untuk melakukan hal tersebut.

Cara membuat skck online lewat hp dan SKCK Online atau bisa juga anda sebut dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian memang diperlukan untuk beberapa urusan penting. Biasanya, pelamar yang sedang melamar pekerjaan akan dimintai untuk menyertakan berkas tersebut. Tentu saja hal tersebut sah sah saja karena perusahaan ingin mendapatkan calon pegawai yang bebas dari tindakan kriminal.

Dengan memiliki surat SKCK artinya anda terbukti secara tertulis langsung dari kepolisian tidak pernah melakukan tindak pidana yang melanggar hukum. Karena apabila anda pernah melanggar hukum maka anda tidak akan pernah bisa mendapatkan surat keterangan tersebut dari pihak kepolisian, simak cara membuat SKCK online nya dari tim koinx.id:

Cara Membuat SKCK Online Lewat HP Lengkap Dengan Masa Berlaku

Apa Itu SKCK

Cara membuat skck online lewat hp  adalah sesuatu yang mudah. tapi sebelum membahas mengenai hal tersebut, tahukah anda apa itu yang dimaksud dengan SKCK? Banyak sekali orang yang salah mengenai arti dari dokumen tersebut. Padahal, ini adalah sebuah dokumen penting yang bisa anda gunakan di banyak tempat untuk menyakinkan orang lain.

Surat keterangan catatan kepolisian atau biasa disebut dengan SKCK adalah sebuah surat keterangan resmi yang sudah dikeluarkan oleh kepolisian kepada yang bersangkutan atau bisa juga waga negara dengan syarat tertentu. Polisi akan mengeluarkan surat tersebut berdasarkan hasil catatan kepolisian orang yang bersangkutan.

Kalau sekarang lebih dikenal dengan SKCK, dan bisa anda terapkan cara membuat skck online lewat hp maka dulu lebih dikenal sebagai surat keterangan berkelakuan baik atau bisa juga SKKB. Surat tersebut hanya akan diberikan oleh warna negara Indonesia yang tidak memiliki catatan kriminal sampai surat tersebut dikeluarkan.

Dan perlu anda ketahui juga kalau SKCK ini memiliki masa berlaku layaknya sebuah dokumen resmi lainnya. Untuk surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK ini hanya berlaku sampai enam bulan saja. Selebihnya surat tersebut akan dianggap tidak bisa dipertanggung jawabkan karena yang bersangkutan harus melakukan perpanjang lagi.

Setelah melakukan perpanjang SKCK dengan cara membuat skck online lewat hp maka anda bisa menggunakan kembali dokumen tersebut untuk berbagai keperluan yang lain. Kalau memang anda memerlukan dokumen tersebut secara rutin, maka jangan pernah lupa untuk memperpanjang sesuai dengan keterangan yang berlaku. Apabila memang anda sering lupa, cobalah untuk menulis tangan habis dari dokumen tersebut.

Baca juga: Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis 100% Work!

Fungsi SKCK

Setelah mengetahui apa itu SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian maka apakah anda juga mengetahui fungsi dari dokumen tersebut? SKCK adalah salah satu dokumen yang cukup penting dan tidak semua orang bisa mendapatkan dokumen tersebut.

Baca juga: Cara Menggunakan Bonus Dadakan Lazada 100% Work!

Kalau anda tidak pernah melakukan tidak kejahatan kriminal sekecil apa pun maka anda bisa mendapatkan dokumen ini dengan sangat mudah dan akan bisa langsung anda gunakan. Tapi, kalau sebelumnya anda memiliki catatan kriminal, sekecil apa pun itu maka anda tidak akan pernah bisa mendapatkan dokumen tersebut.

  • Untuk fungsi dari SKCK ada banyak sekali, untuk lebih jelas anda bisa mengikuti uraian lengkapnya berikut ini.
  • Untuk melamar pekerjaan pada instandi pemerintah atau swasta biasanya berhubungan dengan CPNS atau pengawai negeri sipi
  • Salah satu syarat untuk bisa membuat dokumen Visa
  • Syata untuk mencalonkan diri di pemerintah, baik itu kepala desa atau anggota dewan
  • Syarat untuk memiliki senjata api

