5 Daftar Bansos Yang Cair Bulan Ini September 2022

Posted on

Per September 2022, Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan sejumlah bansos atau bantuan sosial bagi masyarakat seluruh Indonesia. Bansos ini dapat berguna bagi masyarakat dengan keadaan ekonomi ke bawah. Masyarakat juga perlu mengetahui daftar bansos yang cair bulan ini September 2022. Selain itu, dana bansos yang dicairkan pun cukup besar dan dapat membantu masyarakat.

1. BLT Minyak Goreng

Baca dulu !! PKH dan BLT 2022 Cair Tanggal Ini, Begini Cara Cek Penerima, APakah Namamu Terdaftar??

Bagi masyarakat yang memiliki Kartu Sembako, bersiap untuk menerima BLT Minyak Goreng pada bulan April ini. Masyarakat akan menerima dana sebesar Rp 200 per kepala dan bantuan tambahan sebesar Rp 300 ribu per kepala. Target utama dari bansos ini adalah PKL dan pedagang usaha makanan yang terdampak dari kelangkaan minyak goreng sebelumnya.

2. Bansos PKH

Wajib Tahu !! Cara Daftar dan Cek PKH Online Mudah Lewat HP, Cek Namamu dan Besarnya Bantuan

Bansos PKH masuk ke dalam daftar bansos yang cair bulan ini April. Bantuan reguler ini akan diberikan kepada masyarakat yang sudah melengkapi syarat sejak tahun 2007. Bansos PKH akan menargetkan golongan penerima dengan saluran dana yang berbeda-beda, yaitu:

  • Ibu hamil dan balita.
  • Siswa sekolah dari berbagai tingkatan.
  • Lansia atau penyandang disabilitas berat.

Wajib Baca : Bansos BSU 2022 Sedang Cair! Cek BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta untuk Pekerja, Cek Namamu di SINIĀ  !!

3. Bansos BPNT

BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai juga masuk ke dalam daftar bansos yang cair bulan ini. Sebanyak 18,8 juta kepala keluarga akan diberikan dana sebesar Rp 200.000 hingga Rp 600 ribu per bulannya. Target utama bansos ini adalah keluarga yang terdampak pandemi. Pastikan masyarakat selalu memeriksa namanya di portal DTKS atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

4. Bansos Ekstra Ramadhan

Bulan Ramadhan jatuh pada bulan September 2022, membuat pemerintah mencairkan dana bansos Ekstra Ramadhan. Dana bansos ini sudah siap dicairkan kepada 18,8 juta keluarga yang menjadi pemegang Kartu Sembako. Dana yang disalurkan pun berbeda-beda dan disesuaikan dengan keadaan ekonominya.

5. Bansos Untuk Usaha Mikro

Terakhir, terdapat bansos untuk Usaha Mikro atau UMKM, yang berasal dari Kemenkop UKM. Dana bansos sebesar Rp 600.000 akan dicairkan kepada 12 juta pelaku usaha UMKM di seluruh Indonesia. Namun, syarat untuk dapat menerima bansos ini adalah merupakan masyarakat yang sebelumnya belum pernah menerima dana BUUM dan merupakan WNI.

Itulah 5 daftar bansos yang cair bulan ini September 2022, yang mana masyarakat harus bersiap untuk menerima dana tersebut. Selain itu, masyarakat juga harus sering mengecek statusnya sebagai penerima dana bansos pada situs kementerian masing-masing. Pastikan masyarakat juga memiliki Kartu Sembako yang dapat bermanfaat untuk mengklaim bansos dari pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.