Cara Cek Penerima BSU 2022, Mudah dan Cepat!

Posted on

Ada kabar baik bagi masyarakat yang menunggu uang BSU atau Bantuan Subsidi Upah. Pada tahun 2022, pemerintah akan kembali memberikan BSU dengan anggaran sebesar Rp 8,8 triliun. Masyarakat akan mendapatkan uang BSU dengan bermacam besaran yang berbeda-beda. Untuk masyarakat yang ingin mengetahui informasi cara cek penerima BSU 2022, terdapat dua cara mudah yang wajib diikuti.

Baca juga : 5 Daftar Bansos Yang Cair Bulan Ini Mei 2022 Kamu Dapat Tidak ??

1. Cek Melalui Situs BPJS Ketenagakerjaan

Besaran pembagian BSU yang diberikan kepada masyarakat terbagi ke dalam beberapa kelompok. Bagi pekerja yang memiliki gaji Rp 3,5 juta ke bawah, dana BSU yang diberikan kepada masyarakat bervariasi jumlah per bulannya. Untuk masyarakat yang ingin mengetahui status penerima dapat mengeceknya melalui situs BPJS Ketenagakerjaan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Akses situs BPJS Ketenagakerjaan, yaitu https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/.
  • Masukkan NIK, nama sesuai KTP dan tanggal lahir pada kolom “Cek apakah kamu termasuk penerima BSU?”.
  • Lakukan verifikasi.
  • Pilih opsi “Lanjutkan”.

Jika nama yang dicari muncul sebagai penerima BSU, maka akan mendapatkan dana BSU dari pemerintah yang mulai dibagikan pertengahan tahun 2022. Pastikan untuk mengecek secara berkala. Selain itu, masyarakat juga harus memasukkan data pribadi yang sesuai dan benar, agar dana BSU dapat tersalurkan dengan tepat.

2. Kunjungi Situs Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker)

Cara cek penerima BSU 2022 kedua adalah dengan mengunjungi situs Kemnaker. Masyarakat dapat langsung menggunakan cara ini karena semua data penerima BSU sudah tersedia pada situs ini. Berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

  • Akses situs https://kemnaker.go.id/ pada browser masing-masing.
  • Log in dengan akun pribadi. Jika belum memiliki akun, maka daftar terlebih dahulu.
  • Lengkapi data pribadi, seperti foto profil, tentang anda, status pernikahan dan lokasi domisili.
  • Cek notifikasi pemberitahuan.

Sebanyak 8,8 juta masyarakat akan mendapatkan bantuan BSU, terutama masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19. Pencairan dana BSU akan disalurkan melalui rekening bank masing-masing, seperti BTN, Bank Mandiri, BNI dan lain-lain. Pastikan masyarakat memiliki rekening-rekening bank yang disebutkan.

Itulah 2 cara cek penerima BSU 2022 terbaru dan terupdate yang patut masyarakat perhatikan. Khususnya masyarakat yang menjadi target dana BSU dari pemerintah. Masyarakat sebaiknya secara rutin mengecek status penerima pada kedua situs tersebut, agar dapat menerima dana BSU tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.