Syarat Pembuatan SKCK Online

Cara membuat skck online lewat hpmemiliki beberapa syarat dan ketentuan yang wajib untuk anda ikuti. Karena berhubungan dengan kepolisian, maka anda tidak bisa melanggar setiap ketentuan tersebut. Pada dasarnya syarat memiliki SKCK sangatlah mudah, hanya saja banyak orang yang tidak mengetahui apa saja syarat untuk mendapatkan dokumen tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa SKCK adalah salah satu dokumen penting yang bisa menjadi pertimbangan untuk banyak hal. Terlebih apabila anda ingin melamar pekerjaan yang berhubungan dengan instansi pemerintah seperti CPNS dan lembaga lain milik pemerintah, SKCK adalah dokumen yang wajib untuk menjadi pertimbangan

cara membuat skck online lewat hpsendiri memang sangat mudah, tapi sebelum mulai membahas mengenai hal tersebut, anda juga harus mengetahui bagaimana cara untuk bisa memiliki dokumen tersebut dengan syarat yang berlaku di kepolisian.

Dokumen resmi SKCK atau surat keterangan dari kepolisian hanya berlaku selama 6 bulan saja setelah surat SKCK diterbitkan dan apabila masa tersebut sudah habis maka anda sebagai pemilik dokumen harus memperpanjang SKCK anda, dan karena sekarang ini bisa anda lakukan secara online maka hal tersebut sangatlah mudah untuk anda lakukan.

Di bawah adalah beberapa syarat sekaligus ketentuan lengkap mengenai pembuatan SKCK online:

Syarat Pembuatan dan Registrasi SKCK Online

Persyaratan untuk bisa cara membuat skck online lewat hppada dasarnya sama seperti persyaratan ketika anda melakukan pendaftaran manual atau datang langsung ke kantor kepolisian. Kalau dengan cara manual anda menyiapkan dokumen berupa fisik maka ketika menerapkan cara online semua dokumen tersebut harus anda ubah dalam bentuk digital.

Hanya saja anda masih membutuhkan dokumen berupa hardcopy saat melakukan verifikasi pengambilan SKCK di kantor Polres atau bisa juga Polda. Berkas-berkas yang akan anda perlukan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dokumen fotocopy KTP asli atau bisa juga menggunakan tanda pengenal lain
  • Dokumen fotocopy Kartu Keluarga asli sebagai penguat
  • Dokumen fotocopy Akta Kelahiran atau bisa disebut sebagai Surat Kenal Lahir
  • Siapkan Dokumen foto diri berukuran 4×6 dengan backgroud berwarna merah sebanyak 6 lembar
  • Dokumen fotocopy paspor untuk WNI yang ingin ke luar negeri.

Apabila anda memilih untuk cara membuat skck online, Anda perlu ingat syarat untuk pengambilan SKCK. Apabila registrasi online anda lakukan sebelum jam 08.00 waktu setempat anda, maka dokumen SKCK bisa anda ambil di loket pelayanan sampai jam 14.00 pada hari tersebut yang sama dengan syarat menunjukkan kartu identitas dan juga kode registrasi sebagai syarat pengambilan.

cara membuat skck online lewat hpmenentukan waktu untuk pengambilan SKCK paling lambat adalah tiga hari. Apabila melebihi waktu tersebut, maka dengan sangat terpaksa anda sebagai pemohon harus melakukan registrasi ulang dengan cara yang sama. Hal tersebut memang sudah menjadi ketentuan di mana pengajuan yang anda lakukan hanya akan berlaku pada tiga hari saja, lebih dari itu maka akan dianggap sebagai gagal dan harus mengulang lagi.

Baca juga: 3+ Cara Mendapatkan Gratis Ongkir Di Lazada!

Karena menggunakan cara membuat skck online lewat hpmaka walau mengulang masih sangat mudah karena anda tidak perlu untuk berkunjung ke kantor kepolisian terdekat. Semua bisa anda lakukan di mana saja dan kapan saja asal anda memiliki koneksi internet yang stabil dan perangkat yang mendukung.

Cara membuat skck online lewat hp akan jauh lebih mudah ketika anda sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan lebih dulu.

Cara Membuat SKCK Online Lewat HP

Cara membuat skck online memiliki beberapa langkah yang harus anda lakukan dan sama saja seperti ketika anda mengurus secara manual dengan datang ke kantor polisi maka ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cara membuat skck online memiliki kelebihan karena bisa anda lakukan di mana saja dan juga kapan saja asalkan anda memiliki perangkat yang mendukung dan juga koneksi internet yang sangat stabil. Internet memang menjadi syarat utama setelah perangkat karena namanya saja sudah online, maka tidak akan bisa anda lakukan tanpa adanya koneksi internet dan usahakan untuk anda harus menggunakan jaringan yang stabil.

Penggunaan jaringan yang stabil tentu bukan tanpa alasan karena tanpa jaringan yang stabil maka anda proses akan menjadi lama. Terlebih sebagai website milik kepolisian, dalam waktu yang sama bisa saja diakses oleh banyak orang. Apabila koneksi anda tidak memungkinkan maka akan sangat lambat dan membuang banyak waktu yang anda miliki.

cara membuat skck online kali ini akan kami bahas dengan sangat lengkap dan anda sebagai pemohon diharapkan untuk memperhatikan setiap langkah yang anda lakukan, terlebih pada persyaratan karena apabila persyaratan yang anda ajukan tidak memenuhi syarat semua tidak akan bisa anda lakukan.

Di bawah adalah beberapa urutan sekaligus alur untuk membuat SKCK secara online:

Akses Laman Resmi Polri

Langkah pertama yang harus anda lakukan tentu saja membuka laman atau website milik kepolisian Indonesia yakni https://skck.polri.go.id. Ini adalah website resmi dan hanya lakukan pendaftaran pada website tersebut.

Selanjutnya Pada sisi kanan atas terdapat sebuah kolom bertuliskan formulir pendaftaran, dan langsung saja untuk klik kolom tersebut. Dan tunggu beberapa saat.

  • Isi Formulir Pendaftaran

Berikutnya anda diwajibkan untuk mengisi setiap data diri sampai lengkap sesuai kolom yang tersedia. Jangan sampai salah dalam mengisi data diri tersebut dan apabila sudah akan lebih baik untuk anda periksa kembali.

Perlu anda perhatikan juga pada bagian ‘Jenis Keperluan” adalah isi dengan alasan kenapa anda membutuhkan dokumen tersebut. Kolom tersebut juga menentukan di mana anda akan mengambil dokumen setelah jadi nantinya.

  • Lakukan Pembayaran

Selanjutnya anda diwajibkan untuk melakukan pembayaran sebagai salah satu syarat yang berlaku. Untuk pembayaran, bisa anda lakukan dengan berbagai macam metode bisa melalui bank atau sejenisnya. Pilih lah metode pembayaran yang anda bisa lakukan.

Apabila anda selesai melakukan pembaran pastikan juga untuk mencetak bukti pembayaran tersebut karena itu juga akan anda butuhkan nantinya.

  • Ambil SKCK

cara membuat skck online berikutnya adalah mengambil dokumen tersebut di kantor kepolisian yang sudah dipilih. Saat mengambil dokumen, pastikan anda untuk membawa semua persyaratan mulai dari identitas, bukti pembayaran, dan beberapa hal lain yang akan anda butuhkan untuk mengambil dokumen yang sudah jadi.

Biaya Pembuatan SKCK

Seperti halnya dengan pembuatan dokumen-dokumen lain pada umumnya untuk cara membuat skck online juga akan dikenakan biaya. Biaya tersebut akan berbeda bagi warna negara Indonesia dan juga warna negara asing yang ada di Indonesia.

Untuk warga negara Indonesia, anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dan sebaliknya. cara membuat skck online beserta biaya yang harus anda keluarga tidaklah besar, dan hal tersebut tergolong mudah untuk anda lakukan tanpa harus datang untuk antri panjang danmembuang waktu.

Cara Mengurus SKCK Offline

cara mengurus skck offline juga bisa menjadi salah satu alternatif apabila anda tidak bisa melakukan cara online dengan alasan tertentu yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Apa pun pilihan yang anda lakukan, pada dasarnya kedua cara tersebut sama saja.

Baik online atau offline keduanya memiliki syarat dan juga ketentuan yang sama. Banyak orang yang lebih memilih cara online, tapi masih banyak pula orang yang memilih cara offline dan biasanya adalah beberapa orang dari golongan tertentu.

Apabila anda termasuk orang yang tidak bisa menggunakan cara online, maka anda tidak perlu khawatir karena masih bisa menggunakan cara offline atau mendatangi langsung kantor kepolisian. Cara manual ini adalah cara lama sebelum koneksi internet seperti sekarang ini.

Nah, pada kesempatan kali ini kami juga akan berbagi bagaimana cara mengurus skck offline untuk anda. Jangan khawatir, cara offline ini tentu sama saja hanya beda pada beberapa langkah saja. Berikut ini kami akan menjelaskannya, ikuti terus tutorialnya di bawah ini.

  • Anda bisa langsung menuju ke bagian loket SKCK untuk daftar dan memasukkan berkas yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  • Pada tahapan tersebut anda akan diminta untuk mengisi beberapa formulir.
  • Setelah dokumen yang anda siapkan sudah anda serahkan, penting juga untuk membawa dokumen asli. Hal ini hanya untuk berjaga jaga saja apabila ada kesalahan dokumen atau file foto copy yang anda berikan kurang begitu jelas.
  • Sidik jari, apabila Anda yang mengajukan SKCK baru dan belum memiliki rumus sidik jari, maka Anda dianjurkan untuk melakukan rekam sidik jari di Polres lebih dulu, tepatnya bagian rekam rumus sidik jari.
  • Untuk bagian perekaman sidik jari tersebut, anda akan dikenakan biaya tergantung kebijakanyang ada pada kantor polsek tempat anda membuat SKCK. Ada pula kantor yang memberikan fasilitas tersebut secara gratis untuk semua pemohon.
  • Perlu anda ketahui kalau pengurusan sidik jari akan lebih cepat saat anda lakukan di Polres bukan di Polsek.
  • Setelah jadi maka akan diberikan surat sidik jari tersebut.
  • Setelah selesai maka anda bisa menyerahkan dokumen tersebut dan mengambil dokumen SKCK yang sudah jadi. Akan ada biaya dengan nominal tertentu saat anda mengambil dokumen tersebut dan masih tergolong murah.
  • Selesai

Cara mengurus skck offline masih tergolong mudah bukan? Yang menjadi kendala saat pengurusan offline mungkin hanya saat antri saja, selebihnya justru sebagian orang lebih nyaman menggunakan cara offline. Untuk menghindari masalah tersebut, usahakan anda datang pada jam lebih pagi agar bisa mendapatkan nomor antri lebih awal.

Dan karena saat ini sedang ada pandemi Covid 19 maka untuk anda yang akan melakukan cara offline diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehata ketat. Terlebih itu adalah area yang dihampiri oleh banyak orang dari banyak tempat yang berbeda.

Untuk lebih aman lagi kami sangat menganjutkan untuk anda menggunakan cara mengurus skck online saja. Selain lebih aman, cara tersebut akan jauh lebih mudah. apabila anda mungkin termasuk orang yang tidak bisa memahami smartphone, maka bisa meminta bantuan orang lain yang mugkin lebih mengerti.

Alasan tersebut untuk menghindari kerumunan dan juga menjaga kesehatan anda sendiri agar pandemi ini juga segera berakhir dan kembali seperti sedia kala sebelum adanya pandemi dari Covid 19 di Indonesia.

Cara Buat SKCK  Online Beda Domisili

cara buat skck online beda domisili juga sangat mungkin untuk anda lakukan dan hal ini memang biasanay dibutuhkan bagia anda yang berada di luar daerah asal. Kalau anda berada di daerah domisili, maka membuat SKCK itu sangat mudah, tapi lain cerita ketika anda berada di daerah lain dan tidak mungkin untuk pulang.

Untuk bisa mengajukan pemohonan SKCK maka harus anda lakukan di polres sesuai daerah asal. Apabila anda berasa di Jakarta, maka lakukan sesuai polres tempat anda berada tersebut. Tapi, apabila anda sedang tidak di daerah asal dan membutuhkan dokumen tersebut apa yang harus anda lakukan?

Tenang, masih ada cara buat skck online beda domisili dan hal ini ada beberapa langkah yang berbeda karena memang anda tidak bisa pulang. Hal ini untuk anda yang tidak bisa pulang, tapi apabila anda memang masih bisa pulan maka sangat dianjurkan untuk pulang lebih dulu.

Untuk lebih jelas anda bisa mengikuti beberapa langkahnya berikut ini. Dan jangan sampai ada hal yang salah karena ini adalah pengajuan dokumen penting yang ada butuhkan dalam waktu cepat.

  • Pertama cari kerabat atau bisa juga teman yang bisa anda percayai
  • mengurus sidik jari di Polres terdekat pada lokasi anda tinggal saat ini.
  • Simpan bukti sidik jari tersebut dan kirim pada kerabat anda berupa file foto copy bukan yang asli.
  • Siapkan semua persyaratan dokumen SKCK
  • Syarat tersebut meliputi beberapa dokumen penting seperti yang sudah kami sebutkan dengan lengkap di atas.
  • Kirim dokumen syarat tersebut ke kerabat atau teman anda tadi
  • Setelah dokumen di terima oleh teman anda maka minta untuk datang ke kantor polisi terdekat untuk mengurus SKCK yang sudah anda ajukan sebelumnya.
  • Ikuti semua prosedur yang berlaku secara offline saja dan bayar biaya pembuatan sesuai tarif yang ditentukan
  • SKCK baru sudah siap untuk Anda gunakan

Dokumen syarat untuk membuat rumus sidik jari:

  • Fotokopi KTP milik anda sebanyak 1 lembar
  • Foto depan dengan ukuran 4×6 menggunakan background warna merah 2 lembar
  • Foto dari arah samping kiri dengan ukuran 4×6 background menggunakan warna merah 1 lembar
  • Foto dari arah samping kanan dengan ukuran 4×6 menggunakan background warna merah 1 lembar
  • Melengkapi dokumen formulir sidik jari  mulai dari nama, bentuk wajah anda, rambut anda, dan juga ciri fisik lainnya

Selanjutnya, apabila dokumen tersebut sudah selesai maka Anda hanya perlu untuk membayar biaya penerbitan SKCK sebesar Rp30.000 di loket yang sudah tersedia. Dan SKCK sudah bisa anda gunakan dengan sangat mudah dan cepat. Yang mungkin akan sedikit menguras waktu anda adalah saat anda harus antri dengan banyak orang lain. Untuk menghindari hal tersebut anda bisa datang lebih pagi.

Cara buat skck online beda domisili bisa anda akses menggunakan domisili anda saat ini. Perlu anda ketahui kalau tiap daerah memiliki website yang berbeda pula. Hanya beda pada awalan saja dan hal tersebut bisa anda temukan dengan sangat mudah.

Cara buat skck online beda domisili ini bisa menjadi solusi untuk anda yang saat ini membutuhkan SKCK dengan waktu yang cepat tapi tinggal di daerah lain dan tidak memungkinkan untuk pulang hanya untuk mengurus dokumen tersebut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Syarat Lengkap Untuk Membuat SKCK Secara Online

Cara membuat skck online lewat hp tentu memiliki beberapa syarat yang juga harus anda penuhi sebagai pemohon. Kalau memang anda belum jelas apa saja syarat yang diperlukan, karena sebagian tidak dibahas dengan jelas, maka ini adalah beberapa syarat lengkap yang harus anda penuhi.

Sebagai pemohon, tentu saja anda harus memenuhi syarat tersebut dengan lengkap, apabila tidak, maka anda tidak akan bisa melajutkan cara membuat skck online lewat hp seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Beberapa syarat pembuatan SKCK online memang cukup mudah, tapi semua itu bersifat wajib yang artinya harus anda miliki sebelum mulai untuk mengajukan. Apa saja syarat tersebut? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Scan KTP/SIM

Cara membuat skck online lewat hp yang pertama anda harus memiliki berkas scan KTP bisa juga SIM yang masih berlaku yang bisa menjad bukti identitas anda. Apabila identitas yang anda gunakan masa berlaku sudah habis, maka anda harus melakukan perpanjang identitas tersebut.

Tentu saja, identitas yang sudah habis masa berlaku tidak akan bisa anda gunakan dalam berbagai urusan administrasi, termasuk salah satunya adalah untuk pengajuan SKCK. Jadi lakukan hal tersebut lebih dulu.

Scan Kartu Keluarga

Cara membuat skck online lewat hp yang berikutnya adalah anda harus melakukan scan kartu keluarga. Ada banyak sekali administrasi yang mengharuskan untuk scan KTP dan kartu keluarga atau KK, tentu saja hal ini untuk memastikan data yang anda gunakan.

Kartu keluarga ini akan menjadi sebuah rujukan yang jelas dan menjadi data yang bisa dipertanggung jawabkan, jadi hal ini harus anda penuhi. Anda juga harus melakukan scan kartu keluarga yang paling baru, terlebih apabila anda baru saja melakukan perubahan pada kartu keluarga.

Scan Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir

Cara membuat skck online lewat hp yang berikutnya juga mengharuskan anda untuk melampirkan scan akta kelahiran. Ada banyak berkas penting yang bisa anda buat dengan melampirkan akta kelahiran, dan tentu saja semua orang sudah memiliki berkas tersebut.

Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan

Cara membuat skck online lewat hp yang satu ini adalah dengan menyertakan surat perngatar dari keluarahan atau kantor desa. Surat satu ini juga diperlukan ketika anda ingin membuat SKCK online, dan untuk mendapatkannya, maka anda harus lebih dulu ke RT RW setempat.

Sangat mudah untuk mendapatkan surat pengantar, dengan catatan anda bisa menemui orang yang bersangkutan. Jangan lupa juga untuk menjelaskan maksud dan tujuan anda memerlukan surat tersebut.

Pas foto terbaru sebanyak 6 lembar

Cara membuat skck online lewat hp dengan syarat yang satu ini hukumnya wajib. Apabila anda tidak memiliki foto yang diperlukan, maka siapkan lebih dulu. Dengan menyiapkan lebih dulu, maka semua proses akan jauh lebih cepat.

Pas foto yang akan anda lampirkan juga harus terlihat jelas, terutama pada bagian wajah anda. Apabila anda seorang perempuan dengan hijab, pastikan sisi depan wajah anda juga terlihat dengan jelas. Apabila foto yang anda serahkan kurang jelas, maka anda harus mengulangnya lagi.

cara membuat skck online lewat hp adalah sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan, terlebih apabila semua berkas yang sudah kami sebutkan sebelumnya sudah anda siapkan. Jangan lupa juga setelah semua syarat anda penuhi segera ambil SKCK anda berdasarkan waktu yang ditentukan.

Syarat Dan Cara Mengurus SKCK Baru

Cara mengurus SKCK baru mungkin belum dipahami oleh sebagian orang padahal SKCK adalah salah satu dokumen penting yang sering kali dibutuhkan oleh banyak orang yang ingin bekerja atau keperluan lain yang masih berhubungan dengan lembaga resmi.

SKCK juga menjadi syarat untuk anda yang akan pergi ke luar negeri. Tanpa dokumen tersebut, maka anda tidak akan bisa mendapatkan Visa milik anda dan artinya anda tidak akan bisa ke luar negeri entah untuk keperluana apa.

Sebagai dokumen yang cukup penting, maka kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengurus SKCK baru untuk anda yang saat ini sedang membutuhkan hal tersetbu. Jangan khawatir, semua langkah ini masih sangat mudah untuk anda lakukan.

Dan, layaknya sebuah dokumen penting lain, untuk memiliki dokumen ini anda sebagai pemohon juga harus menyiapkan beberapa dokumen pendukung lain. Apa saja dokumen tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Siapkan Surat Pengantar (Optional)

Hal pertama yang harus anda siapkan adalah surat pengantar, dan seperti nya semua bentuk pemohonan dokumen membutuhkan surat pengantar tersebut. Untuk mendapatkan surat pengantar, maka anda harus ke RT dan RW lebih dulu dan jelaskan keperluan anda.

Setelahnya baru anda ke kelurahan atau kantor desa. Dengan mengikuti prosedur tersebut baru nantinya anda akan bisa mendapatkan surat pengantar yang dimaksud. Jangan lupa juga pada sebagian wilayah menerapkan iuran berupa kas untuk bisa mendapatkan dokumen.

Setelah sampai Di Kelurahan atau Balai Desa bagi anda di wilayah kabupaten, maka berikutnya adalah menemui petugas untuk menyerahkan surat keterangan dari Kepala Dusun atau Ketua RW yang sudah anda dapatkan sebelumnya. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melakukan pengisian beberapa formulir danlakukan hal tersebut sampai lengkap.

Perlu anda ketahui kalau surat pengantar dari Kelurahan yang sudah anda dapatkan tidaklah menjadi syarat mutlak untuk mengurus SKCK. Pada beberapa wilayah, Polsek dan juga Polres telah menghilangkan syarat surat pengantar tersebut.

Hal tersebut memang sengaja dilakukan untuk mengurangi waktu pengurusan berbagai macam dokumen. Dengan menguragi beberapa poin saja, maka proses tentu akan jauh lebih cepat dan tentunya lebih mudah.

2. Berkas Penting Data Diri

Sebelum anda mengurus SKCK ke kantor Polsek atau bisa juga Polres, maka silakan lengkapi lebih dulu persyaratan ini.

Syarat Membuat SKCK untuk bagi Warga Negara Indonesia (WNI):

  • Fotokopi KTP   atau bisa juga menggunakan Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi Akta Kelahiran atau Ijazah Terakhir.
  • Fotokopi Paspor untuk anda yang memiliki paspor.

Pas foto 4×6 dengan background warna merah berjumlah  6 lembar. Dengan pakaian sopan, tampak dari muka dan untuk anda yang mengenakan jilbab, maka pas foto harus terlihat muka secara utuh. 

Syarat Wajib mengurus SKCK Untuk Warga Negara Asing (WNA):

  • Fotokopi Paspor.
  • Surat asli untuk permohonan sponsor bisa dari perusahaan atau bisa juga dari lembaga yang memperkerjakan.
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas atau biasa disebut KITAS ata kartu ijin tetap
  • Fotokopi IMTA dari Kementerian Tenaga Kerja
  • Fotokopi Surat Tanda Melapor atau STM dari Kepolisian
  • Pas foto dengan warna berukutan 4×6 berlatarkuning sebanyak 6 lembar. Dengan pakaian sopan, tampak dari muka dan untuk anda yang mengenakan jilbab, maka pas foto harus terlihat muka secara utuh dan foto harus terlihat jelas.

Masa Berlaku SKCK 

masa berlaku SKCK memang memiliki periode tertentu dan banyak sekali orang yang tidak mengatahui hal tersebut. Sebagai dokumen resmi yang dikeluarkan oleh kepolisian, tentu saja dokumen tersebut memiliki periode tertentu yang apabila periode tersebut sudah habis maka dokumen yang bersangkutan tidak lagi bisa digunakan.

Untuk dokumen SKCK memiliki masa berlaku hanya selama 6 enam bulan saja semenjak tanggal diterbitkan SKCK tersebut dan bisa untuk anda lakukan perpanjang apabila memang diperlukan. Banyak orang yang mengira kalau sudah memiliki SKCK maka bisa digunakan tanpa ada batasan waktu.

Padahal, setiap instansi yang meminta anda untuk mengurus SKCK sudah pasti melihat masa berlaku dari dokumen tersebut. Karena bisa saja orang yang bersangkutan melakukan tidan kriminal setelah memiliki SKCK. Dan apabila anda termasuk orang yang pernah melakukan tindak kriminal maka anda tidak akan bisa memiliki dokumen tersebut.

Karena itulah penting untuk perlakukannya masa berlaku SKCK agar setiap instansi atau lembaga yang membutuhkan dokumen tersebut bisa mengetahui orang yang bersangkutan pernah melakukan tindak kriminal pada waktu tertentu atau tidak.

Lalu bagaimana apabila anda selaku pemilik dokumen SKCK yang sudah habis masa berlakunya? Tenang, untuk mengatasi hal tersebut dokumen yang anda gunakan itu bisa anda perpanjang kapan saja dan dimana saja. Karena saat ini ada koneksi internet, maka anda yang mengalami hal tersebut telah terselamatkan dan dimudahkan.

Tapi, perlu anda ingat untuk memperpanjang dokumen SKCK juga memiliki batas waktu pula. Artinya, apabila dokumen SKCK milik anda sudah tidak aktif lebih dari satu tahun maka anda tidak akan bisa untuk memperpanjang dokumen tersebut.

Nah, bagi anda yang sudah memiliki SKCK yang tidak aktif dalam waktu lebih dari satu tahun, maka anda wajib untuk membuat atau melakukan pemohonan SKCK baru. Untuk membuat dokumen SKCK baru maka diharuskan mengikuti setiap syarat dan ketentuan yang berlaku salah satunya bisa menggunakan cara membuat skck online lewat hp.

Banyak orang yang beragapan kalau membuat sebuah dokumen yang berhubungan dengan kepolisian itu sulit, padahal hal tersebut tidak lah sulit. Yang harus anda lakukan sebagai pemohon hanya lah mengikuti setiap syarat dan ketentuan yang berlaku. Apabila semua syarat dan ketentuan sudah anda ikuti, maka anda bisa mengajukan dokumen tersebut dengan sangat sangat mudah tanpa ada kendala.

Untuk masa berlaku SKCK memang memiliki masa periode tertentu dan anda sebagai pemohon harus memperbaharui dokumen tersebut sebelum masa berlaku habis. Banyak para instansi yang memang mengharuskan untuk memiliiki dokumen SKCK sebagai syarat bekerja atau menjadi bagian dari mereka.

Apabila anda memiliki masa berlaku SKCK yang sudah tidak aktif maka lalukan perpanjang sesegera mungkin dan jangan sampai lewat batas waktu yang sudah ditentukan. Apabila sudah lebih dari satu tahun, maka anda tidak akan bisa memperpanjang dokumen tersebut dan harus membuat dari awal lagi, dan anda bisa melakukan nya dengan cara membuat skck online lewat hp.

Dengan anda melakukan atau mengajukan pemohongan pembuatan SKCK baru atau cara membuat skck online lewat hp, tentu akan lebih panjang jenjang atau langkah yang harus anda lakukan seperti yang sudah kami bahas sebelumnya. Karena itulah sangat penting untuk rutin melakukan masa perpanjang sebelum habis periode tersebut, terlebih untuk anda yang memang membutuhkan dokumen tersebut sebagai syarat untuk bekerja.

Dan selalu ingat kalau masa berlaku SKCK hanya berlaku selama enam bulan saja, lebih dari itu maka anda harus melakukan perpanjang yang tentu jauh lebih mudah.

Syarat Perpanjang SKCK Online

Cara membuat skck online lewat hp akan menjadi sebuah informasi yang sangat penting untuk anda ketahui. Dan, untuk anda yang sudah memiliki SKCK dan ingin memperpanjang, kini anda juga bisa melakukan hal tersebut secara online lewat hp saja.

Dengan menggunakan cara membuat skck online lewat hp dan perpanjang tersebut, maka anda tidak lagi harus membuang banyak waktu hanya untuk antri saja. Terlebih hal ini bisa anda lakukan dengan sangat mudah di mana saja dan kapan saja asalkan anda memiliki koneksi internet yang stabil.

Setelah mengetahui cara membuat skck online lewat hp maka kali ini kami juga akan membahas apa saja yang menjadi syarat untuk bisa memperpanjang SKCK secara online. Apa saja syarat tersebut? Berikut ulasan lengkapnya.

  • Lembar SKCK yang asli dan legalisir.
  • Fotokopi KTP atau SIM.
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Fotokopi akta kelahiran.
  • Pas foto formal menggunakan latar belakang berwarna merah dengan ukuran empat kali enam sentimeter tiga lembar, dengan aturan muka harus terlihat jelas

Cara membuat skck online lewat hp untuk perpanjang pada dasarnya sangatlah mudah, bahkan akan jauh lebih mudah dibanding dengan anda harus membuat dari awal.

Cara Perpanjang SKCK Online

Tentu saja anda harus menyiapkan lebih dulu semua berkas yang menjadi syarat untuk perpanjang SKCK online yang sudah kami sebutkan sebelumnya. Untuk lebih jelas mengenai poin ini, ana bisa mengikuti setiap langkahnya berikut ini.

  • Buka situs resmi dari SKCK milik POLRI di skck.polri.go.id.
  • Berikutnya klik menu yang ada di sisi pojok kanan atas dan pilih opsi untuk formulir pandaftaran dan isi formulir tersebut dengan jelas dan benar.
  • Pada halaman tersebut Anda akan diminta untuk melengkapi semua data yang berhubungan dengan andamulai keperluan, identitas pribadi, satwil, informasi keluarga, perkara pidana, pendidikan, perkara pidana, sampai dengan ciri fisik, dan juga keterangan lainnya yang mungkin akan dibutuhkan.
  • Untuk bagian kolom satwil, isi dengan keperluan anda dalam membuat atau memperpanjang SKCK
  • Upload foto formal yang sudah anda siapkan sebelumnya dengan lampiran rumus sidik jari milik anda.
  • Apabila anda tidak memiliki rumus sidik jari, maka terpaksa anda harus mengurus berkas tersebut lebih dulu.
  • cara membuat skck online lewat hp selanjutnya adalah anda akan diminta melakukan pembayaran. Namun dan akan mendapatkan beberapa berkas sebagai bukti nantinya.
  • Untuk pembayaran bisa anda lakuakn dengan beberapa opsi yang akan memudahkan anda sebagai pemohon.
  • Simpan tanda bukti dari pembayaran yang sudah anda lakukan dan bawa bukti tersebut saat anda mengambil SKCK perpanjang di kantor kepolisian terdekat.
  • Selesai.

Dengan melakukan hal tersebut, maka anda sudah bisa menyelesaikan serangkaian cara membuat skck online lewat hp dan juga perpanjang SKCK secara online dengan lebih mudah dan praktis. Hanya saja karena ini menggunakan koneksi internet, maka pastikan anda memiliki koneksii yang stabil sebelum mulai semua rentetan cara tersebut.

Terlebih saat melakukannya anda diharuskan untuk upload beberapa berkas pendukung. Ketika koneksi tidak stabil, maka hal tersebut akan memperlambat semua proses yang akan anda lakukan dan memerlukan beberapa waktu yang lebih panjang.

Cara membuat skck online lewat hp memang lebih mudah dan cepat, yang perlu anda lakukan sebagai pemohon adalah menyiapkan semua berkas pendukung lebih dulu agar semua proses berjalan lebih cepat.

You May Also Like

About the Author: adminkoinx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *